Tips Memilih Laptop Murah

Banyak orang yang telah merasakan manfaat dari sebuah laptop. Bagi Anda yang memiliki dana pas-pasan, membeli laptop murah tentu tidak ada salahnya.

Namun ada hal-hal yang harus Anda perhatikan supaya laptop yang Anda beli, walaupun murah dapat memenuhi berbagai kebutuhan yang Anda perlukan. Murah bukan berarti kualitas jelek. Laptop murah juga banyak yang punya kualitas maksimal.

Saat ini ada begitu banyak laptop murah yang bisa Anda pilih. Semua laptop tersebut memiliki kemampuan yang tidak berbeda jauh.

Fitur-fitur yang ditawarkan dan juga kemampuan yang dimiliki setiap laptop juga hampir berimbang. Anda pasti akan bingung untuk memilih laptop yang tepat. Tentu ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam menentukan laptop mana yang akan Anda beli.

Pertimbangan Sebelum Membeli Laptop

Sebelum Anda membeli sebuah laptop, ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Hal pertama adalah mengenai merek.

Merek lokal saat ini tidak kalah baiknya dengan berbagai merek laptop luar negeri. Laptop dengan merek seperti Axioo atau Zyrex, saat ini sudah bisa bersaing dengan laptop kelas dunia seperti Toshiba dan Fujitsu.

Mengenai harga, tentu dengan sejumlah uang yang sama, Anda bisa memperoleh laptop lokal dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Yang kedua yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop murah adalah layanan purna jual dari merek laptop tersebut.

Anda bisa mencari referensi di berbagai situs tentang layanan purna jual ini. Layanan purna jual kelihatan tidak terlalu penting. Namun saat Anda mengalami masalah dengan laptop murah yang sudah Anda beli, layanan purna jual dan penanganan garansi produk akan sangat penting sekali.

Hal lain yang juga tak kalah pentingnya adalah pertimbangkan antara kebutuhan dan spesifikasi laptop yang akan Anda beli. Walaupun membeli laptop murah, Anda harus tahu terlebih dahulu kemampuan laptop yang bersangkutan. Tentu harga murah sebanding dengan pemakaian laptop yang juga tidak terlalu berat, misalnya untuk desain grafis. Walau demikian, laptop murah juga bisa menawarkan berbagai fungsi utama sebuah laptop baik untuk bekerja maupun hiburan.

Beberapa Contoh Laptop Murah

Ada banyak merek laptop murah yang bisa Anda beli. Salah satu diantaranya adalah laptop mini atau yang sering disebut dengan netbook.

Tentu kemampuan yang bisa diberikan oleh netbook tidak sedasyat laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Namun sebagai keluarga laptop, netbook juga sudah bisa memenuhi berbagai kebutuhan Anda baik untuk kerja maupun hiburan.

Contoh laptop murah lainnya adalah laptop yang masih menggunakan prosesor Celeron atau Intel Dual Core. Anda bisa menemukan beberapa tipe laptop murah dengan prosesor tersebut. Ada juga beberapa laptop murah yang menggunakan prosesor merek AMD Athlon. Harga laptop ini di kisaran 3 jutaan.

Spesifikasi lain dari laptop murah yang ada di pasaran adalah memori dengan ukuran 1 GB, harddisk 250GB, layar 14 inci. Walaupun murah, laptop-laptop ini sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi, kartu jaringan dan kamera. Jadi secara fungsi, laptop ini bisa menyaingi laptop dengan spesifikasi tinggi. Tentu dengan kemampuan proses yang terbatas.

Laptop Murah Tapi Bukan Murahan

Laptop atau notebook adalah semacam komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Hal inilah yang menjadikan laptop sebagai sasaran utama untuk orang yang membutuhkan komputer tetapi dengan tingkat aktivitas yang tinggi. Laptop murah tentulah yang akan menjadi sasaran utama dan tentunya bukan yang murahan.

Barang yang satu ini memang telah bergeser tingkat kebutuhannya. Dulu yang merupakan barang skunder sekarang seolah-olah telah menjadi barang primer. Betapa tidak? Bagi sebagian orang, mereka tidak dapat hidup tanpa laptop atau computer. Hal ini karena pekerjaan mereka terikat erat dengan alat yang satu ini.

Perbandingan laptop dengan netbook dan computer desktop

Banyak orang sekarang lebih memilih untuk membeli laptop atau notebook ataupun netbook daripada computer desktop. Walaupun semuanya merupakan computer tetapi semua memiliki perbedaan di tingkat pemakaiannya. Perbedaan notebook atau laptop dengan netbook hanya terletak pada besar kecilnya serta teknologi yang digunakan.

Di dalam netbook, fasilitas yang diberikan sangatlah minim tetapi tidak memperngaruhi perfomanya sebagai komputer mobile. Sedangkan laptop memiliki berbagai macam fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan netbook. Ukurannya juga berbeda. Biasanya netbook memiliki ukuran yang lebih mini dibandingkan dengan notebook.

Kemudahan yang diberikan oleh laptoplah yang menjadikannya unggul. Selain beberapa fitur dan fasilitas yang lengkap laptop juga memiliki daya tahan yang lebih bagus dibandingkan dengan netbook. Jadi banyak orang masih memilih untuk membeli laptop dibandingkan dengan netbook.

Sekarang ini laptop bukanlah barang mewah lagi. Hampir setiap orang bisa menenteng teknologi yang satu ini. Anda juga bisa mendapatkan laptop dari yang harganya beberapa juta hingga puluhan juta rupiah. Bahkan tidak mungkin untuk membeli laptop murah dengan harga hanya ratusan ribu.

Jika kantong Anda sedang tipis, banyak laptop dengan harga ekonomis yang bisa dijadikan pilihan. Tentu,laptop murah yang kita incar harus tetap dengan performance yang baik. Boleh beli laptop murah, tapi jangan beli yang murahan.

Dalam membeli laptop, kebutuhan menjadi tolok ukur pertama. Jangan kita menghamburkan uang puluhan juta untuk membeli laptop canggih, tetapi hanya kita gunakan untuk mengetik, mendengar musik, menonton film, bermain game standard dan browsing internet. Jadilah konsumen yang cerdas dengan mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal yang perlu diperhatikan

Membeli barang memang bukanlah perkara yang mudah. Banyak orang yang kesulitan ketika melakukan aktivitas yang satu ini. Terutama bagi mereka yang memiliki kantong yang cekak alias kondisi keuangan yang pas-pasan.

Namun bagi mereka yang memang memiliki kondisi keuangan yang bagus membeli juga bukan merupakan hal yang mudah. Bisa jadi mereka membeli sesuatu tetapi tidak sesuai dengan keinginannya atau bahkan tidak mengetahui fungsinya. Akhirnya barang tersebut menjadi barang yang nganggur dan tidak memiliki nilai guna. Tentunya ini sangat tidak diinginkan karena termasuk memboros-boroskan uang.

Semua orang tentunya ingin yang terbaik untuk dirinya sendiri atau orang yang dicintainya. Termasuk dalam membeli barang, orang tentunya ingin membeli barang yang terbaik baginya. Tentunya kita tidak mau membeli barang yang memiliki kualitas yang buruk.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli laptop murah tapi bukan murahan adalah beberapa hal sebagai berikut.

1. Kondisi keuangan

Kondisi keuangan memang memiliki peran penting ketika hendak membeli sesuatu. Hendaklah membelanjakannya dengan bijak. Pengertian belanja dengan bijak maksudnya adalah membeli barang hanya sesuai dengan kebutuhannya saja. Jikalau bisa mendapatkan barang dengan kualitas bagus tetapi dengan harga yang murah.

Ketika hendak membeli laptop periksa dulu kondisi keuangan anda. Sesuaikan dengan kebutuhan anda jangan sampai anda membeli barang yang melampui kondisi keuangan anda. Bisa-bisa setelah membeli laptop anda malah tidak bisa membeli nasi.

Untuk mendapatkan laptop murah memang diperlukan sedikit perjuangan. Anda harus berani untuk tampil pede dan anti capek ketika mencari laptop murah. Memang tidak mudah mendapatkan barang bagus dengan harga murah. Untuk mendapatkannya diperlukan sedikit pengorbanan.

Anda harus berani keluar-masuk toko komputer untuk memperbandingkan harga. Perlu diingat bahwa barang yang dibandingkan adalah barang dengan merk yang sama dan perfoma yang sama pula. Jika sudah ketemu toko mana yang menjual laptop paling murah, silahkan anda menawar dengan bijak pula.

2. Kegunaan atau fungsinya

Perlu diketahui pula dalam membeli laptop disarankan sesuai dengan kebutuhan anda. Jika kebutuhan anda akan laptop tersebut hanya untuk hal-hal yang dasar seperti mengetik dan menyimpan data saja maka tidak perlu membeli laptop yang dengan spesifikasi tinggi. Cukup anda membeli yang biasa.

Laptop dengan speksifikasi yang tinggi tentunya memiliki harga yang mahal pula. Berbeda dengan laptop yang spesifikasinya biasa saja, sudah tentu harganya jauh lebih murah. Sehingga anda bisa menghemat lebih banyak uang yang bisa digunakan untuk hal yang lainnya.

Silahkan diteliti dulu kebutuhan untuk laptop yang akan digunakan barulah membelinya. Jika laptop yang ingin digunakan hanya untuk keperluan office saja maka tidak perlu membeli yang laptop dengan perfoma tinggi cukup beli yang sederhana saja. Tetapi jika kebutuhannya untuk design ataupun game maka sudah pasti membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

3. Garansi

Garansi juga merupakan faktor penting dalam membeli barang elektronik termasuk laptop. Barang baru atau bekas tentunya membutuhkan garansi ketika membelinya. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan kita akan umur atau berfungsinya barang tersebut ketika sudah sampai di tangan kita. Untuk itu diperlukan garansi sebagai jaminan atas barang tersebut.

Kadang barang yang baru kita beli di toko dengan status “baru” belum menjamin barang tersebut bisa langsung dipakai. Dalam suatu kasus pernah ada juga yang tidak bisa dipakai walaupun masih baru. Kemungkinan barang tersebut merupakan barang cacat yang belum lolos seleksi atau memang ulah dari para agennya demi meraih untung yang besar.

Dalam memilih garansi juga harus yang pintar. Anda harus bertanya apakah garansi yang diberikan pada laptop anda adalah garansi servis ataukah garansi replace. Tidak kalah penting juga adalah masa berlakunya garansi tersebut serta kondisi yang seperti apa garansi masih tetap berlaku.

Mungkin kita akan dianggap cerewet ketika terlalu banyak bertanya. Tetapi ini juga akan kembali ke kita. Dengan banyak bertanya kepada toko yang menjual laptop tersebut kita akan tahu seberapa jauh kualitas barang yang ditawarkan.

Jika kebutuhan Anda hanya sebatas hal-hal yang saya disebutkan di atas, mungkin beberapa laptop murah di bawah ini bisa menjadi pilihan:

  • ADVAN U3-23125

Advan dengan layar 13.3” merupakan laptop dengan harga ekonomis. Laptop ini dibrandol dengan harga sekitar 3.3 juta rupiah. Walau murah, spesifikasi yang dibawanya cukup mumpuni, yaitu dengan prosessor Intel, 1GB DDR3, 250GB Harddisk dan Camera.

  • BYON Alverstone M8141 S/S T4200 – 2G

Laptop merk Byon ini juga tidak kalah menariknya. Prosessor Intel Dual Core dengan memori 2GB DDR2 membuat performance laptop ini sangat baik. Laptop dengan ukuran layar 14.1” ini juga memiliki media penyimpanan yang besar, yaitu 320GB Harddisk. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan DVDRW, kartu jaringan, wifiBluetooth dan kamera. Harga pasaran laptop ini sekitar 3.6 juta rupiah.

  • LENOVO IdeaPad B450 521

Laptop lenovo bisa juga menjadi pilihan Anda. Laptop ini juga menggunakan prosessor Intel Dual Core dengan memori 1GB DDR2. Spesifikasi lainnya tidak berbeda jauh dengan laptop Byon Alverstone. Kelebihan dari laptop ini adalah sudah menggunakan baterai 6-cell yang pastinya akan tahan lebih lama tanpa listrik. Laptop ini dihargai sekitar 4.1 juta rupiah.

  • AXIOO Neon MNW.2.015 – Black

Kalau Anda cinta produk lokal, maka produk dari Axioo ini patut menjadi pilihan. Laptop ini sudah menggunakan prosessor Core2 Duo yang pastinya lebih cepat dibandingkan dengan prosessor Dual Core. Memori yang terpasang pada laptop ini sebesar 1GB DDR2. Untuk penyimpanan, laptop ini dilengkapi dengan 250GB Harddisk. Tak ketinggalan DVDRW, kartu jaringan, wifi dan kamera juga dibesut dalam laptop ini. Harganya murah meriah, yaitu sekitar 4.1 juta rupiah.

  • HP Presario CQ42-105TU – Black

Jika Anda merasa lebih tenang membeli produk luar negeri, merk HP bisa menjadi pilihan. HP Presario ini menggunakan prosessor Intel Dual Core, memori 1GB DDR3 dan 320GB Harddisk untuk media penyimpanan data. Laptop dengan layar 14.1” ini juga dilengkapi DVDRW, kartu jaringan, wifi dan kamera. Harga pasaran laptop ini cukup murah, yaitu di kisaran 4.5 juta rupiah.

Sudah banyak laptop murah yang bisa Anda jadikan pilihan. Harga tiap laptop rata-rata di kisaran 4 jutaan. Tapi jangan salah, walaupun harganya murah, deretan laptop ini memiliki performance yang tidak murahan.

Speak Your Mind

*