Tempat Berhantu di Jakarta

Ilustrasi Hantu
Di zaman yang serba canggih seperti ini memang fenomena hantu muncul harus dapat dipikirkan lebih jauh lagi untuk mengetahui kebenarannya tentunya. Terdapat beberapa tempat di Indonesia yang menurut penuturan warga sekitar yang melihatnya terdapat mahluk halus atau penunggu tempat tersebut. Padahal sebenarnya, mahluk halus atau mahluk ghaib itu tidak bisa dilihat oleh mata manusia kecuali manusia yang melihatnya sedang dirasuki oleh jin atau mahluk halus itu.

Ketakutan Tak Beralasan

Jin dan manusia itu sesungguhnya diciptakan untuk beribadah kepada Allah Swt. Jin juga sebenarnya takut dengan manusia. Hanya saja beberapa manusia yang tak beriman, malah merasa takut kepada jin sehingga jin menjadi keras kepala. Jin diciptakan bisa melihat manusia. Sebaliknya, manusia tidak bisa melihat jin. Jin itu sama dengan manusia. Mereka mempunyai kehidupan yang serupa, seperti sekolah atau menuntut ilmu, berkeluarga, mempunyai anak, dan lain-lain.

Sangat disayangkan memang masih banyak yang mengandalkan kekuatan jin sebagai cara mendapatkan yang diinginkan. Berbagai gantungan atau lembar rajah yang ditempel di atas pintu, diharapkan akan terhindar dari marabahaya. Padahal ada tuntunannya bahwa kalau ingin terhindar dari musibah, banyaklah bersedekah, berinfaq, berbagi dengan sesama. Masalah kekayaan juga banyak yang mengharapkan kepada jin dengan berbagai cara.

Bahkan ada yang mengorbankan akidah dan bahkan membunuh orang lain. Semu aitu dilakukan demi mendapatkan semua hal yang berhubungan dengan duniawi. Jin yang mengganggu atau yang berhubungan dengan manusia itu pasti merupakan jin nakal atau jin jahat. Kalau ia tahu makna penciptaannya, sang jin yang baik tidak akan mengganggu manusia dalam bentuk apapun. Ia akan hidup sesuai dengan kodratnya. Tempat tinggal jin itu misalnya adalah di kamar mandi, di atap rumah, di ruangan kosong yang tidak dibacakan ayat-ayat suci Al-Quran, dan lain-lain.

Makanan mereka tentu saja tidak seenak makanan manusia. Jin itu memakan tulang dan kalau makanan tidak dibacakan basmalah, terkadang jin ikut makan makanan itu. Ketika suami menggauli istrinya tidak dengan berdoa terlebih dahulu, sang jin yang berhati iblis dan setan akan ikut serta. Inilah fenomena yang membuat watak manusia menjadi seperti iblis karena saat ‘pembuatannya’ tidak dibacakan doa, minimal basmalah.

Jangan heran kalau banyak yang takut dengan mahluk halus atau jin ini. Di Indonesia, jin bisa berupa apapun. Penampilannya yang berbeda-beda inilah yang membuat sang jin mendapatkan nama yang berbeda-beda pula. Ada gendruwo, kuntilanak, tuyul, dan lain-lain. Sifat mereka pun  berbeda-beda. Itu menurut manusia. Jin yang baik itu ada di masjid dan ikut serta dalam pembelajaran yang diselenggarakan oleh manusia. Bahkan ada yang pernah terlihat dua jin yang sedang antri di kamar mandi di masjid Istiqlal.

Mereka tidak mengganggu kalau tidak diganggu. Sepatutnya sesama mahluk Allah Swt harus hidup berdampingan. Namun, tidak saling mengganggu. Banyaknya penayangan bentuk uji nyali yang ada di televisi merupakan salah satu program pembodohan yang luar biasa. Penggagas program tersebut mungkin tidak menyadari bahwa tayangannya bisa membuat kepribadian bangsa merosot. Betapa menyedihkannya melihat anak muda yang lari tunggang langgang hanya karena tanpa sengaja mendengar suara yang tidak diketahui pemiliknya.

Lalu bagaimanakah caranya agar tidak takut? Pertama, katakan pada diri sendiri bahwa jin itu takut dengan manusia. Kedua, katakan pada hati masing-masing bahwa manusia adalah mahluk ciptaan yang paling sempurna dan tidak takut dengan mahluk lainnya karena Allah Swr selalu bersama mereka. Ketiga, pelajari hal-hal yang berkaitan dengan jin di Al-Quran. Pahami awal penciptaannya hingga akhirnya iblis bersumpah akan mengganggu manusia.

Hampir di Seluruh Tempat Ada Jin

Jin itu ada di mana-mana dalam bentuk macam-macam. Di kota, di desa, di manapun ada jin. Mereka diizinkan Allah SWt untuk hidup lebih lama dibandingkan dengan manusia. Dengan masa hidup yang lama inilah, jin bisa mengetahui banyak hal, tetapi tidak sebaliknya. Pengetahuan inilah yang dimanfaatkan oleh jin untuk menyesatkan orang-orang yang lemah imannya di tempat itu. Kalau ada kesurupan massal, itu artinya sang jin semakin besar dan berbahaya. Namun, ketakutan manusia jauh lebih besar dan lebih berbahaya lagi.

Demi memperkuat keimanan, salah satunya adalah sering mendengarkan, melihat, merasa, makna ayat-ayat suci Al-Quran, Dengan demikian keimanan akan meningkat dan tidak harus menantikan para konsumen yang akan membeli brang di tempat itu.

Lokasi Hantu di beberapa lokasinya.

Rumah Pondok Indah
Tempat yang berlokasi di jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan ini terkenal angker dan berhantu oleh masyarakat sekitar. Fenomena penampakan hantu yang terlihat dan nampak di dalam lokasi ini adalah hantu bapak-bapak dan hantu perempuan.

Lokasi ini mulai terkenal ketika pada sekitar akhir tahun 2002, seorang seorang tukang nasi goreng di depan rumah kosong ini. Kejadian ini menjadi menghebohkan karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya. Konon katanya, malam sebelum hilang, tukang nasi goreng tersebut hendak mengantar nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah.

Namun, ia tak pernah keluar lagi. Sejarah dari rumah itu sendiri, konon dikabarkan bahwa seluruh keluarga pemilik rumah tewas dalam peristiwa perampokan dengan motif persaingan bisnis. Sejak itu, banyak orang yang lewat kerap melihat jelmaan hantu seperti hantu bapak-bapak dan hantu perempuan. Namun, akhir-akhir ini sudah tidak banyak kejadian horor yang dilaporkan terjadi di rumah ini. Bahkan, beberapa waktu lalu, rumah ini sempat dijadikan tempat bermalam para tunawisma.

Taman Kota Langsat Mayestik

Tempat yang berlokasi di belakang pasar burung Barito, Jakarta Selatan ini terkenal angker dan berhantu oleh masyarakat sekitar. Fenomena penampakan hantu yang terlihat dan nampak di dalam lokasi ini adalah hantu kuntilanak dan genderuwo. Taman Langsat ini sebenarnya merupakan fasilitas olah raga dan bersantai yang cukup lengkap.

Di dalamnya tumbuh pepohonan yang asri. Hanya saja, tidak banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini. Karena sepi, taman kota ini pun menjadi angker, terutama pada malam hari. Konon pada malam hari, warga kerap melihat hantu seperti kuntilanak dan genderuwo di pohon-pohon di taman Langsat.

Rumah Kentang Prapanca
Tempat yang berlokasi di jalan Dharmawangsa 9, Jakarta Selatan ini terkenal angker dan berhantu oleh masyarakat sekitar. Fenomena penampakan hantu yang terlihat dan nampak di dalam lokasi ini adalah hantu anak kecil. Pada zaman dahulu, konon di ceritakan bahwa di rumah ini terdapat seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kuali yang sedang dipergunakan untuk merebus kentang.

Sering beberapa orang yang lewat di depan rumah tersebut dapat mencium aroma kentang rebus serta mendengar suara anak kecil yang sedang menangis. Menurut warga sekitar itu adalah hantu anak kecil tersebut.

Lintasan Kereta Api Bintaro
Tempat yang berlokasi di Bintaro, Jakarta Selatan ini terkenal angker dan berhantu oleh masyarakat sekitar. Fenomena penampakan hantu yang terlihat dan nampak di dalam lokasi ini adalah hantu menyeramkan korban tabrakan kereta api.

Sekitar tanggal 19 Oktober 1987, terjadi sebuah kecelakaan kereta yang menewaskan ratusan orang di dekat stasiun Sudimara Bintaro. Dan setelah itu sering terjadi kecelakaan yang banyak memakan korban jiwa. Menurut penuturan warga sekitar di lintasan ini dianggap angker karena sering terdapat hantu dan terdengar suara orang menangis serta menjerit.

Terowongan Casablanca
Tempat yang berlokasi di jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur ini terkenal angker dan berhantu oleh masyarakat sekitar. Fenomena penampakan hantu yang terlihat dan nampak di dalam lokasi ini adalah hantu sesosok yang menyeberang jalan, diantaranya yaitu nenek-nenek bersama cucunya dan perempuan cantik.

Terowongan ini dahulunya didirikan di atas sebuah tanah pekuburan yang terkenal angker. Menurut beberapa warga Casablanca, ketika pembongkaran kuburan tersebut, bahkan terdapat satu jenazah yang masih utuh, Dari Terowongan Casablanca tersebut hingga radius kira-kira 40 meter, banyak terjadi kecelakaan yang penyebab dari kecelakaan tersebut tidak masuk akal.

Biasanya para pengemudi kendaraan melihat sesosok perempuan tiba-tiba menyeberang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi secara tiba-tiba membanting setir serta menabrak pembatas jalan. Menurut warga sekitar, ada baiknya ketika melewati terowongan ini, pengemudi kendaraan membunyikan klakson untuk menyapa penghuni terowongan.

Speak Your Mind

*