Tips Memilih Makanan Sehat Ibu Hamil

Ilustrasi makanan sehat ibu hamil
Saat hamil, Anda memerlukan tambahan zat gizi yang masuk ke dalam tubuh. Selain berguna untuk tubuh Anda pribadi, asupan gizi yang seimbang sangat mempengaruhi pembentukan organ-organ vital bagi si kecil. Gizi yang seimbang dapat diperoleh dari menu makanan yang sehat. Apa saja yang menjadi Makanan Sehat Ibu Hamil? Apakah makanan itu harus mahal dan harus makanan impor? Adakah makanan murah meriah namun mengandung banyak gizi?

Butuh Persiapan

Menjadi seorang ibu adalah dambaan bagi setiap wanita. Hamil, melahirkan, merawat, dan membesarkan anak merupakan hal yang wajib dilalui ketika Anda akan menjadi ibu. Ketika hamil, hal yang paling penting harus diperhatikan adalah asupan gizi berupa makanan sehat sang ibu. Sebenarnya, jauh sebelum kehamilan itu terjadi, seorang wanita harus mempersiapkan dirinya untuk hamil. Mulai dari pikiran, mental, jiwa, hingga kondiri fisik.

Pengetahuan tentang kehamilan juga harus diketahui. Bagaimana mempersiapkan diri untuk hamil? Pertama, pelajari dengan kehamilan dan permasalahan yang menyangkut kehamilan. Kedua, percaya dan yakin bahwa diri bisa hamil dengan sehat dan kuat. Ketiga, jiwa yang hebat dan keimanan yang mantap untuk beribadah. Kehamilan itu merupakan satu jihad yang luar biasa. Bila jiwa tercerahkan oleh keimanan dan tubuh dilimpahi oleh makanan yang bergizi, kehamilan itu akan sangat menyenangkan.

Banyak wanita yang tidak mau hamil karena berbagai alasan. Rasa cintanya kepada suaminya juga mempengaruhi keputusannya untuk hamil. Padahal bila ia mau hamil dengan ikhlas, maka ia akan merasa sangat bersyukur dan sangat beruntung. Ketika perasaan bahagia menyelimuti wanita hamil, ia akan menjaga kandungannya dengan sangat baik termasuk mempelajari makanan apa yang baik untuk dirinya dan calon bayinya. Ia tidak akan merokok atau dekat dengan para perokok.

Asupan makanan baik tetapi paru-paru penuh dengan asap rokok, maka makanan itu tidak ada gunanya. Lingkungan yang bersih dari polusi juga harus didapatkan. Bila perlu jangan keluar rumah dengan sepeda motor terlalu sering. Polusi ini bisa berakibat fatal pada kehamilan. Selain bisa menyebabkan keguguran juga bisa membuat bayi terlahir tidak normal atau bahkan bisa mengalami autisme dan gejala penyakit yang berkaitan dengan otak.

Wanita hamil yang tinggal dengan orang-orang yang paham kondisinya, pasti tidak akan merasa tertekan ketika hamil. Ia akan merasa bahagia karena ada orang-orang yang melindunginya. Ia akan rajin memeriksakan kandungannya dan ia tidak akan sunggan mengamati dan memberikan makanan yang terbaik bagi calon anaknya. Sang ibu juga akan mendengarkan nasihat dokter dengan saksama.

Makanan Sehat

Status gizi ibu sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Jika ibu menjaga asupan gizi dengan baik, maka janin akan tumbuh dengan sehat dan normal. Namun sebaliknya kurangnya asupan gizi pada ibu hamil akan menyebabkan bayi tidak tumbuh dengan sempurna.

1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat.
Karbohidrat merupakan sumber utama kalori bagi ibu dan janin. Zat ini bisa berasal dari nasi, roti, sereal, pasta, kentang, dan lain-lain.

2. Makanan yang mengandung protein tinggi.
Protein sangat penting karena berfungsi sebagai pembentuk jaringan baru bagi janin. Protein dapat diperoleh dari ikan, telur, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, kedelai), ayam, daging, susu dan hasil olahannya.

3. Makanan yang mengandung kalsium.
Kalsium penting untuk pembentukan tulang yang kuat. Sumber kalsium dapat diperoleh dari susu, keju, yoghurt, ikan teri, dan lain-lain.

4. Makanan mengandung vitamin dan mineral.

Sayuran dan buah-buahan paling banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, jenis makanan ini juga banyak mengandung serat, sehingga dapat membantu Anda mengatasi konstipasi selama masa kehamilan.

Menu Makanan Sehat Ibu yang sedang Hamil

Untuk mempermudah Anda dalam menjaga keseimbangan asupan gizi yang masuk, berikut adalah beberapa kombinasi menu makanan sehat bagi ibu hamil.

* Menu sarapan pagi : susu ibu hamil, nasi, telur ceplok, tempe goreng, tumis kacang panjang.

* Menu selingan pagi (sekitar jam 10.00) : satu mangkok bubur kacang hijau atau dua keeping biscuit crakelmeal.

* Menu makan siang hari : nasi, ikan bakar, sayur asam, tahu, jus mangga.

* Menu selingan sore hari (sekitar jam 16.00) : kolak pisang campur labu kuning.

* Menu makam malam : nasi, empal daging, tempe bacem, orak-arik wortel+kubis+toge, papaya.

Tips Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
1. Makan makanan yang dimasak atau matang, karena makanan mentah atau setengah matang dikhawatirkan mengandung bakteri yang membahayakan bagi janin.

2. Mengkonsumsi susu ibu hamil yang mengandung asam folat dan vitamin lainnya serta kalsium yang sangat dibutuhkan janin pada masa perkmebangannya.

3. Perbanyak minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari. Cairan sangat dibutuhkan dalam membentuk sel darah merah bagi bayi. Selain itu, cairan juga penting untuk mengatur suhu tubuh ibu hamil.

4. Ibu hamil idak dianjurkan melakukan diet, karena ini akan membahayakan kesehatan ibu dan janin.

5. Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi. Dan ingat jangan mengkonsumsi minuman beralkohol selama kehamilan karena berbahaya bagi Anda dan janin di dalam kandungan.

Pentingnya makanan sehat bagi  ibu hamil ini harus diketahui oleh semua orang. Bagi banyak perempuan, kehamilan merupakan masa yang membahagiakan. Kebahagiaan ini terasa semakin berlipat ganda jika ternyata kehadiran sang buah hati itu telah lama ditunggu-tunggu. Setelah dinyatakan positif hamil, ibu harus lebih memerhatikan pola hidupnya. Menerapkan gaya hidup sehat, menghindari stres, dan mengonsumsi makanan sehat bagi ibu hamil.

Pada prinsipnya, makanan sehat untuk ibu hamil sama dengan makanan sehat ibu tak hamil, yaitu gizi seimbang. Namun, ibu hamil harus menaruh perhatian khusus mengenai asupan makanan ini mengingat keberadaan si janin di dalam rahim dan adanya perubahan hormonal pada tubuh ibu. Perubahan hormonal ini selain membuat tubuh ibu hamil menjadi tidak nyaman (seperti rasa mual dan muntah yang dialami pada trimester pertama -bahkan ada yang berlanjut hingga trimester kedua) juga berpengaruh pada nafsu makan.

Pada masa mual-muntah ini, ibu hamil sering kehilangan selera makan. Lidah terasa pahit dan susah menelan makanan. Makanan yang sudah ditelan pun sering dimuntahkan lagi. Tak jarang ibu hamil mengalami hyperemesis (muntah berlebihan) yang tak hanya membahayakan kondisi fisik ibu namun juga akan berpengaruh pada kondisi janin yang sedang tumbuh di dalam rahim. Janin tak dapat tumbuh dengan sempurna jika tak mendapat asupan gizi yang baik.

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil juga harus diperhatikan. Kalaupun ingin sekali, hendaknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Makanan sehat untuk  ibu hamil harus mendapat prioritas. Tinggalkan makanan dan minuman berikut:

* Mengandung alkohol (seperti tape ketan, tape singkong/peuyeum, dan durian)
* Minuman bersoda
* Kopi
* Teh
* Daging yang tidak dimasak hingga matang

Ibu hamil yang memiliki penyakit maag juga sebaiknya menghindari makanan pedas dan asam agar tidak memicu produksi asam lambung berlebih yang dapat memperparah kondisi mual-muntah ini. Konsumsi garam dalam makanan sehat ibu hamil pun harus dibatasi, terutama bagi ibu yang diketahui mengidap hipertensi (tekanan darah tinggi). Dalam kondisi hamil, ibu akan mengalami kenaikan tekanan darah, pun pada ibu yang sebelum hamil memiliki tekanan darah rendah atau normal.

Untuk menimbulkan selera makan ibu agar dapat mengonsumsi makanan sehat ibu hamil, usahakan untuk memilih makanan yang segar seperti buah-buahan dan sup untuk menghilangkan rasa mual. Makan dalam porsi kecil namun sering. Makanan sehat untuk ibu hamil pun sebaiknya mengandung cukup serat alami yang diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan zat-zat penting lainnya, kecukupan serat ini bisa menghindarkan ibu dari konstipasi.

Upayakan pula untuk memasukkan susu dalam menu makanan sehat ibu hamil. Jika tidak suka susu atau tidak bisa menelan susu akibat rasa mual, ibu hamil bisa menyiasatinya dengan cara:

* Mencampurkan susu dengan buah-buahan yang manis (menjadi jus buah)
* Memasukkan susu sebagai salah satu bahan sup krim. Tambahkan pula keju.
* Mencampurkan susu dalam hidangan penutup, misalnya puding dan es krim

Tetaplah mengonsumsi makanan sehat ibu hamil demi buah hati yang berada dalam kandungan.

Speak Your Mind

*