Tips Memilih Mobil Sebelum Membeli

Ilustrasi Memilih MobilMembeli mobil merupakan investasi jangka panjang. Mobil tidak hanya sekedar alat bantu perjalanan dari satu lokasi menuju lokasi lain, tapi merupakan teman perjalanan Anda. Selain menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki, memilih mobil sebaiknya disesuaikan dengan tipe pemakai.

Apakah Anda tipe orang yang introvert, atau ekstrovert? Apakah Anda tipe orang yang memerlukan banyak barang atau perlengkapan? Apakah Anda tipe orang yang praktis dan tidak terlalu memperhatikan hal – hal yang mendetail? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan memilih mobil yang akan Anda beli.

Yang utama adalah menetapkan dana terlebih dahulu. Berapa dana yang Anda miliki atau berapa alokasi dana yang akan Anda gunakan untuk membeli mobil. Dari dana yang telah Anda tetapkan, pilihlah beberapa model mobil yang Anda minati sesuai kebutuhan dan keperluan Anda. Perhatikan juga tahun keluaran atau tahun produksi mobil tersebut.

Jika dana yang Anda tetapkan cukup untuk membeli mobil keluaran terbaru, maka tahun keluaran mobil tidak begitu menjadi masalah bagi Anda. Namun jika dana Anda cukup terbatas, maka Anda wajib memperhatikan tahun keluaran mobil yang Anda pilih. Semakin tua umur keluaran mobil, harga memang lebih terjangkau, namun biaya pemeliharaannya juga cenderung lebih tinggi.

Banyak Pilihannya

Mungkin juga beberapa mobil tertentu susah dicari suku cadangnya. Karena itu, pastikan untuk memilih mobil yang masih mudah dicari suku cadangnya, serta tersedia service centre resminya di dekat Anda.

Memilih mobil juga perlu disesuaikan dengan aktivitas dan gaya hidup Anda sehari – hari. Anda yang tinggal di tengah kota, dengan aktivitas sehari – hari di dalam kota yang padat, serta jarang keluar kota, sebaiknya Anda memilih city car yang lebih kecil, gesit dan lincah untuk berkendaraan di tengah kota yang padat lalu lintasnya.

Atau mungkin Anda seorang ibu rumah tangga dengan banyak sekali aktivitas seperti mengantar jemput putra – putri Anda ke tempat sekolah, mengantarkan mereka ke tempat kursus, berbelanja barang keperluan rumah tangga serta mungkin jika Anda juga berwirausaha, untuk membawa barang – barang dagangan Anda. Untuk memenuhi semua kebutuhan Anda tersebut, Anda bisa memilih mobil keluarga yang lebih besar dengan model pintu slide atau geser di samping.

Berbeda lagi jika Anda bermaksud membelikan mobil bagi anak Anda yang memperhatikan perkembangan model mobil – mobil yang terbaru, maka Anda harus memilih dulu beberapa model mobil yang kira – kira akan disukai anak Anda, Tidak harus selalu mobil terbaru dengan harga yang luar biasa masih mahal, tapi kadang mobil model lama pun bisa menjadi pilihan. Karena biasanya model – model dengan merk tertentu juga menjadi gaya tersendiri bagi anak usia muda.

Untuk wanita muda yang memiliki banyak aktivitas baik di kampus maupun wanita karir muda, city car juga bisa menjadi pilihan. Mobil model ini cukup untuk membawa perlengkapan Anda yang mungkin beraktivitas dari pagi hingga malam hari, dan baru pulang ke rumah saat malam.

Anda bisa membawa beberapa perlengkapan penting Anda seperti baju ganti, peralatan make up, charger telepon genggam, baterai pengganti, makanan dan minuman, obat – obatan pribadi, bantal serta selimut dan benda – benda lain yang mungkin Anda perlukan.

Selain itu, sebaiknya mobil juga dibuat senyaman mungkin karena mobil ini menjadi rumah kedua bagi Anda. Jika perlu tambahkan bantal serta aksesoris lain yang membuat Anda merasa nyaman.

Kemudian jika dana dan model mobil telah ditetapkan, Anda tinggal memilih metode pembayaran apakah tunai atau kredit. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksa membeli mobil secara tunai jika dana Anda terbatas.

Membayar secara kredit juga menguntungkan bagi pembeli, karena selama masa kredit, jika terjadi hal – hal diluar kehendak kita, biasanya akan terjamin melalui asuransi. Jika memang tidak ada jaminan asuransi yang diberikan kepada Anda, maka sebaiknya Anda tambahkan sendiri asuransi mobil untuk investasi Anda ini.

Membeli Tunai Atau Kredit

Untuk mengkredit atau membeli tunai adalah dilema yang dihadapi oleh hampir setiap calon pemilik mobil potensial. Kedua pilihan tampaknya menguntungkan dalam hal mereka sendiri. Namun, ketika Anda berpikir dari keuangan calon, Anda membutuhkan pemahaman yang lebih dari dua istilah, kredit mobil dan membeli tunai mobil.

Ketika Anda membandingkan manfaat keuangan dan pajak pengkreditan vs membeli mobil, Anda datang ke sebuah kesimpulan bahwa keputusan harus dibuat sangat sadar karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kredit Mobil Vs Membeli Mobil

Kredit adalah sebuah konsep di mana lessor mengkredit komoditas atau realty ke lessee. ‘Kredit’ Istilah mengacu pada kontrak yang memungkinkan pengkredit untuk menggunakan komoditas atau realty untuk jangka waktu tertentu dengan biaya yang telah disepakati sebelumnya.

Kredit mobil mirip dengan pengangsuran mobil, tetapi dengan sedikit perbedaan. Kredit mobil berarti Anda mengkredit mobil dari lessor untuk jangka waktu tertentu dan pembayaran bulanan tetap. Namun, kredit melibatkan teknis lebih banyak daripada membayar secara angsuran yang nilainya tidak menaik, melainkan harga asli yang diangsur.

Kontrak kredit menentukan jumlah yang harus dibayar sebagai uang muka, waktu yang akan digunakan mobil dikreditkan dan mil yang dapat digerakkan selama periode kredit. Klausul kontrak yang disusun hanya setelah lessor dan lessee datang ke konsensus mengenai jumlah uang muka dan pembayaran bulanan.

Jumlah ini ditemukan oleh mengurangkan nilai jual kembali mobil setelah periode waktu yang ditentukan, dari harga saat ini. Perbedaan dalam jumlah adalah jumlah kredit yang harus dibayar oleh lessee.

Mengikuti contoh harus memberikan pemahaman yang lebih baik dari seluruh konsep.

Jika mobil biaya Rp 40juta hari ini dan nilai jual kembali merosot ke Rp 30 juta dalam tiga tahun ke depan, maka pengkredit harus membayar Rp. 10 juta sebagai jumlah kredit selama tiga tahun.

Setelah masa kredit berakhir, pengkredit dapat mengkredit sebuah mobil baru jika ia ingin. Konsep membeli mobil cukup sederhana.

Anda meminjam uang dari lembaga pemberi pinjaman atau pinjaman dan membeli mobil secara penuh. Anda membuat angsuran bulanan dan sesuai terus memperoleh ekuitas mobil Anda. Pada satu titik, mobil menjadi sepenuhnya milik Anda.

Singkatnya, pengkreditan mobil berarti menggunakan mobil untuk jangka waktu tertentu sedangkan seperti membeli mobil berarti mendapatkan kepemilikan lengkap dari mobil untuk seumur hidup.

Pro dan Kontra Kredit dan Membeli Mobil

Ketika Anda membandingkan memiliki vs pengkreditan mobil, keduanya melibatkan perangkap tertentu. Membeli mobil adalah jelas urusan mahal. Anda perlu untuk menjaminkan keamanan besar dan kuat untuk pinjaman Anda untuk mendapatkan disetujui.

Selain itu, nilai mobil terdepresiasi pada tingkat yang mengkhawatirkan. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk dijual kembali itu, Anda berakhir dengan banyak uang kurang dari Anda benar-benar berinvestasi di dalamnya.

Di sisi lain, ketika Anda memutuskan untuk mengkredit angsuran mobil, Anda berakhir membayar uang jauh lebih sedikit daripada yang Anda lakukan untuk mobil baru. Keuntungan lain dari pengkreditan mobil termasuk, mengemudi model-model baru dari mobil mewah, yang mungkin tidak terjangkau untuk Anda sebaliknya. Anda dibebaskan dari kerepotan menemukan pemilik baru untuk mobil Anda dan memperkirakan biaya yang disusutkan.

Namun, di sisi lain, Anda mematuhi kontrak kredit yang hanya memungkinkan Anda untuk mengemudi mil tetap untuk jangka waktu tertentu. Jika Anda berkendara lebih dari itu, Anda akan dikenakan biaya jumlah tambahan untuk itu. Demikian pula, jika Anda tidak menjaga kendaraan dalam kondisi baik, Anda akan harus keluar uang ekstra sebagai hukuman.

Juga, jika Anda memutuskan untuk mengakhiri kontrak Anda akan diminta untuk membayar biaya tertentu sebagai hukuman. Jumlah ini mungkin sama dengan jumlah yang akan datang kontrak Anda.

Dengan demikian, orang harus mempertimbangkan persyaratan dan menilai posisi keuangan sebelum membuat keputusan penting dalam membeli mobil.

Speak Your Mind

*