Tips dan Manfaat Mengikuti Lomba Penulisan

Ilustrasi lomba penulisanJika Anda suka menulis, Anda mungkin salah satu orang yang pernah mengikuti berbagai lomba penulisan. Anda sering menjadi juara? Atau malah sebaliknya? Itu memang sudah resiko yang harus Anda hadapi bila masuk ke dalam sebuah persaingan.

Lomba Kepenulisan

Lomba menulis atau mengenai kepenulisan adalah lomba yang mentikberatkan pada hal menulis yang diikuti oleh peserta lomba. Jadi di dalam lomba ini memang yang paling akan dinilai oleh dewan juri adalah mengenai hasil tulisan yang telah dikerjakan atau dibuat oleh peserta.

Kegiatan menulis memang adalah sebuah kegiatan yang dianggap menarik oleh sebagian orang. Walaupun oleh sebagian yang lain masih menganggap menulis sebagai sebuah kegiatan yang tak cukup mudah untuk dilakukan sehingga banyak ditinggalkan atau tak dikerjakan.

Salah satu hal yang paling disukai oleh seorang penulis atau seseorang yang menganggap dirinya suka menulis adalah kegiatan mengikuti lomba ini. mengikuti loma menulis akan memiliki banyak sekali manfaat bagi mereka. Salah satunya adalah untuk mengasah kemampuan mereka dalam menulis itu sendiri.

Akan banyak hal yang ditemui di dalam lomba menulis ini. seorang penulis akan menemui banyak sekali saingan karena memang yang mengikuti lomba ini tak hanya seorang dua orang saja. tentunya akan banyak peserta di dalam lomba ini.

Dengan semakin banyak peserta lomba yang mengikuti lomba ini maka akan banyak hasil tulisan yang terkumpul dan masuk ke tangan dewan juri. Sehingga nantinya, seorang penulis akan dapat melihat bagaimana kemampuan dirinya dan juga kemampuannya untuk menulis dibandingkan dengan kemampuan menulis dari penulis yang lainnya. Untuk itulah maka seorang penulis haruslah dapat untuk menyiapkan semaksimal mungkin dalam mengikuti lomba menulis ini.

Tips Mengikuti Lomba Penulisan

Dalam mengikuti lomba menulis ini memang harus dilakukan persiapan yang matang. Semuanya tak dapat dilakukan dengan tergesa atau tanpa persiapan, termasuk juga dalam hal mengerjakan tulisan harus dilakukan dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan tips saat mengikuti loma menulis.

1. Saat Anda mengetahui info lomba menulis, cermati lomba tersebut dengan seksama. Mulai dari siapa yang mengadakan, bagaimana persyaratan lombanya, dan hal lainnya yang bersangkutan dengan hal ini.

Karena nantinya hasil tulisan akan sangat berhubungan dengan hal ini. siapa yang mengadakan lomba akan menentukan bagaimana tulisan yang akan dibuat. Seorang penulis haruslah dapat untuk menyesuaikan mengenai hal ini agar dapat memberikan peluang bagi dirinya untuk meraih kemenangan.

2. Anda harus mencermati betul siapa yang mengadakan lomba, apakah lembaga atau orang yang bisa dipercaya. Banyak sekali kasus tidak mengenakkan seputar lomba menulis. Misalnya, hasil pengumuman lomba yang tidak jelas. Kalaupun sudah diumumkan, tidak ada tindak lanjut dari penyelenggara (misalnya tidak ada pemberian hadiah seperti yang dijanjikan), dan sederet hal yang tidak diharapkan para peserta lomba.

Kadang, pihak penyelenggara yang sudah memiliki nama besar pun (misal sebuah majalah atau penerbit), bukan jaminan bagi Anda untuk terhindar dari hal-hal tak menyenangkan yang sudah disebutkan di atas.

3. Sebagai peserta, Anda ibarat pelamar pekerjaan yang harus mematuhi aturan perusahaan. Jadi, Anda mutlak harus disiplin dan mengikuti segala persyaratan lomba menulis. Mulai dari kesesuaian tema, format penulisan naskah, biodata, deadline, dll.

Bila ada satu saja persyaratan yang kurang, ini tentu akan menjadi nilai minus, atau bahkan naskah Anda tidak akan dimasukkan sebagai naskah peserta sekalipun tulisan Anda sangat bagus.

Hal ini memang akan sangat menentukan peluang kemenangan yang dapat Anda raih. Karena hasil tulisan memang haru sesuai dengan tema yang telah diberikan oleh pihak penyelenggara dari lomba tersebut.

4. Hal yang cukup penting saat Anda ingin mengikuti lomba menulis, Anda harus menyesuaikan diri dengan apa yang dilombakan. Yang dimaksud menyesuaikan adalah, misal Anda seorang penulis cerita fiksi remaja dan ingin mengikuti lomba cerita anak, Anda tentu harus belajar bagaimana membuat cerita anak yang baik.

Bila Anda tidak mampu membuat tulisan sesuai materi yang dilombakan, mungkin Anda tidak perlu memaksakan diri dan lebih fokus pada keahlian Anda saja agar tak membuang-buang banyak waktu.

Hal ini memang harus diperhatikan dengan benar. Lakukan dengan cermat penelitian terhadap bagaimana kriteria dari hasil tulisan yang diinginkan di dalam lomba yang Anda ikuti. Lalu buatlah semaksimal mungin hasil tulisan yang paling baik dan sempurna sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak penyelenggara.

5. Anda tentu ingin menjadi juara saat mengikuti lomba menulis. Salah satu tips yang mudah dilakukan adalah intip saja karya-karya yang pernah menang di lomba serupa.

Misal ada lomba menulis tahunan yang diadakan oleh lembaga “A”. Anda bisa membaca seperti apa karya yang pernah menang di lomba menulis serupa yang diadakan tahun lalu.

Contoh lainnya misal ada sebuah majalah mengadakan lomba membuat cerita, dan ini baru pertama kali diadakan. Anda bisa mengintip cerita-cerita seperti apa yang sering muncul di majalah penyelenggara tersebut.

Hal ini adalah untuk memberikan referensi kepada Anda mengenai hasil tulisan seperti apa yang diinginkan dan memenuhi prasyarat untuk memenangkan lomba menulis.

Setelahnya, buatla tulisan dengan gaya Anda sendiri dengan menghindarkan sejauh mungkin dari keinginan atau kesempatan bagi diri Anda untuk sampai menjiplak atau meniru hasil tulisan yang telah dimenangkan pada lomba menulis sebelumnya. Karena hal ini hanya akan membuat Anda menjadi pecundang saja. buatkan tulisan dengan semaksimal mungkin menggunakan gaya bahasa Anda sendiri.

Cara-cara di atas akan cukup memberi wawasan dan peluang Anda untuk menang juga akan semakin besar. Selain memang hal utama yang sangat menentukan kemampuan Anda menulis adalah kesinambungan proses yang Anda lakukan dalam menulis. Karena dengan terus dan terus menulis, akan semakin mengasah kemampuan Anda dalam menulis itu sendiri.

Manfaat Mengikuti Lomba Penulisan

Mengikuti lomba menulis tentunya Anda lakukan bukan tanpa sebuah tujuan yang Anda ingin raih. Selain itu, juga akan ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda raih ketika mengikuti lomba menulis ini. berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika mengikuti lomba menulis ini.

1. Anda akan terlatih disiplin. Saat mengikuti lomba menulis, Anda akan mematuhi berbagai aturan lomba, seperti syarat penulisan maupun deadline pengiriman materi lomba.

Karena memang akan ditentukan waktu atau jangka waktu pengumpulan atau pengirimkan dari hasil tulisan Anda. Untuk itu, Anda akan ditanamkan secara tidak langsung untuk mengikuti jadwal yang ditentukan dari pihak panitia lomba.

2. Selain disiplin, mengikuti lomba menulis akan melatih mental Anda menjadi lebih kuat dalam bergelut di sebuah persaingan. Merasakan menang dan kalah berkali-kali atau bahkan gagal puluhan kali, akan menempa mental Anda agar tidak lemah saat bersaing.

Hal ini juga akan memberikan dampak yang sangat baik dalam kebiasaan Anda dalam menulis. Dengan banyak mengikuti lomba menulis maka akan membuat Anda semakin sering untuk menulis. Dan ini akan semakin mengasah kemampuan Anda dalam menulis itu sendiri. Dan hal ini akan sangat memberikan dampak yang sangat baik akan diri Anda sendiri.

Semakin anda menulis maka Anda dapat menemukan gaya Anda sendiri. Lalu Andapun akan mampu untuk mencermati kesalahan atau kekurangan dari hasil tulisan Anda sehingga dapat dilakukan pembenahan.

3. Dengan mengikuti lomba menulis, akan membuat Anda sadar bahwa banyak sekali orang dengan profesi atau hobi yang sama dengan Anda. Tak hanya itu, Anda pun akan tahu bahwa mungkin masih banyak karya yang lebih baik dari Anda, sehingga hal ini akan membuat Anda lebih banyak belajar tentang sebuah karya tulis.

4. Selain menambah kemampuan pada diri sendiri dalam hal disiplin, mental dan meningkatkan kemampuan menulis, Anda tentu akan punya kesempatan untuk lebih mengenal penulis lain atau bahkan berkenalan dengan penulis ternama.

Tidak menutup kemungkinan akan ada penerbit atau penulis terkenal yang tertarik dengan tulisan Anda dan mengajak Anda untuk bekerja sama. Hal ini tentu sangat langka, bukan?

Itulah beberapa tips dan manfaat yang bisa Anda dapatkan bila Anda mengikuti suatu lomba penulisan. Jadi, saat ada lomba di depan mata, jangan lagi Anda lewatkan!

Speak Your Mind

*