Tips Memilih Buku Bacaan

Ilustrasi buku bacaanSetiap hari mungkin Anda dihadapkan dengan buku bacaan yang beragam. Mulai buku bacaan yang berkaitan dengan hobi, pekerjaan, ataupun hiburan. Terkadang kita bingung mana buku yang sebaiknya kita baca, sementara waktu luang yang Anda miliki tidak banyak.

Nah, berikut ini ada beberapa tips memilih buku bacaan yang tepat  untuk mengisi waktu senggang Anda yang singkat.

  1. Sesuaikan kebutuhan. Bacalah buku-buku yang menuntut perhatian segera. Misalnya, buku yang berkaitan dengan masalah yang tengah Anda hadapi atau buku yang berhubungan dengan upaya meningkatkan kinerja Anda di kantor.
  2. Pilih yang menarik minat Anda. Tentu, tidak semua buku bacaan bisa menarik untuk dibaca menurut versi Anda. Oleh karena itu, agar Anda bergairah ketika membacanya, pilihlah buku yang menarik dari segi tema dan penulisan. Buku teks mungkin akan membuat Anda jenuh, Anda bisa menggantinya dengan buku lain yang lebih segar dari segi penulisan namun tetap mengandung unsur pengetahuan yang sama.
  3. Baca buku yang kaya akan pengetahuan baru. Anda bisa memperoleh informasinya dari sinopsis yang terdapat di bagian cover belakang, atau dengan membaca resensi. Buku yang kaya akan pengetahuan baru tentu akan menambah wawasan Anda baik berkenaan dengan profesi maupun hobi yang sedang Anda tekuni saat ini.
  4. Up date informasi buku best seller. Usahakan Anda tidak ketinggalan informasi buku best seller tiap bulannya, misal di TB Gramedia atau Amazon.com. paling tidak Anda pernah membaca sinopsis buku-buku tersebut.
  5. Baca buku yang sedang ramai dibicarakan. Pastikan Anda mengetahui buku-buku bacaan apa saja yang saat ini sedang hangat diperbincangkan. Anda bisa memperoleh informasinya dari milis-milis yang berkaitan dengan buku dan dunia literasi. Ini akan sangat membantu jika suatu saat teman Anda mengajak Anda mendiskusikan buku-buku tersebut.

Cerdas Memilih Buku Bacaan

Kita  sebagai pembaca pun diharapkan menjadi pembaca yang cerdas yang tidak sembarangan melahap buku bacaan yang ada. Berhati-hati dalam memilih buku merupakan kunci terpenting bagi kita agar kita tidak terjebak dalam alur pemikiran-pemikiran yang salah.

Contoh yang tidak asing lagi saat ini, yakni pemikiran kaum liberal yang menyusupkan konsep pikiran-pikiran yang mereka ciptakan untuk merusak akidah melalui buku bernuansa Islami yang mereka poles dengan sedemikian rupa agar terlihat menarik. Sedikit tips untuk memilih bacaan, yaitu sebagai berikut.

  • Pilihlah jenis buku yang sesuai dengan pemahaman kita saat ini. Jika kita senang dengan novel, maka pilihlah novel sebagai bahan bacaan kita.
  • Setelah kita menemukan jenis buku yang sesuai dengan kita saat ini, maka diharapkan kita membeli buku jenis-jenis tersebut yang berbobot. Cara mengetahui buku itu berbobot atau tidak, bisa kita lihat dari beberapa faktor luar, seperti penulisnya siapa, apa judul bukunya, dan referensi yang ada di bagian belakang buku.

Jika kita sudah selesai membaca buku, biasakan menelaah isi buku tersebut. Jangan menerima mentah-mentah apa yang disajiikan oleh buku, kaji ulang kebenaran yang ada di dalamnya.

Misalnya, mencari latar belakang penulisnya, kebenaran kutipan-kutipan yang dipakai, dll. Hal ini dimaksudkan agar kita menjadi pembaca yang kritis dan tidak terbawa arus ke dalam pola pikir yang salah.

Ketika kita mulai terbiasa untuk membaca buku, maka tidak mustahil lama-kelamaan kualitas bacaan kita pun pasti meningkat. Seperti ketika saat ini kita hanya memilih novel untuk menjadi bacaan yang kita baca, maka tidak menutup kemungkinan ke depannya kita akan sedikit-sedikit menyukai buku-buku dengan pembahasan yang lebih mendalam lagi.

Banyak faktor yang membuat masyarakat Indonesia hobi membaca atau tidak. Faktor yang lebih menonjol adalah masalah keuangan. Harga buku yang dijual di Indonesia relatif mahal untuk kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Hal tersebut menjadikan masyarakat malas untuk membaca buku karena untuk membaca buku harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Untuk masyarakat ekonomi menengah ke atas mungkin hal tersebut dapat diatasi, sehingga sering kita lihat mereka mengunjungi toko-toko buku. Akan tetapi, hal tersebut masih bisa diatasi dengan disediakannya perpustakaan, sehingga masyarakat yang tidak mampu membeli buku dapat meminjam buku di perpustakaan.

Nah, persoalan lainnya adalah apakah perpustakaan tersebut menyediakan buku-buku yang dibutuhkan oleh masyarakat. Perpustakaan yang memiliki koleksi buku yang cukup lengkap, sekarang ini masih sedikit pengunjungnya. Berarti dikembalikan lagi kepada masyarakat itu sendiri.

Padahal buku itu sendiri sangat penting untuk menambah wawasan. Buku-buku yang bermuatan pendidikan, yaitu buku-buku pelajaran, mudah didapatkan dan murah, apa lagi sekarang pemerintah banyak memberikan bantuan buku pelajaran.

Untuk buku umum, selain buku pelajaran, bantuan dari pemerintah masih jarang, sehingga masyarakat harus membelinya. Padahal buku umum sangat besar manfaatnya untuk mencerdaskan bangsa Indonesia

Buku Bacaan yang Wajib Punya untuk Sukses

Untuk pergi berperang, Anda memerlukan senjata, dan saat pergi jauh Anda memerlukan bensin. Demikian pula dengan buku-buku berikut ini. Mereka adalah bekal yang bakal Anda butuhkan untuk mencapai sukses.

1. Mind Map – Tony Buzan

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: belajar lebih cerdik, bukan lebih keras dari orang lain. Konsep mind map membantu Anda untuk menghapal dan mengingat banyak hal dalam waktu singkat, juga membentuk pola pikir yang terstruktur rapi di benak Anda.

2. 7 Habits of Highly Effective People – Stephen Covey

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: bersikap proaktif dan mengambil keputusan positif pada situasi apa pun, mencari win-win solution dalam sebuah konflik, membangun kebiasaan baik dan karakter untuk sukses, baik secara pribadi maupun publik. Yang unik, buku ini juga menekankan pentingnya istirahat di tengah usaha Anda.

3. Rich Dad, Poor Dad – Robert Kiyosaki

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: mengelola keuangan secara cerdas, tidak terjebak dalam kondisi finansial yang statis sebagai karyawan, bagaimana cara mencapai kebebasan finansial.

4. How to Find Friends and Influence People – Dale Carnegie

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: bersikap luwes dalam pergaulan, menjadi pribadi yang populer alias mudah disukai, bahkan oleh orang yang baru bertemu. Sifat positif ini juga dapat dibawa menjadi alat persuasi yang efektif.

5. Who Moved My Cheese? – Spencer Johnson

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: beradaptasi di tengah perubahan yang tidak menyenangkan, melihat situasi krisis dengan kacamata positif, dan belajar bertahan menghadapi semuanya. Disajikan dengan ilustrasi sederhana dan sangat enak dibaca.

6. Emotional Intelligence – Daniel Goleman

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: memahami faktor emosi, yang dalam hidup ternyata jauh lebih penting dan lebih memengaruhi kesuksesan seseorang dibanding faktor IQ semata. Buku ini memberitahu Anda cara mengelola emosi yang sehat.

7. The Secret – Rhonda Byrne

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: daya juang untuk memperoleh apa yang Anda inginkan, mempertahankan tekad yang kuat, dengan prinsip law of attraction.

8. The Power of Positive Thinking – Norman Vincent Peale

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: berpikir positif di tengah situasi apa pun, menjadi pribadi yang positif dan memberi dampak pada lingkungan.

9. The Tipping Point –Malcolm Gladwell

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: melihat kesuksesan dari berbagai faktor yang sebelumnya tidak diperhatikan orang.

10. How to Talk to Anyone, Anytime, Anywhere – Larry King

Buku ini akan melengkapi Anda dengan kemampuan: melakukan persuasi, meyakinkan orang, menjadi pembicara yang andal untuk situasi apa pun, berkomunikasi dengan berbagai karakter manusia, mencairkan suasana.

Hampir di semua buku bacaan kunci sukses tak pernah lepas membahas dua hal terpenting ini. Yaitu, mesti memiliki sikap suka memberi dan suka berbagi. Suka memberi maksudnya, suka berbagi rezeki yang dimiliki. Jika mendapatkan keuntungan, tak lupa memberikan sebagian kecil yang dimilikinya kepada orang lain.

Sedangkan suka berbagi maksudnya, jika memiliki ilmu atau mengetahui tentang sesuatu yang dikerjakan orang lain, maka ia tak pelit untuk membagikan ilmunya agar orang lain bisa cepat menyelesaikan urusannya.

Demikianlah, jika Anda sudah tahu judul buku apa saja yang harus Anda baca, letakkanlah buku-buku tersebut di tempat yang terjangkau. Anda bisa meletakkan satu buku bacaan di meja makan, mungkin sambil menunggu anggota keluarga Anda berkumpul. Anda juga bisa meletakkannya dalam tas kerja, mobil, meja kerja, atau kamar mandi.

Speak Your Mind

*