Tercepat, Sejarah Singkat Perkembangan Internet

Ilustrasi sejarah singkat perkembangan internetDalam Sejarah Singkat Perkembangan Internet, sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu tentang definisi internet.  Internet dapat didefinisikan sebagai sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat komputer di seluruh dunia melalui sistem tekhnologi informasi. Di dalam jaringan tersebut, terdapat beragam jenis informasi yang berguna di mana para pengguna internet bisa saling berinteraksi secara aktif antar satu sama lainnya.

Sejarah singkat perkembangan internet berawal pada tahun 1969, ketika departemen pertahanan Amerika Serikat memiliki sebuah cita-cita untuk bisa menghubungkan sejumlah komputer yang ada, sehingga tercipta sebuah sistem atau jaringan organik. Proyek perintis ini diberi nama ARPANET.

Selama setahun, proyek ini berhasil menghubungkan 10 jaringan komputer yang masing-masing bisa saling berkomunikasi. Selanjutnya pada tahun 1972, Roy Tomlinson yang merupakan pencipta sistem ARPANET, berhasil menyempurnakan program email yang sebelumnya dibuat untuk ARPANET. Pada tahun ini pulalah, lambang @ dijadikan sebuah lambang penting yang mengacu pada kalimat “at” atau “pada”.

Baru pada tahun 1973, jaringan ARPANET dikenalkan ke luar Amerika, di mana Komputer milik University College yang berada di London menjadi pelopor jaringan ARPANET di luar Amerika. Vinton Cerf dan Bob Kahn, dua orang pakar di bidang komputer padahal tahun itu mengemukakan pemikiran untuk mengembangkan ARPANET menjadi lebih luas yang pada akhirnya menjadi awal lahirnya internet.

Internet Protocol

Memasuki tahun 80an, jaringan komputer yang terbentuk semakin banyak seiring perkembangan tekhnologi internet. Akhirnya diciptakanlah sebuah jaringan resmi yang bisa mewadahi semua jaringan internet tersebut. Tahun 1982, terciptalah Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP yang sudah dikenal oleh semua pengguna internet.

Dan tahun 1984, dibuatlah penyeragaman alamat pada seluruh jaringan komputer yang terhubung melalui internet tersebut. Diciptakanlah sebuah sistem yang dikenal dengan nama Domain Name System atau DNS.

Jumlah Pengguna Internet

Internet merupakan sebuah penemuan terbesar abad modern. Perkembangan tekhnologi internet, tergolong sangat cepat jika dibandingkan penemuan-penemuan besar di abad ini. Listrik dan telepon rumah, membutuhkan waktu hampir seabad untuk bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Sedangkan internet hanya membutuhkan waktu kurang dari 50 tahun untuk bisa dikenal oleh masyarakat dunia. Jika pada akhir tahun 80, jumlah pengguna internet hanya berkisar pada angka ratusan ribu komputer, maka pada 20 tahun kemudian, nyaris seluruh komputer yang ada di dunia ini sudah terhubung dengan sistem internet.

Speak Your Mind

*