The Beatles – Fenomena yang Berawal dari Tutup Panci

Ilustrasi the beatlesSiapa yang menyangka jika grup band legendaris ini mulanya berangkat dari sebuah band skiffle, yaitu band yang menggunakan peralatan rumah tangga sebagai alat musik. Band Skiffle yang dibentuk John Lennon pada 1957 ini diberi nama The Quarrymen. Alasannya, semua anggotanya adalah anak-anak sekolah di Quarry Bank Grammar School, Liverpool Inggris.

Pada 6 Juli 1957, John Lennon bertemu untuk pertama kalinya dengan Paul McCartney saat Quarrymen sedang manggung di sebuah acara di Gereja St. John, Woolton. Singkat cerita, McCartney akhirnya bergabung dengan Quarrymen.

John Lennon dan McCartney menjadi sahabat yang sangat dekat. Mereka pun kerap menulis lagu bersama. McCartney memperkenalkan John Lennon dengan George Harison, yang umurnya lebih muda setahun dari mereka. Akhirnya, Harrison yang piawai bermain gitar pun dapat bergabung dengan Quarrymen yang disusul pula oleh Stuart Sutcliffe.

The Beatles Gonta-ganti Nama

Dalam perjalanannya, Quarrymen sempat beberapa kali berganti nama dan personel hingga akhirnya terbentuk nama The Beatles. Selanjutnya, The Beatles menunjuk Allan Williams sebagai manager mereka. Pada 1960, Williams berhasil memperoleh kontrak dengan sebuah klab di Hamburg.

Band ini pun kemudian pergi ke Hamburg, dengan personel John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Stuart Sutcliffe, dan Pete Best. Setiap malam, mereka tampil di klab malam yang kotor. Mereka tinggal bagai gelandangan pengamen di sebuah penginapan kecil, tak jauh dari klab tempat mereka main. Dan celakanya, mereka dideportasi dari Hamburg, setelah pihak berwajib tahu jika George Harrison ternyata masih di bawah umur.

Sekembalinya ke Liverpool, mereka tampil lagi di Cavern. Di klab inilah The Beatles menjadi sangat terkenal. Show mereka selalu ramai dan dipadati pengunjung. Pada 1961, The Beatles kembali ke Hamburg bersama Tony Sheridan, untuk merekam single mereka yang berjudul My Bonnie.

Pada November 1961, untuk pertama kalinya, Brian Epstein menyaksikan penampilan band ini. Epstein adalah pemilik toko musik NEMS di Liverpool, yang mengenal The Beatles karena salah seorang pelanggannya menanyakan album “My Bonnie”. Epstein terpesona melihat penampilan The Beatles, dan kemudian menjadi manager band ini.

Awal Kesuksesan The Beatles

Nasib baik mulai berpihak kepada John Lennon cs manakala Parlophone Record tertarik untuk mengontrak The Beatles. Label yang diproduseri oleh George Martin ini berada di bawah pengawasan EMI.

Namun, syarat yang diberikan Martin cukup berat. Ia menghendaki agar The Beatles mengganti drummer mereka. Walhasil, akhirnya Best digantikan Richard Starkey alias Ringo Star.

Dengan formasi dan label barunya ini, The Beatles akhirnya meluncurkan single Love Me Do yang langsung menduduki peringkat 17 dalam tangga lagu Inggris. Sukses ini disusul dengan single kedua mereka, Please Please Me, lagu ini menjadi single pertama mereka yang berhasil mencapai puncak tangga lagu.

Kesuksesan ini terus berlanjut. Nyaris semua single mereka mencapai peringkat teratas di tangga lagu Inggris. Yang paling mengejutkan, lagu I Wanna Hold Your Hand berhasil mengguncang belantika musik Amerika pada 1964.

Lagu ini adalah single pertama The Beatles yang berhasil menembus blokade industri musik di Amerika Serikat, sebelum menyusul lagu-lagu fenomenal lainnya.

The Beatles – Legenda yang Melegenda

Siapa di dunia ini yang tidak mengenal grup musik The Beatles? Lagu berikut akan selalu mengingatkan kita pada lagu The Beatles yang sangat melankolis dan mudah diingat.

Yesterday, all my troubles seemed so far away
Now it looks as though they’re here to stay
Oh, I believe in yesterday.

Suddenly, I’m not half to man I used to be,
There’s a shadow hanging over me.
Oh, yesterday came suddenly.
Why she had to go I don’t know she wouldn’t say.
I said something wrong, now I long for yesterday.

Yesterday, love was such an easy game to play.
Now I need a place to hide away.
Oh, I believe in yesterday.

The Beatles adalah grup musik tersukses yang mampu stabil berada di musik chart seluruh dunia. Pengaruh musik The Beatles sangat kuat. Begitu kuatnya sampai pers di Britania menciptakan istilah Beatlemania.

The Beatles adalah grup musik yang terkenal karena jenis musik rock and rollnya itu beranggotakan John Lennon (gitar ritem dan vokal), Paul McCartney (gitar bass dan vokal), George Harrison (gitar utama dan vokal), Ringo Starr (drum dan vokal).

The Beatles – Awal Mula

Grup band The Beatles pada awal kemunculannya dinamai The Quarrymen. Nama itu dibuat pada 1957. Quarrymen merupakan sebuah grup band skiffle, yaitu band yang bermain dengan memakai peralatan rumah tangga yang ketika itu sangat populer di Liverpool. Band ini terdiri atas Lennon bersama beberapa temannya di Quarry Bank Grammar School.

Pada tanggal 6 Juli 1957, The Quarrymen beraksi di sebuah acara gereja di Gereja St. John, Woolton. Pada sebuah acara tersebut, Lennon untuk pertama kalinya bertatap muka dengan Paul McCartney, yang ketika itu menyaksikan aksi Quarrymen. McCartney begitu terkagum-kagum dengan aksi grup band itu. Dia kemudian mendekati Quarrymen di belakang panggung yang ditemani rekannya, Ivan Vaughan yang merupakan teman baik Lennon.

Tak lama berselang, McCartney bergabung dengan band itu. Lennon dan McCartney sangat dekat saat itu. Mereka sama-sama sering menulis lagu sendiri. Kemudian mereka pun menjadi sering membuat lagu bersama-sama. Salah satu lagu yang berhasil diciptakan adalah “Hello Little Girl” dan kemudian menjadi sangat hits pada 1960-an.

Kemudian muncullah George Harrison. Dia satu tahun umurnya lebih muda daripada McCartney. McCartney memperkenalkannya pada Lennon. Harrison ternyata berniat bergabung bersama Quarrymen karena dia pun sangat pintar memainkan gitarnya. McCartney membujuk Lennon yang keberatan menerima Harrison menjadi anggota karena usianya yang sangat muda. Akhirnya Lennon pun menerimanya.

Bergabungnya Harrison lalu diikuti oleh Stuart Sutcliffe, yaitu sahabat Lennon yang kemudian menjadi bassist grup musik itu. Sebenarnya Sutcliffe tidak bisa memainkan bas. Lennon yang bersikeras mengajaknya akhirnya berhasil membuatnya menjadi anggota grup Quarrymen.

Perjalanan The Quarrymen Menjadi The Beatles

Lagu yang pertama kali direkam adalah “That’ll be the Day” dan “In Spite of All the Danger”. The Quarrymen merekam suaranya melalui kedua lagu itu yang merupakan instrumental ciptaan McCartney dan Harrison.

Dalam perjalanan musiknya, nama Quarrymen beberapa kali telah berganti nama. Nama The Beatles kemudian muncul dan diciptakan oleh Lennon. Ketika mereka tampil di Hamburg, mereka diusir dari sana sebab George Harrison dianggap masih di bawah umur kala itu. Ketika sampai di Liverpool, mereka tampil di Carvern Club. Dari sinilah kemudian The Beatles menjadi terkenal. Mereka selalu dielu-elukan oleh penggemarnya. Mereka rutin tampil di klub ini.

Pada akhir November 1961, Brian Epstein pertama kali menyaksikan band ini. Saat itu Brian merupakan pemilik sebuah toko musik, North End Music Store di Liverpool. Kejadiannya bermula ketika salah satu pelanggan toko bertanya tentang rekaman The Beatles yang direkam band tersebut dengan Tony Sheridan. Epstein kemudian menjadi terpesona ketika menyaksikan aksi The Beatles. Lalu dia jadi manajer untuk band ini.

Epstein memberi tawaran demo lagu-lagu mereka tetapi selalu ditolak. Sampai akhirnya bertemu dengan Decca Records. Akhirnya grup band The Beatles diterima oleh Parlophone Records, sebuah label yang berada di bawah kontrol pengawasan EMI dan produsernya bernama George Martin.

Syarat yang diajukan oleh Martin yaitu mengganti drummer The Beatles, Best, yang dinilai tidak berkualitas. Best lalu digeser posisinya oleh Ringo Starr (bernama asli Richard Starkey), drummer dari Liverpool yang dulunya bermian dengan Rory Storm & the Hurricanes.

The Beatles mengeluarkan single ‘Love Me Do‘ dan langsung menduduki posisi 17 pada tangga lagu Inggris. Single The Beatles selanjutnya, ‘Please Please Me‘, menjadi single pertama The Beatles yang berhasil menduduki peringkat paling atas di tangga lagu.

The Beatles – Rock and Roll Music

The Beatles mampu melejitkan jenis musik rock and roll dengan sukses. The Beatles dianggap mampu juga membuat ide progresif bagi grup musik lainnya dan menginspirasi sebagian besar pemusik di belahan dunia lainnya.

Musik rock and roll versi The Beatles dirilis dalam single pertamanya di beberapa negara. Album pertama mereka, Rock and Roll Music, merupakan kompilasi yang di dalamnya berisi lagu-lagu The Beatles yang juga sangat rock and roll. Judul Rock and Roll Music sama dengan judul lagu yang diciptakan oleh Chuck Berry. Album ini dirilis pada 7 Juni 1976 di Amerika dan 10 Juni 1976 di Inggris.

Label Perusahaan The Beatles

Brian Eipstein adalah manajer The Beatles yang pertama kenal Beatles melalui banyak permintaan konsumen yang membeli piringan hitam di toko musik miliknya dan salah satu pelanggannya selalu menanyakan mereka seperti yang telah diceritakan sebelumnya. Brian menawarkan Beatles pada sebuah label perusahaan rekaman saat itu, yaitu Decca Record.

Waktu itu Decca beranggapan bahwa grup musik gitar tidak lagi terlalu terkenal lagi. Meskipun demikian, The Beatles sudah dapat audisi dan mereka tidak patah semangat. Akhirnya, sebuah label perusahaan rekaman memberikan audisi untuk kelompok The Beatles, yaitu Parlophone.

Perusahaan rekaman ini sebenarnya merupakan perusahaan rekaman khusus siaran radio. George Martin, sebagai manajer Parlophone sepakat dan kemudian dimulailah rekaman untuk album perdana The Beatles dengan judul “Please Please Me“. Lagu Please Please Me dan Love Me Do adalah lagu andalan dalam album tersebut.

Lagu-lagu Terkenal The Beatles

Tampaknya tak ada lagu The Beatles yang tidak terkenal. Hal tersebut terlihat dari banyaknya penggemar yang berada di seantero jagad raya ini. Berikut album-album yang terkenal karya The Beatles.

  • Red Album (1962-1966)
  • Blue Album (1967-1970)
  • A Hard Day’s Night Album
  • Abbey Road Album 
  • Anthology 1 Album
  • Anthology 2 Album
  • Anthology 3 Album
  • Beatles for Sale Album
  • Free as a Bird Album
  • Help! Album
  • Hey Jude Album
  • Let It Be Album
  • Live at the BBC Album
  • Love Album
  • Magical Mystery Tour Album
  • Past Masters Vol 1 Album
  • Past Masters Vol 2 Album
  • Please Please Me Album
  • Real Love Album
  • Revolver Album
  • Rubber Soul Album
  • Sing-A-Long Album
  • The Beatles 1 Album
  • The Beatles Album (The White Album)
  • With The Beatles Album
  • Yellow Submarine album
  • Yellow Submarine (Reissue Album)

Speak Your Mind

*