Tips Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ilustrasi makanan sehat untuk ibu hamilKehamilan merupakan periode yang cukup sensitif dalam mempersiapkan kehadiran seorang bayi. Banyak peristiwa besar akan terjadi selama masa kehamilan. Karena itu seorang ibu harus menjaga kesehatannya, baik menyangkut fisik maupun mental. Khususnya lagi menyangkut pertumbuhan dan perkembangan janin melalui asupan yang baik.

Dibandingkan umumnya wanita, ibu hamil membutuhkan makanan yang jauh lebih banyak dan lebih bergizi. Karena selain untuk menjaga tubuh dan kesehatannya, asupan makanan yang diperolehnya juga untuk janin yang ada dalam perutnya. Untuk itu, makanan sehat untuk ibu hamil harus betul-betul dipersiapkan agar calon bayinya lahir dengan selamat dan sehat, serta proses persalinannya dapat berjalan lancar.

Dalam membuat menu makanan sehat untuk ibu hamil, perlu diatur agar frekuensi makannya terjadwal antara makan berat dan makanan tambahan. Pengaturan ini penting agar bukan hanya unsur gizinya yang diperhatikan namun juga jumlah atau volume makanannya.

Yang juga tak kalah pentingnya adalah faktor kebersihan makanan. Usahakan membuat sendiri menu makanan sehat untuk ibu hamil, dan hindari makanan dalam bentuk kemasan atau olahan. Selain itu juga harus dipahami pentingnya sejumlah unsur gizi untuk mendukung kondisinya tersebut.

Ibu hamil membutuhkan asupan yang mengandung banyak karbohidrat untuk menyuplai kebutuhan energinya yang meningkat. Konsumsi asupan ini mesti lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Karena itu ibu hamil setidaknya makan tiga kali sehari, dengan jumlah nasi yang cukup.

Zat pembangun dibutuhkan ibu hamil untuk membantu proses pembentukan sel dan jaringan tubuh maupun sel darah, khususnya untuk janin. Zat ini dipenuhi melalui konsumsi daging, susu, dan kacang-kacang yang mengandung banyak protein.

Ibu hamil juga membutuhkan banyak vitamin dan mineral, khususnya dalam membantu pertumbuhan janin. Beberapa unsur yang sangat dibutuhkan diantaranya asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin A, C, dan B kompleks. Vitamin B kompleks dan asam folat penting bagi pembentuk sel-sel syaraf janin, sedangkan zat besi penting untuk mencegah anemia.

Kalsium berguna untuk membantu pembentukan tulang dan pertumbuhan janin. Begitu juga manfaat vitamin lainnya terutama untuk membantu pembentukan sel syaraf dan pertumbuhan sel-sel tubuh janin. Mineral dan vitamin banyak terdapat dalam buah dan sayuran segar. Karena itu makanan ini harus banyak diberikan untuk ibu hamil.

Makanan Kehamilan untuk Perkembangan Otak Janin

Seiring dengan perubahan emosional dan fisiologis berbagai kehamilan membawa perubahan cukup besar dalam nutrisi wanita hamil. Karena mereka memakan untuk konsumsi dua orang, makan makanan yang sehat harus menjadi perhatian utama bagi semua calon ibu. Menurut beberapa penelitian, memiliki nutrisi, nutrisi sehat kaya dan meningkatkan jumlah makanan tertentu dalam nutrisi kehamilan telah menunjukkan banyak efek positif pada perkembangan janin yang sehat.

Omega 3 asam lemak, misalnya, merupakan salah satu asam lemak yang paling penting sehubungan dengan perkembangan otak awal bayi yang belum lahir. Laporan juga mengklaim bahwa mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung berbagai nutrisi penting dapat mendorong perkembangan awal otak bayi.

Jadi, makanan yang macam apa yang baik untuk perkembangan otak pada kehamilan? Jika pertanyaan yang sama ada di pikiran Anda, maka biarkan saya memberitahu Anda bahwa makanan jenis ini adalah makanan yang kita konsumsi secara teratur.

Semua yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan jumlah asupannya dengan hati-hati dalam nutrisi kehamilan secara teratur, yang bermanfaat bagi perkembangan otak pada anak-anak yang belum lahir. Mari kita cari tahu lebih banyak tentang makanan ini.

Setiap orang menyadari pentingnya nutrisi sehat selama kehamilan. Adalah penting untuk memahami bahwa apa yang Anda makan dan cara Anda makan menentukan kesehatan dan kesejahteraan organ janin berkembang, terutama otak. Organ yang paling penting seperti jantung, otak, tangan, kaki, dll, mulai berkembang dari minggu ke-4 kehamilan.

Namun, perempuan harus mulai mengkonsumsi makanan sehat segera setelah mereka tahu tentang kehamilan mereka. Para ahli bahkan menganjurkan bahwa perempuan harus membuat perubahan pola makan yang tepat terlebih dahulu, ketika mencoba untuk hamil. Menurut para ahli, wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 300 kalori ekstra sehingga baik ibu dan bayi yang belum lahir bisa mendapatkan jumlah yang cukup dari energi.

Ada berbagai nutrisi di mana waninat hamil harus mengisi nutrisi harian mereka. Nutrisi ini diantaranya , asam lemak omega 3, asam Docosahexaenoic atau DHA, (yang merupakan salah satu dari 3 asam lemak esensial omega), protein, zat besi, asam folat, berbagai sumber alami antioksidan, karbohidrat kompleks, kolin, seng, kalsium, yodium , dll

Semua nutrisi ini banyak tersedia di alam dan karenanya ketimbang suplemen gizi, itu selalu penting untuk mengkonsumsi sumber sehat mereka alami. Berikut adalah makanan sehat bagi perkembangan otak selama kehamilan.

Hidangan laut

Karena semua dari kita menyadari bahwa, seafood, terutama ikan berlemak, merupakan sumber alam yang sangat baik dari asam lemak omega 3 dan asam lemak DHA. Karena tubuh manusia tidak menghasilkan DHA sendiri, dan mendapatkan kedua zat dari sumber alami yang tersedia sangat penting untuk perkembangan otak awal janin.

Beberapa jenis ikan terbaik yang aman di konsumsi wanita hamil mencakup Atlantic salmon, ikan cod Pasifik, tuna (hindari tuna kaleng putih). Dan pula ikan lainnya, seperti kepiting, ikan lele, gabus, udang dan nila.

Juga penting untuk menjauh dari semua ikan besar dan predator pemangsa segala, karena mereka mungkin mengandung merkuri dan banyak zat beracun lainnya yang sangat berbahaya bagi ibu dan bayi yang belum lahir. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas (6 oz per minggu). Penting juga untuk menghindari makan makanan laut mentah dan matang, yang membawa risiko keracunan makanan, seperti kebiasaan makan makanan Jepang yang mentah.

Sayur-sayuran

Tidak ada yang lebih sehat daripada sayuran segar, gelap, berdaun hijau. Sayuran ini kaya akan asam folat dan zat besi, yang keduanya sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Konsumsi sayuran berdaun hijau segar dan selama trimester pertama kehamilan sangat penting.

Trimester pertama adalah saat ketika otak bayi dan saraf mulai berkembang. Berbagai sayuran seperti bayam, semua jenis selada, collard hijau, kale, arugula, hijau dandelion, sawi, Swiss chard, dll, memperkuat tabung saraf dan mencegah bayi yang belum lahir dari berbagai cacat lahir seperti spina bifida. Seiring dengan asam folat, sayuran juga merupakan sumber yang kaya antioksidan, vitamin dan mineral.

Akibatnya, ibu hamil perlu mengkonsumsi sayuran dalam bentuk segar dan mentah tersebut sebanyak mungkin. Mereka bisa mengkonsumsi sayuran dengan jalan apapun, ditmis, di rujak, di gado gado, dsb.

Daging

Seiring dengan seafood, sumber makanan hewani lainnya seperti bagian daging tanpa lemak ayam, daging sapi kalkun, dan babi merupakan sumber yang kaya kalori, protein, dan seng. Ini adalah alasan mengapa daging adalah salah satu makanan penting selama kehamilan.

Menurut para ahli, wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya satu porsi daging tanpa lemak setiap hari. Daging seperti hati sapi juga merupakan sumber yang kaya atau kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak awal.

Namun, dalam olahan daging, selalu dianjurkan untuk melewatkan daging mentah, unggas mentah (kalkun atau ayam), deli, pate didinginkan, , dll, sebagai tindakan pencegahan untuk keracunan makanan selama kehamilan yang bisa berakibat fatal bagi Anda dan bayi. Nah, itulah makanan sehat untuk ibu hamil, mudah-mudahan bermanfaat.

Speak Your Mind

*