Tips Memenangkan Kontes SEO

Kontes SEO sepertinya menjadi keyword yang paling populer akhir-akhir ini di jagad dunia maya. Keyword yang paling sering digunakan pada mesin pencari, baik Google maupun Yahoo. Mengingat, akhir-akhir ini berbagai kontes, lomba, dan kompetisi SEO makin ramai di jagad internet Indonesia.

kontes seo

Menurut Joko Susilo, salah seorang praktisi internet marketing di Indonesia, perputaran uang melalui kontes SEO ini bisa mencapai ratusan juta rupiah dalam satu tahun. Angka ini akan cenderung meningkat setiap tahunnya. Mengingat semakin banyak pihak yang menyadari betapa dahsyatnya peran SEO dalam menyukseskan promosi online bisnis mereka.

Awal tahun ini saja, sudah banyak info kontes, kompetisi, dan lomba SEO yang bertebaran di dunia maya. Respon dari para blogger juga sangat luar biasa. Dalam satu kontes, pesertanya tidak pernah kurang dari angka ratusan.

Mengapa kontes ini sangat diminati? Tidak lain karena kontes ini memberikan keuntungan finansial dan moril yang seimbang antara penyelenggara dan peserta. Lihat saja, dampak dari kontes ini bisa mendongkrak promosi dan penjualan produk yang dijadikan sebagai sponser kontes.

Sementara bagi peserta, kontes SEO ini menjadi ajang bergengsi yang akan meningkatkan popularitas mereka sebagai blogger. Selain itu, hadiah yang dijanjikan juga sangat besar jauh di atas rata-rata hadiah lomba-lomba menulis lainnya di internet.

Mengenal SEO

Sebelum berbicara lebih jauh tentang konte SEO ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal SEO. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu teknik yang dilakukan agar situs, website atau halaman kita mudah ditemukan di mesin pencari. Dengan kata lain, SEO adalah kunci bagi seorang blogger atau onliner untuk memopulerkan website-nya.

Jadi, dalam online marketing memahami SEO adalah penting. Hal ini lah kemudian yang mendorong para marketer online dari berbagai perusahaan besar mengadakan berbagai kompetisi SEO untuk menyukseskan promosi bisnis mereka. Kompetisi-kompetisi seperti ini secara tidak langsung telah membantu memopulerkan website dan produk mereka di jagad online.

Tips Memenangkan Kontes SEO

Bagi Anda yang hobi online dan ngeblog tentunya kontes SEO bukan sesuatu yang asing lagi. Bahkan, mungkin Anda adalah salah satu blogger yang hobi mengikuti kompetisi seperti ini. Ya, mengikuti berbagai kompetisi online sangat menyenangkan. Selain iseng-iseng berhadiah, kompetisi ini juga akan menambah pengetahuan dan kemahiran kita dalam dunia menulis, SEO dan blog.

Sebelum membahas tips ada baiknya kita simak beberapa keuntungan mengikuti kontes, lomba atau kompetisi SEO ini:

  1. Menguji kemampuan Anda dalam menulis artikel berbasis SEO.
  2. Melatih kemampuan me-review sebuah produk dengan artikel SEO. Biasanya kompetisi seperti ini selalu dikaitkan dengan produk yang dipromosikan oleh penyelenggara atau sponsor kontes.
  3. Meningkatkan rating blog atau situs Anda.
  4. Berpeluang mendapatkan reward dan hadiah yang jauh lebih besar dari pada kompetisi menulis pada umumnya.
  5. Status Anda sebagai seorang blogger akan semakin diakui di jagad online.

Baik, sekarang kita masuk pada tips memenangkan kontes SEO. Tips ini disadur dari berbagai sumber terutama dari tulisan para pakar dan praktisi SEO. Berikut ini tips-tips cerdas yang mereka tawarkan.

1. Pelajari, Pahami, dan Patuhi Aturan Kontes

Memahami dan mematuhi aturan kontes adalah hal terpenting memenangkan kontes ini. Namun terkadang, para blogger banyak yang tidak memperhatikan aturan kontes. Jadi, beberapa ketentuan yang harus diikuti terlewatkan, apa yang harus dihindari malah dilakukan  dan hal ini justru berakibat mereka berguguran sebelum masuk ke tahap penilaian.

2. Pelajari Kekuatan Anda Sendiri

Pelajari kembali seberapa kuat kemampuan Anda dalam menulis artikel SEO. Jika masih lemah, segera perkuat dengan belajar dengan pakarnya, atau mengikuti berbagai kursus SEO online yang banyak terdapat di dunia maya, seperti www.asianbrain.com yang didirikan oleh Anne Ahira.

Selain itu, pelajari juga seberapa kekuatan aset virtual Anda. Berapa banyak blog atau website yang Anda miliki. Dengan mempelajari kekuatan diri di dunia SEO anda jadi mengerti apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dikuatkan untuk memenangkan kontes ini.

3. Tulis Artikel SEO yang Berkualitas

Artikel SEO memang sangat berorientasi pada keyword yang tersebar secara merata. Namun, ingat kualitas artikel juga menjadi bagian dari penilaian. Artikel yang berkualitas juga akan ikut memperbanyak pihak untuk mempromosikan backlink artikel Anda secara sukarela. Karenanya, jangan sekali-kali meremehkan kualitas tulisan.

4. Atur Strategi

Mengikuti kompetisi atau kontes itu ibarat mengikuti peperangan. Jadi, untuk menang, Anda harus mempunyai strategi yang jelas. Miliki strategi untuk memenangkan kontes di awal, di tengah dan di akhir kontes. Jika ternyata dipertengahan jalan Anda menemukan bahwa stategi Anda kurang ampuh, segera ubah stategi Anda.

5. Pelajari Kekuatan Lawan

Ya, mengikuti kontes tidak ubahnya terjun di medan peperangan. Selain harus mengetahui kekuatan diri sendiri, Anda juga perlu mengetahui kekuatan lawan. Anda harus mengetahui siapa lawan Anda? Bagaimana strategi yang mereka gunakan. Dengan mengetahui kekuatan lawan, Anda akan mengetahui bagaimana cara ampuh untuk mengalahkan mereka dalam kontes ini.

6. Punya Aset Virtual? Kembangkan!

Aset virtual adalah modal Anda dalam kontes ini. Jika Anda memiliki beberapa blog, web, akun facebook, twitter, ym bahkan email manfaatkan semua itu untuk mendukung Anda dalam kompetisi ini. Tentunya tetap dengan memperhatikan aturan yang berlaku. Satu hal yang harus diperhatikan, tetap menjaga etika dalam berkompetisi.

7. Perluas Relasi

Punya banyak teman? Nah ini merupakan potensi besar yang bisa Anda galang untuk memenangkan kontes SEO. Ajak teman-teman Anda untuk mendukung Anda dalam kompetisi ini. Karena itu, rajin-rajinlah memperluas relasi. Karena memiliki teman yang banyak dan relasi yang luas tidak akan pernah rugi.

8. Segeralah Action

Kunci dari semua ini adalah action. Enam tips di atas dan bahkan ditambah dengan ribuan tips lainnya tidak akan ada artinya jika Anda tidak segera actionAction lah yang akan menentukan Anda layak jadi pemenang atau tidak?

Trik Backlink

Konon kabarnya, 80% penentu kemenangan kontes SEO terletak pada trik ini. Oleh karena itu, pada bagian akhir dari tulisan ini sengaja mengagkat tips ini secara khusus. Berikut ini beberapa trik backlink yang bisa dilakukan secara bertahap:

  1. Anda punya akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google +, dan sejenisnya, kan? Nah, mulailah menyebar url backlink Anda di akun-akun tersebut. Namun ingat, tetap menjaga etika dalam sosial media. Jangan sekali-kali melakukan SPAM karena hal itu hanya akan memperburuk citra Anda di sosial media.
  2. Sebarkan backlink url artikel Anda melalui social bookmarking.
  3. Ping url artikel yang Anda ikutkan dalam kontes di pinguat dot com, langkah ini juga bisa mendukung menguatkan rating halaman Anda di search engine.
  4. Perhatikan halaman artikel blog Anda yang paling ramai dikunjungi. Nah, Anda bisa menyisipkan backlink artikel yang sedang Anda ikutkan kontes pada halaman tersebut.

Temukan tips dan trik lainnya terkait SEO dan kontesnya yang banyak bertebaran di internet. Jika Anda ingin lebih memperdalam ilmu tentang SEO, bagaimana memenangkan kontes SEO dan internet marketing, Anda bisa mengikuti kursus online di www.asianbrain.com.

Speak Your Mind

*