Tips Memilih Kolam Renang Untuk Keluarga

Ilustrasi kolam renang keluargaOlah raga renang merupakan olah raga yang sangat tepat untuk dinikmati bersama keluarga ketika liburan tiba. Selain menyehatkan dan dapat mendukung pertumbuhan anak – anak dengan baik, olah raga renang juga dapat menjadi hiburan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga serta meningkatkan kualitas kehangatan keluarga. Meski kegiatan olah raga renang dinikmati diĀ kolam renangĀ umum, keceriaan tersebut tidak akan hilang dari keluarga Anda.

Untuk membuat olah raga renang tersebut menjadi lebih menyenangkan lagi, Anda juga harus memperhatikan faktor – faktor keselamatan dengan baik sehingga kegiatan yang sangat menyenangkan tersebut tidak akan terusik oleh ketidaknyamanan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut;

Memilih Kolam Renang Umum

Kolam renang umum merupakan sebuah alternative objek wisata yang sangat popular dimanapun berada. Namun, meski kolam renang umum merupakan tujuan wisata favorit keluarga Anda, bukan berarti Anda harus memilih kolam renang apapun tanpa memperhatikan keselamatan. Hal – hal yang harus Anda perhatikan adalah;

1. Pastikan bahwa kolam renang umum tersebut mempunyai jaminan kualitas. Maksudnya, kolam renang umum tersebut memiliki jadwal perawatan yang baik serta kualitas fasilitas. Tentu saja fasilitas yang begitu diperhatikan baik di dalam maupun di luar kolam renang.

Kolam renang yang berkualitas pastinya akan selalu menjaga kualitas air kolam agar tetap bersih dan aman bagi pengunjung, memperhatikan keadaan keramik kolam renang sehingga tidak ada yang pecah dan membahayakan pengunjung, tidak licin, dan sebagainya tentang jaminan kualitas dan perawatan.

2. Pastikan bahwa kolam renang umum tersebut memiliki beberapa pilihan kolam renang sehingga para pengunjung dapat memilih yang paling tepat untuk anak – anak, dewasa dan juga remaja. Jika terdapat pilihan tersebut, maka akan memudahkan para pengunjung dalam melatih atau bahkan mengembangkan kemampuan berenangnya sesuai usia. Terlebih lagi para orang tua yang sedang melatih anak-anaknya dalam belajar berenang.

3. Tambahan fasilitas seperti seluncur, ban, pelampung, dan berbagai fasilitas menyenangkan lainnya dapat menjadi pertimbangan untuk memilih kolam renang umum tersebut. Alasannya yaitu sebagai tujuan wisata liburan agar keluarga Anda dapat merasakan hiburan disana. Ketika tambahan fasilitas untuk berenang ini maksimal, maka suasana wisata semakin mengasyikkan.

4. Restoran atau cafeteria juga bisa menjadi salah satu faktor penentu apakah sebuah objek wisata akan dipilih dan dikunjungi banyak orang atau tidak. Tentu saja hal ini menjadi perhatian para pengunjung terlebih lagi bagi mereka yang tidak membawa bekal banyak atau memang sengaja tidak membawanya. Restoran dengan beragam makanan mulai dari harga anak-anak hingga orang dewasa tentu akan menambah pemasukan tempat wisata renang tersebut. Jadi, saling memberikan keuntungan bagi para pengunjungnya.

Memilih Kolam Renang Pribadi

Memiliki kolam renang pribadi di sekitar rumah merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mencintai olah raga renang. Tentunya Anda harus membuat kolam renang yang memiliki kualitas bagi keluarga Anda. Selain itu, jangan lupa kolam untuk berenang tersebut harus aman serta dapat dinikmati dengan baik oleh seluruh anggota keluarga. Jika keluarga nyaman menggunakannya, tentu akan menambah semangat penghuni rumah berada di dalam rumah bersama keluarga meski tidak dalam kondisi berlibur di suatu tempat wisata.

Berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan ketika merencanakan kolam untuk renang pribadi.

1. Ukuran kedalaman kolam renang

Anda tentunya harus menyesuaikan pada seluruh anggota keluarga sehingga mereka dapat menikmati fasilitas tersebut. Misalnya untuk anak – anak yang harus di kedalaman sekitar setengah sampai satu meter. Hal ini menjadi bagian utama karena kedalaman kolam yang diatur tentu akan membantu suasana nyaman tercipta dengan baik.

Namun, Anda juga dapat membuat kolam yang lebih dalam di sisi lainnya sehingga orang – orang dewasa dapat juga menikmati berenang di kolam tersebut. Buatlah sekat pemisah atau sesuatu yang dapat menunjukkan bahwa kedalaman kolam berbeda sehingga tidak terjadi kecelakaan. Semoga hal utama yang harus diperhatikan ini tidak terlupakan begitu saja meski sementara para penghuninya orang dewasa.

Jika ukurannya beragam, maka pengguna kolam akan merasakan perbedaan untuk membantu kenyamanan. Jadi, mereka dapat bersantai di kolam dengan ukuran kedalaman yang biasa atau untuk ukuran anak-anak. Jadi, tidak selalu ukuran kolam yang digunakan untuk anak-anak tidak memberikan manfaat.

2. Ukuran luas dapat dipertimbangkan dengan luas lahan yang Anda miliki

Anda juga dapat membuat kolam renang dengan model yang cantik apabila lahan cukup luas. Semuanya harus memperhatikan luas lahan agar tidak terlalu minimalis atau maksimalis. Kolam yang direncanakan dengan pertimbangan luas lahan, tentu akan membantu kenyamanan para penggunanya jika kolam tersebut telah jadi.

3. Perhatikan tentang perawatan dengan baik

Hal ini penting diperhatikan karena kolam renang merupakan salah satu fasilitas dengan tingkat kesulitan perawatan yang tinggi. Jangan lupa untuk memperhatikan tentang sirkulasi air. Tujuannya yaitu agar air tetap bersih dan sehat. Selain itu, perhatikan juga pengurasan, pembersihan lumut dan sebagainya sehingga kolam renang tersebut dapat terus nyaman untuk berolah raga serta mendapatkan hiburan.

Jika berat melakukan hal itu sendiri, maka Anda dapat menyewa jasa bersih-bersih kolam tersebut. Jangan membiarkan kolam tanpa perawatan. Jika perawatan kurang baik, maka kolam tersebut akan menjadi sumber bibit penyakit bagi penggunanya. Pemilik rumah pun akan merasa tidak nyaman jika perawatan kolam tidak maksimal.

4. Penyediaan ruang ganti dan bilas

Ini akan menjadi ide yang bagus untuk membuat kolam tersebut lebih menyenangkan. Apalagi kolam dengan sarana ruang ganti dan bilas yang terawat juga dengan baik. Kolam dengan fasilitas tersebut akan menjadi kolam untuk berenang yang mengasyikkan dengan tanpa ada rasa khawatir untuk berbenah diri setelah berenang. Jangan menganggap ruang ganti dan bilas ini dapat digantikan dengan kamar mandi di dalam rumah. Ruangan rumah akan basah jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik. Sebaiknya letakkan di dekat kolam agar pengguna termasuk pemilik rumah merasa nyaman dengan kebersihan rumahnya.

5. Anda dapat mempertimbangkan pembangunan kolam renang tersebut di dalam atau di luar ruangan

Apabila Anda ingin memiliki pemandangan yang menarik dan indah selagi berenang, Anda dapat membangun kolam renang di luar ruangan dengan juga melengkapi fasilitas lain seperti taman dan pepohonan. Jika hal itu diwujudkan, maka kesegaran pemandangan sebelum masuk rumah akan member kesan baik. Adanya taman dan pepohonan pun semakin menambah segarnya suasana kolam dan rumah hunian.

Sebaliknya, jika Anda menginginkan waktu berenang setiap waktu tanpa membuat kulit Anda terbakar, membangun kolam renang di dalam ruangan adalah pilihan tepat. Jadi, silakan mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya agar ketika proses membangun kolam dilakukan, Anda tidak menyesal atau ingin merenovasinya. Tentu saja hal itu juga mempengaruhi dana pribadi Anda. Jika memang tidak ada masalah dana, maka berpikir secara tepat sebelum memutuskan membuat kolam tersebut adalah langkah yang baik.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda praktekkan jika ada keinginan untuk membuat kolam yang berfungsi sebagai hiburan sekaligus olahraga renang. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*