Tips

Bagaimanakah tips menghadapi ujian? Bagi setiap orang yang sedang menempuh jenjang pendidikan, ujian selalu menjadi momok menakutkan. Ujian seolah menjadi penentu hidup dan mati seorang pelajar. Tidak bisa mengerjakan soal ujian sama dengan mendapat hukuman dari orangtua. Oleh sebab itu, diperlukan beberapa tips untuk membantu pelajar saat mengerjakan soal ujian.

Tips Mengerjakan Soal Ujian

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa membantu kalian saat mengerjakan soal-soal ujian.

1. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Datang Lebih Awal dengan Persiapan Matang

Tips pertama yang harus dipersiapkan sebelum ujian adalah kesiapan mental dan penguasaan materi. Untuk mendapatkan kesiapan matang, kalian tentu harus mempersiapkannya sejak awal. Misalnya, belajar satu minggu sebelum ujian dimulai untuk menghindari stres di malam ujian.

Selain kesiapan otak, ada perlengkapan yang perlu disiapkan dengan sempurna. Misalnya, pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam tangan, penghapus, tip ex, penggaris, dan perlengkapan lain. Kesiapan perlengkapan ini akan membantu kalian untuk tetap fokus dan berkonsentrasi selama mengerjakan soal. Jangan lupa, datang ke sekolah lebih awal. Misalnya, 15-30 menit sebelum ujian dimulai.

2. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Tenang dan Percaya Diri

Tips kedau adalah tenang dan percaya diri. Satu hal yang sering melanda peserta ujian adalah datangnya perasaan panik atau tidak tenang. Padahal, kalian harus tetap tenang “melahap” semua soal ujian. Satu hal yang tidak kalah penting adalah percaya diri. Ingat, percayalah dengan kemampuan diri sendiri dan jangan pernah mengharapkan jawaban dari orang lain karena itu belum tentu benar.

3. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Santai dan Tetap Waspada

Jika kursi ujian tidak ditentukan, pilihlah kursi yang nyaman agar kalian merasa nyaman saat mengerjakan soal. Pastikan pula bahwa kalian telah mendapatkan tempat yang cukup leluasa untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Sebisa mungkin, pertahankan posisi duduk untuk tetap tegak.

4. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Preview Soal Ujian

Tips berikutnya yaitu dengan meluangkan sekitar 10 persen dari waktu keseluruhan untuk membaca soal ujian secara mendalam. Tandailah beberapa kata kunci dan putuskan perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengerjakan setiap soal. Utamakan pengerjaan soal yang terbilang mudah agar tidak menyia-nyiakan waktu untuk mengerjakan soal sulit. Saat membaca soal, catatlah beberapa ide yang akan dipakai sebagai jawaban.

5. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Menjawab Soal Secara Strategis

Tips kelima yaitu mulailah dengan mengerjakan soal yang paling mudah. Kemudian, kerjakan soal-soal yang memiliki bobot nilai tertinggi. Soal terakhir yang harus kalian kerjakan adalah soal paling sulit, soal yang memerlukan waktu lama untuk menulis jawaban, dan soal yang memiliki nilai terkecil. Intinya, jangan sampai waktu kalian habis untuk mengerjakan satu soal yang belum tentu benar.

6. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Ketahui Jawaban yang Harus Dipilih Saat Mengerjakan Pilihan Ganda

Tips keenam yaitu abaikanlah pilihan yang kalian yakini sebagai jawaban salah. Kemudian, tebak salah satu pilihan jawaban yang agak kalian kenal. Ingat, jangan sekali-kali menebak jawaban yang sama sekali tidak diketahui jika ada konsekuensi pengurangan nilai untuk jawaban salah. Jika kalian telah memilih satu jawaban, yakinkan pilihan itu. Jangan coba untuk mengganti jawaban karena pilihan pertama biasanya benar.

7. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Pikirkan Jawaban Sebelum Mengisi Sola Esai

Tips ketujuh yaitu buatlah kerangka jawaban esai berisi beberapa ide yang akan kalian tulis sebagai jawaban. Kemudian, beri nomor pada tiap ide itu untuk mengurutkan ide mana yang akan ditulis lebih dahulu. Penomoran ini pun berguna agar jawaban kalian lebih terstruktur.

8. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Jawab Langsung Poin Utama dalam Soal Esai

Tips kedelapan yaitu tulislah kalimat utama sebagai kalimat pertama. Paragraf pertama diisi dengan ikhtisar jawaban esai. Paragraf berikutnya berisi deskripsi poin-poin utama secara detail. Berikanlah informasi secara spesifik dan lengkapi dengan contoh atau kutipan dari bacaan maupun catatan kalian.

9. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Sisihkan Waktu 10 Persen untuk Memeriksa Ulang Jawaban

Setelah selesai mengerjakan soal, jangan langsung mengumpulkannya. Periksa kembali jawaban kalian. Siapa tahu ada kesalahan ejaan, struktur bahasa, maupun tanda baca. Khusus untuk soal Matematika, periksa kembali dengan cara perhitungan ringkas siapa tahu ada kecerobohan penulisan, misalnya peletakan angka desimal.

10. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Analisis Hasil Ujian

Sebenarnya, setiap ujian dapat dijadikan pencerahan untuk mempersiapkan ujian berikutnya. Oleh sebab itu, putuskanlah strategi penyelesaian yang dianggap paling tepat dengan kalian. Ubahlah strategi yang selama ini tidak berhasil. Saat menjelang ujian akhir, gunakan kertas ujian sebelumnya untuk belajar karena kemungkinan ada beberapa soal yang sama.

Tips Sukses Ujian Nasional

Berikut tips Ujian Nasional yang harus diperhatikan.

1. Tips Ujian Nasional – Pelajari Latihan Contoh-Contoh Soal

Ujian Nasional atau UN itu biasanya lebih kepada soal-soal pilihan ganda. Jadi, tips pertama sukses Ujian Nasional adalah dengan latihan contoh-contoh soal, mulai soal biasa sampai soal-soal Ujian Nasional tahun sebelumnya. Belilah buku-buku soal di toko buku dan sering-seringlah latihan sehingga pada saat mengerjakan soal ujian UN, kita sudah terbiasa.

Cobalah untuk mempraktikkan tips ini di setip kesempatan. Jika telah terbiasa mengerjakan soal saat Ujian Nasional, kita pasti mengetahui jawabannya tanpa harus berpikir lama. Mungkin saja kita menemukan soal Ujian Nasional yang sama dengan soal latihan yang sering dipelajari.

2. Tips Ujian Nasional – Belajar Latihan Soal dari Bimbingan Belajar

Tips kedua sukses Ujian Nasional adalah dengan mempelajari setiap latihan soal yang dipelajari di bimbingan belajar. Selain pihak sekolah yang memiliki kisi-kisi Ujian Nasional, hampir semua bimbingan belajar juga punya kisi-kisi tersebut. Pengelola bimbel pasti ingin semua peserta bimbingan belajar sukses Ujian Nasional  dan menjadikan reputasi bimbingan belajar itu menjadi baik. Itulah tips kedua sukses Ujian Nasional.

3. Tips Ujian Nasional – Buat Catatan Kecil di Kertas HVS

Tips ketiga sukses Ujian Nasional adalah dengan membuat catatan kecil di kertas HVS. Jangan salah, catatan ini bukan untuk contekan tetapi untuk menghafal semua materi ujian di setiap kesempatan. Kertas ini bisa dilipat menjadi 8 bagian dan sangat praktis dibawa ke mana saja. Jadi, kita bisa mempelajarinya di setiap tempat, misalnya di kantin, di masjid, dan tempat lainnya. Tips ini akan memudahkan kita saat menghadapi Ujian Nasional dan dijamin akan berhasil.

4. Tips Ujian Nasional – Selalu Santai dan Tetap Konsentrasi

Tips sukses Ujian Nasional yang keempat adalah selalu santai dan tetap konsentrasi. Soal ujian bisasanya ada yang mudah tetapi menjebak. Oleh karena itu, tips menghadapi soal seperti ini adalah jangan tegang dan tetap santai. Jika tegang, tentunya akan sulit konsentrasi sehingga mudah terjebak oleh soal seperti itu. Sebaliknya, sikap yang santai akan membuat kita mampu mengerjakan soal sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat.

Suasana santai akan membuat seseorang berpikir logis (menggunakan otak kanan) dan pada umumnya soal teori membutuhkan logika untuk menyelesaikannya. Perlu diketahui bahwa memakai logika terkadang lebih cepat daripada menghafal. Jadi, inti dati tips ini adalah hadapilah Ujian Nasional dengan santai namun tetap seirus. Yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan nilai tinggi dan pasti lulus.

5. Tips Ujian Nasional – Rajin Membaca

Tips kelima sukses Ujian Nasional adalah dengan rajin membaca. Jika soal ujian yang akan dihadapi berbentuk soal hafalan, sebaiknya rajin membaca materi jauh hari sebelum ujian karena materi hafalan akan sulit diingat dalam waktu singkat atau mendadak. Jiak tips ini sering dilakukan, secara otomatis kita mampu menghafal di luar kepala.

Itulah beberapa tips sukses menghadapi Ujian Nasional. Selamat mengerjakan soal dan jadilah pelajar berprestasi!

Speak Your Mind

*