Tips Bijak Mengunduh Mp3 Gratis

Ilustrasi mp3 gratisKapan terakhir kali Anda datang ke toko kaset untuk menghabiskan waktu memilah beragam musik dan portofolio para artis dalam dan luar negeri? Sulit mengingatnya, bukan? Teknologi mengubah kebiasaan itu, berbeda dengan sekarang yang hanya mengunduh Mp3 gratis di internet.

Saat ini, untuk menikmati sebuah single atau album dari artis atau band pujaan, cukup duduk di depan komputer yang terkoneksi internet. Cukup luangkan waktu untuk mengunduh (download). Tak perlu pergi ke toko musik, jutaan diskografi artis atau band pujaan bisa dengan mudah didapatkan dalam format musik Mp3. Mudah, gratis.

Berkembangnya Situs Unduh Lagu Gratis

Begitu banyaknya para ahli dalam beragumen tentang sejarah internet, tentu menjadi daya tarik tersendiri dalam mengambil kesimpulan untuk memahami internet.

Akan tetapi, rasanya internet adalah hal yang tidak asing lagi bagi setiap orang. Karena yang kita tahu adalah internet merupakan jaringan yang dapat membawa kita ke beberapa akses, seperti jejaring sosial, mengunduh lagu favorit, sampai berbisnis, dan tentunya mencari link-link yang dapat membantu kita mengetahui perkembangan dunia.

Mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas, juga dari anak-anak sampai dewasa, internet sudah merajalela. Tersedianya fasilitas internet yang memudahkan penggunanya, membuat internet semakin banyak yang memakai.

Kemudahan memakai internet sudah terasa saat ini. Tahun-tahun sebelumnya internet sangat jarang yang memakai, hanya orang-orang tertentu saja yang memakainya, yang mempunyai jaringan internet. Harga pemasangan internet yang terlampau mahal, membuat masyarakat berpikir ulang untuk memasangnya.

Selain itu, internet hanya dapat dijumpai di tempat rental atau sering disebut warnet, warung internet. Harga sewanya pun cukup mahal. Jadi, orang yang pergi ke warnet benar-benar kebutuhan karena ada keperluan.

Bandingkan dengan saat ini. Jaringan internet tidak susah untuk ditemui. Semakin canggih peralatan teknologi, semakin memudahkan orang untuk terhubung dengan internet. Mulai dari banyaknya modem, salah satu alat yang menghubungkan jaringan internet sampai banyaknya tempat-tempat yang memasang wifi, sehingga dapat menggunakan internet secara gratis.

Karena mudahnya terhubung dengan jaringan internet, orang-orang banyak memanfaatkan fasilitas internet untuk memenuhi kebutuhannya, seperti mendownload mp3 gratis di situs download lagu.

Situs musik ada beragam. Mulai yang mengkhususkan diri sebagai situs penyedia musik gratisan atau yang bermode seperti streaming. Di kedua macam situs tersebut Anda dapat menikmati berbagai macam konten musik yang ada.

Untuk situs musik yang pertama, yakni situs penyedia konten musik, ada beragam. Biasanya mereka menyediakan konten-konten musik yang siap saji. Seperti mp3, track, bahkan satu album sekaligus. Umumnya situs ini kebanyakan ilegal. Blog atau web yang menyediakan konten musik tidak mempunyai izin dari artis yang bersangkutan.

Jika Anda berminat dengan situs yang demikian, Anda dapat mencarinya di Google dengan kata kunci “free mp3” atau “free download mp3”. Kemudian, pada hasil penelusuran tinggal Anda pilih situs atau blog yang tersedia. Masuk ke situs tersebut, pilih lagunya, download, dan mainkan. Mudah, bukan?

Ada sedikit catatan yang harus Anda perhatikan dalam aktivitas mengunduh konten musik ini. Pertama, kegiatan ini adalah termasuk pembajakan. Kedua, Anda sama saja ‘menyebarkan’ konten bajakan. Karena kemungkinan hasil download musik tersebut dapat Anda bagikan ke teman Anda.

Cara legal dalam mengunduh konten musik di situs ini adalah dengan membelinya. Anda dapat melakukannya di toko musik online. Contoh toko musik online, yaitu iTunes Store. Dengan membeli konten musik itu berarti Anda mendukung artis dan seniman musik untuk terus berkarya, serta menghargai hak kekayaan kreativitas.

Contoh yang kedua dari situs musik adalah dengan memanfaatkan streaming musik. Banyak penyedia konten musik yang memberikan streaming musik secara cuma-cuma. Ini berarti, ketika Anda masuk ke situs tersebut, konten musik yang dikehendaki tidak diunduh, melainkan langsung dinikmati (didengarkan).

Contoh konten musik untuk metode ini adalah seperti radio streaming. Dengan radio streming, Anda dapat mendengarkan radio kesukaan Anda secara langsung. Tanpa menggunakan radio seperti cara konvensional, stasiun radio yang disediakan bahkan tidak hanya dalam sekip lokal atau regional, melainkan internasional.

Terdapat puluhan situs musik yang memberikan fasilitas radio streaming. Anda tinggal mecarinya di Google dengan kata kunci “free streaming radio” atau “radio streaming”. Kemudian, dalam hasil penelusuran pilih salah satu dari situs tersebut. Kemudian, pilih stasiun radio yang tersedia atau cari stasiun radio favorit Anda. Setelah itu, klik play dan Anda dapat segera menikmatinya.

Selain radio streaming, contoh lain dari streaming musik adalah dengan memanfaatkan situs file konten sharing, seperti situs YouTube. Dengan YouTube Anda dapat melihat jutaan video yang tersedia dan siap ditonton secara langsung.

YouTube memanfaatkan teknologi streaming. Cepat atau lambatnya video dimainkan tergantung besarnya file yang akan ditonton. Di YouTube selain terdapat video musik juga tersedia jutaan video lainnya yang menarik.

Contoh terakhir situs musik dengan metode streaming adalah TV Online. Meskipun siaran TV tidak selalu menghadirkan konten-konten musik, namun terdapat beberapa acara yang mengkhususkan diri pada siaran musik.

Cari di Google dengan kata kunci “TV streaming” atau “TV online”. Hasil penelusurannya, klik pada salah satu situs yang Anda pilih, kemudian klik chanel stasiun TV tersebut dan mainkan.

Meskipun begitu, kemunculan situs musik tidak memengaruhi kecilnya kebutuhan aplikasi musik. Orang cenderung ingin mendengar musik yang didengarnya dari situs musik secara berulang-ulang. Untuk itu, orang akan mengunduh musik tersebut dari situs musik dan mendengarkannya pada aplikasi musik.

Situs musik sangat membantu para penggemar musik untuk mencari musik favoritnya. Tempat mengunduh musik sekarang sudah banyak, bahkan gratis tanpa membayarnya. Tapi, Anda juga harus memikirkan apakah caranya legal atau ilegal untuk mendapatkan musik tersebut.

Etika Mengunduh MP3

Kebanyakan penyedia situs download lagu gratisan adalah situs atau blog yang dikelola oleh perorangan. Dengan demikian, mereka memang menawarkan berbagai mp3 gratis dengan dikelola sendiri.

Tentu saja ada yang diharapkan dari income blog atau situs ini. Dengan pemasangan iklan dan ramainya visitor yang mampir untuk mengunduh lagu adalah alasan logis mengapa mereka membagikan file mp3 gratis secara cuma-cuma.

Melegalkan hal ini tidaklah sehat. Tidak secara ekonomi bagi mereka yang mengandalkan hidupnya pada musik (artis, label, toko kaset/ CD, dll). Sehingga, walaupun mudah dilakukan, Anda tetap dituntut tidak sembarangan dalam mengunduh musik Mp3 gratisan. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Berikut akan dipaparkan.

    • Hanya mengunduh Mp3 gratisdari artis atau band yang memang memberikan lagu atau albumnya untuk diunduh secara cuma-cuma di situs-situs tertentu. Saat ini, sudah banyak band atau artis luar dan dalam negeri yang melakukan hal itu.
    • Meskipun gratis, jika Anda mengunduh Mp3 album atau single tertentu, usahakan untuk tetap membeli kaset/CD aslinya. Minimal, gunakan ring back tone-nya.
    • Ada band atau artis yang akan meminta Anda untuk memberikan donasi sebelum mengunduh single mereka. Sumbanglah, biasanya donasi yang diminta tidak besar. Donasi ini juga dilakukan untuk mengetahui keseriusan Anda sebagai pengunduh yang beretika.
    • Jangan sembarangan meng-klik link unduh (download) yang memakai label Mp3 gratis. Hati-hati pada muatan virus atau program-program yang bisa merusak perangkat komputer Anda.
    • Mp3 gratis cukup untuk konsumsi pribadi. Meski gratis, jangan pernah disebarluaskan atau diperjualbelikan kembali. Penggandaan sebuah hak cipta tanpa izin pemiliknya, tentu pelanggaran hukum.

Penghasilan musisi salah satunya dari penjualan album/CD atau RBT. Saat ini, toko-toko musik dan CD sudah banyak yang gulung tikar. Kerugian yang lain bisa kita lihat dari makin minimnya orang membeli kaset/CD asli. Saat ini, artis atau band lebih banyak merilis single berbentuk RBT ketimbang album penuh.

Matinya penjualan fisik berpengaruh pada kelangsungan kreativitas. Oleh karena itu, membeli atau mengoleksi karya asli, akan membuat para pekerja seni terus berkarya. Mengoleksi kaset/CD asli juga lebih bernilai tinggi ketimbang hanya berupa file. Bagaimanapun, menikmati musik yang legal akan membuat kita lebih nyaman. Hal ini juga jadi pelajaran, agar kita mau menghargai hasil karya orang lain.

Setelah mengetahui dan memahami fakta-fakta tadi, semoga Anda semakin bijak dalam mengunduh Mp3 gratis di internet. Jika Anda penggemar situs download lagu gratisan, berpikirlah dua kali sebelum melakukan itu.

Speak Your Mind

*