Tips Bermain PPC Lokal

PPC Lokal atau Pay Per Click Lokal adalah sebuah layanan bisnis online yang memberikan komisi atas klik iklan yang dipasang di blog atau website membernya. Ini merupakan sebuah metode kerjasama periklanan di internet. Layanan PPC ini sangat populer dan cepat mewabah.

PPC Lokal, Pay Per Click

Selain sangat mudah dan gratis, proses bermainnya juga tidak begitu rumit. Berikut sedikit tips bermain PPC lokal.

Ada satu nama yang berkibar kuat di ranah PPC. Google Adsense sebagai salah satu bagian dari Google Product, hingga sekarang diyakini masih tetap terdepan dan terbaik dalam urusan bisnis ‘klak-klik’ ini. Google Adsense ini juga merupakan program yang paling banyak digemari oleh publisher karena memang sangat mudah untuk memasang iklan di web atau blog yang nantinya akan menghasilkan lembaran-lembaran dolar.

 

Tidak sedikit dari pebisnis online di Indonesia mampu untuk menghasilkan ratusan, bahkan ribuan dolar dalam sebulan melalui Google Adsense. Dan tak sedikit pula dari mereka yang di awal ‘karir’ bisnis online-nya hanya bermodalkan sebuah blog. Namun perlu diperhatikan bahwa Google Adsense ini mempunyai syarat yang ketat yang sering menyebabkan ditolaknya pendaftaran web atau blog.

Manfaat Pay Per Klik

Pay per klik ini dapat digunakan untuk meningkatkan traffic penjualan. Anda dapat memnfaatkan hanya dengan membayar para pengelola web atau blog atas setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung. Pengunjung yang mengklik iklan adalah pengunjung yang tertarik atas produk ataupun jasa yang telah ditawarkan.

Anda tidak usah takut rugi berapa besar membayarnya jika pengunjung tersebut mengklik ratusan bahkan ribuan kali. Karena biayanya sangat murah dan terjangkau. Pay per klik memang sudah terbukti sangat efektif. Anda sebagai pengusaha dapat mengoptimalkan keuntungan sebatas mengeluarkan modal untuk biaya promosi dan iklan.

Keuntungan Pay Per Klik

Keuntungan pay per klik ini memang sangat banyak sekali. Pay per klik tidak hanya menawarkan solusi untuk pengusaha bisnis ataupun sawah penghasilan bagi para webmaster atau blogger, namun pay per klik juga bisa menjadi sawah penghasilan jika Anda mengetahui trik untuk memanfaatkan.

Perlu Anda ketahui bahwa pay per klik ini tidak akan berarti apa-apa tanpa Anda, karena beberapa perusahaan atau website menggunakan pay per klik ini tidak hanya untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Selain itu, pay per klik juga digunakan oleh webmaster untuk menaikkan traffic web/blog agar para advertiser atau pengusaha dapat tertarik menggunakan web/blog mereka menjadi tempat promosi/iklan.

Jadi intinya peran Anda adalah bisa mendaftarkan diri pada perusahaan PPC. Karena webmaster ini bekerja sama dengan perusahaan yang menawarkan jasa PPC. Anda cukup mengklik link yang diberikan oleh perusahaan PPC tersebut dan akan dibayar.

Biasanya perusahaan PPC menawarkan sistem affiliates (mengajak orang lain). Karena memang jika ini dikerjakan secara individual akan memerlukan ribuan klik, dan bayaran per klik hanya berkisar 0.01-0.03 dolar. Dengan sistem affiliates, Anda mendapat beberapa persen dari affiliates. Semakin banyak affiliates semakin besar juga keuntungan yang akan didapat.

Lantas bagaimana dengan produk PPC lokal itu sendiri? Untuk di tanah air, salah satu PPC lokal yang paling banyak diminati adalah KlikSaya, KumpulBlogger, dan AdsenseChamp. Di ketiga PPC lokal tersebut metodenya hampir sama. Baik itu dalam sistem kerja atau pun pembayaran.

Tips Bermain PPC

Nah, lantas bagaimana tips bermain PPC lokal itu? Apakah tips-nya hampir sama jika kita bermain PPC nonlokal. Berikut sedikit tips-nya:

Pertama, PPC akan melekat di blog. PPC akan dibenamkan di blog. Maka, usahakan isi atau konten blog sesuai dengan isi atau konten PPC. Atau sebaliknya. Mengapa? Dengan demikian, visitor akan mengangap link iklan PPC tersebut adalah bagian dari blog. Bagian dari konten blog. Bukan iklan PPC.

Kedua, usahakan tampilan iklan PPC sesuai dengan tampilan warna blog. Misalkan blog Anda didominasi background warna putih, maka usahakan pula backgroud PPC bewarna putih pula. Jika link blog bewarna merah, maka usahakan link PPC juga bewarna merah pula. Apa tujuannya? Hampir mirip seperti point pertama, untuk menyamarkan iklan PPC.

Ketiga, letakkan iklan PPC di tempat-tempat strategis yang mengundang ketertarikan pengunjung untuk diklik. Misalnya di bawah header blog atau di samping header, di bawah gambar, atau dengan teknik pop up memunculkan iklan PPC di laman landing page blog Anda.

Keempat, jangan terlalu banyak menampilkan iklan PPC di blog. Karena nanti akan penuh sesak dan berjejal. Tempatkan maksimal 2 atau 3 iklan PPC di dalam blog. Dengan demikian, visitor juga akan menjadi lebih nyaman ketika berada di blog Anda.

 

Belajar tentang PPC memang tidak ada habisnya. Selain komisinya yang lumayan, PPC juga memberikan tantangan lain. Tantang bagaimana seorang blogger untuk mengemas sebuah iklan PPC agar diklik oleh visitor-nya adalah cerita lain yang menarik untuk diikuti.

 

Anne Ahira dalam situsnya Asianbrain.com juga menaruh perhatian khusus akan program PPC. Di salah satu layanannya, Anne Ahira berusaha memberikan pengalaman terbaiknya yang didapat selama bertahun-tahun di dunia internet marketing. Dan PPC itu sendiri sejatinya termasuk dalam salah satu internet marketing.

 

PPC menjadi salah satu materi yang dibahas di situs yang beralamat http://www.asianbrain.com/ ini. Bagaimana memilih PPC yang tepat, bagaimana mengemasnya, bagaimana membidik keyword untuk PPC, bagaimana menentukan target sasaran PPC, dan lain sebagainya.

 

Pendek kata, Anna Ahira berusaha untuk memandu dan membimbing blogger untuk memberikan arahan jika PPC bukan hanya sekadar program ‘klak klik klak klik’. Ambil iklan, tempel, dan posting. PPC lebih dari itu. Dan bilamana sebuah program PPC dijalankan dengan maksimal serta ketekunan, bukan tidak mungkin suatu saat Anda nanti akan menjadi seorang ‘bloggerpreneur’.

Berikut beberapa daftar situs PPC Indonesia yang terpercaya dan bergerak pada bidang yang sama seperti Google Adsense:

1. Pesan

Situs: www.pesan.com

Publisher mendapatkan komisi yang pembayarannya dilakukan setiap hari asalkan pendapatan Anda sudah mencapai minimum Rp 100.000,00.

2. Kliksaya

Situs: www.kliksaya.com

Publisher mendapat komisi sebesar 50% dari harga per klik yang ditawarkan pemasang iklan.

3. Kumpulblogger

Situs: www.kumpulblogger.com

Publisher mendapat 1 kali klik type text links senilai Rp 300,00, type mini banner senilai Rp 350,00.

4. Ppcindo

Situs: www.ppcindo.com

Publisher mendapat komisi yang lebih tinggi berdasarkan alexa rank (50% untuk publisher).

5. Klikrupiah

Situs: www.klikrupiah.com

Publisher mendapat Rp 100,00 untuk setiap iklan dengan waktu 31 detik dan Anda juga akan mendapatkan komisi tambahan jika mengajak teman.

6. Adsensecamp

Situs: www.adsensecamp.com

Publisher mendapat penghasilan tambahan dari ruang yang tersedia di website sebagai tempat pemasangan iklan.

7. Ppcinbox

Situs: www.ppcinbox.com

Publisher mendapat Rp 100,00, Rp 150,00 untuk iklan teks dan Rp 200,00, Rp 300,00, Rp 500,00 untuk iklan banner.

8. Adspeedy

Situs: www.adspeedy.com

Publisher mendapat komisi klik sebesar 50% hingga 80%. Presentasi kenaikan dilihat berdasarkan reputasi.

9. Adsentra

Situs: www.adsentra.com

Selamat mencoba!

Speak Your Mind

*