Tips Memilih dan Menyimpan Gelas Anggur

Ilustrasi gelas anggurPara pecinta minuman anggur tentu tak asing lagi dengan Gelas Anggur karena jenis minuman anggur beragam, jenis gelas penyajinya pun bervariasi.

Ada gelas anggur khusus untuk minuman anggur merah, ada gelas anggur khusus untuk minuman anggur putih, dan lain-lain. Nah, dengan banyaknya jenis ini, bagaimana caranya memilih gelas anggur yang tepat?

Segelas anggur adalah ciri khas rasa halus dan elegan dengan anggur yang disajikan oleh tuan rumah. Secara drastis dapat mempengaruhi persepsi Anda minum atau rasanya. Anggur yang baik dapat dibedakan dari yang lain dengan, bau mereka melihat rasa, dan aduk.

Semua fitur ini ditambah dengan penggunaan yang tepat dari gelas anggur. Anggur yang berbeda yang dinikmati terbaik ketika mereka disajikan dalam jenis tertentu gelas.

Komponen dalam Gelas Anggur

Ada tiga komponen khas dari sebuah gelas anggur: dasar, yang mendukung seluruh tubuh dan mempertahankan kejujuran nya, batang, di mana Anda memegang gelas anggur (tanpa mentransfer panas dari tubuh untuk anggur atau meninggalkan tanda pada permukaannya yang dapat mempengaruhi penampilan anggur itu), dan tubuh, yang pada dasarnya mempertahankan rasa nyata dari minuman.

Semua gelas anggur didesain untuk mengarahkan aliran anggur ke bagian mulut, di mana rasanya akan sangat dihargai. Desain untuk semua kacamata sedikit meruncing ke arah atas dan lebih luas di bagian bawah. Bentuk ini membantu untuk mengarahkan aroma anggur dan rasa terhadap hidung dan mulut masing-masing.

Jenis Gelas Anggur

Secara global, ada empat jenis umum dari gelas anggur yang digunakan, meskipun norma mungkin berbeda dalam kasus-kasus tertentu.

  1. Gelas anggur merah: Hal ini lebih lengkap dan lebih bulat dalam bentuk daripada jenis lain dari gelas anggur. Tipe ini ditandai dengan batang lebih pendek karena kebanyakan orang cenderung untuk memegang mangkuk sambil minum. Anggur merah tidak bisa dipengaruhi oleh panas tubuh dengan mudah.
  2. Bordeaux glass: Ini adalah gelas tinggi dengan mangkuk yang luas dirancang untuk penuh anggur merah bertubuh seperti Cabernet dan Merlot. Seperti kaca yang tinggi, anggur diarahkan ke bagian belakang mulut untuk rasa maksimal.
  3. Burgundy: Dalam kasus ini, mangkuk lebih besar untuk mengumpulkan aroma anggur halus seperti Pinot Noir. Bentuk ini memungkinkan anggur untuk berbaris menuju ujung lidah, di mana manis yang menikmati yang terbaik.
  4. Gelas anggur putih: gelas anggur yang ramping dan memiliki batang yang panjang. Hal ini lebih berbentuk U sehingga aroma yang efisien dan anggur tetap dingin untuk waktu yang lama. Bentuk ramping menjamin kontak tubuh kurang dengan kaca, seperti anggur putih lebih sensitif terhadap perubahan suhu. Bibir ini dirancang untuk mengarahkan aliran ke sisi dan bagian depan mulut untuk menikmati manisnya anggur putih.

Namun, ada banyak varian dari gelas anggur putih, tergantung pada apakah anggur segar dan muda atau dewasa dan lebih lengkap.

  1. Gelas anggur bersoda: Jenis gelas anggur yang sebagian besar mirip dengan yang digunakan untuk anggur putih, dengan satu-satunya perbedaan menonjol memiliki mangkuk sedikit memanjang. Bentuknya membantu dalam menuangkan minuman tanpa kehilangan karbonasi yang unik. Batang panjang dan fitur sempit mencegah panas dari melarikan diri karena kontak tubuh, sementara rasa seperti dalam kasus anggur putih dipertahankan.
  2. gelas anggur untuk Makanan penutup: Hal ini juga dikenal sebagai kaca minuman digunakan untuk melayani port, sherry, minuman, penembak pendek dan aperitifs. Gelas memiliki bentuk 120ml standar, yang merupakan ukuran yang lebih kecil sehingga anggur adalah ditiadakan ke bagian belakang rongga mulut dan manisnya tidak membanjiri peminum.

Selain jenis yang disebutkan di atas, gelas anggur juga diklasifikasikan berdasarkan desain mereka. Meskipun ini adalah tren baru-baru ini, penggunaan sebagian besar adalah cepat menyusul di seluruh dunia.

  1. Gelas anggur kristal: Desain kristal adalah jenis yang paling umum dari gelas anggur yang telah digunakan selama bertahun-tahun. Pemeliharaan dan desain tidak masalah karena ini sudah tersedia di pasar. Gelas anggur kristal dapat terukir atau dibuat stemless tergantung pada pilihan pengguna.
  2. Gelas anggur Ukiran: ini kaca berukir dapat memiliki desain yang berbeda disesuaikan. The etsa mendalam memberi daya tarik tersendiri untuk gelas anggur.
  3. Gelas anggur stemless: Seperti namanya, batang normal pada kaca tidak ada dalam jenis. Ini kaca anggur bulat dan berbentuk seperti tumbler. Umumnya, ini gelas anggur akan memiliki dasar datar dan sedikit lebih tebal dibandingkan dengan gelas anggur lainnya.

Tipe lain baru adalah es kaca yang terbuat dari cetakan yang ditempatkan di dalam freezer. Ini es kaca digunakan untuk melayani anggur putih dan membuat nilai tambah bagi pengaturan bar. Hal ini juga dapat digunakan untuk melayani es anggur (anggur penutup) yang rasanya terbaik ketika disajikan dingin.

Tips Memilih Gelas Anggur

  • Pilihlah gelas anggur yang bening dengan desain sederhana. Gelas anggur yang terbuat dari kaca berwarna atau dihiasi ukiran akan mengurangi keindahan warna minuman anggur di dalamnya.
  • Kenali jenis-jenis gelas anggur. Gelas khusus untuk minuman anggur merah umumnya memiliki bibir gelas lebar. Hal ini dikarenakan minuman anggur merah terkenal dengan citarasa aromanya. Sementara gelas khusus untuk minuman anggur putih umumnya memiliki bibir gelas sempit dan dirancang sedemikian rupa agar minuman anggur putih di dalamnya tetap dingin.
  • Sesuaikan dengan anggaran Anda. Beragam gelas anggur hadir dengan aneka kisaran harga. Gelas anggur bermerek mahal umumnya terbuat dari kristal yang halus. Namun bukan berarti gelas anggur yang lebih murah tak mampu menyajikan nikmatnya anggur di bibir dan lidah Anda, kan?
  • Sesuaikan dengan jenis minuman anggur yang Anda miliki. Minuman anggur putih akan makin nikmat jika disesap dengan menggunakan gelas khusus untuk anggur putih, demikian juga dengan minuman anggur merah.
  • Jika Anda seorang kolektor gelas anggur, pertimbangkanlah untuk memilih gelas khusus untuk minuman anggur pencuci mulut. Meski gelas anggur jenis ini umumnya berukuran mungil, namun sepadan untuk menambah koleksi gelas anggur Anda.
  • Jika Anda hanya sesekali minum minuman anggur, pilihan gelas anggur multifungsi mungkin cocok untuk Anda. Gelas anggur jenis ini bisa digunakan untuk minum minuman anggur merah maupun putih. Dewasa ini, telah banyak produsen gelas anggur yang memproduksi gelas jenis ini.

Tips Menyimpan Gelas Anggur

  • Siapkan rak khusus untuk gelas anggur. Akan lebih aman menyimpan gelas anggur Anda dalam rak atau lemari, ketimbang dalam kotak atau kardus biasa. Selain itu, kotak atau kardus juga mengandung aroma tertentu yang bisa terserap oleh gelas kristal, sehingga akan menganggu rasa minuman anggur yang tersaji di dalamnya. Oleh karena itu, siapkan rak atau lemari khusus dengan kaca bening, sehingga dapat sekaligus memamerkan koleksi gelas anggur Anda.
  • Sediakan ruang yang cukup untuk setiap gelas anggur.
  • Jangan pernah menyimpan gelas anggur dalam posisi terbalik—terutama jika gelas anggur Anda terbuat dari kristal halus. Simpanlah gelas anggur dalam posisi tegak, persis seperti saat ia digunakan. Dengan menyimpan dalam posisi tegak, akan mencegah timbulnya keretakan pada gelas anggur Anda.
  • Jangan menggunakan gelas anggur yang sama secara terus-menerus. Pindahkan gelas anggur yang telah Anda gunakan ke bagian belakang rak, lalu pilih gelas anggur lainnya yang ada di barisan depan. Dengan melakukan rotasi semacam ini, gelas anggur Anda akan awet dan tahan lama.

Orang yang suka akan anggur berkualitas akan bersumpah demi dirinya sendiri untuk menggunakan gelas anggur yang tepat, tetapi bukanlah suatu keharusan. Yang penting adalah untuk menikmati anggur Anda sebaik yang Anda inginkan!

Bersulang!

 

Speak Your Mind

*