Tips Memilih Nama Untuk Bayi

Ilustrasi Memilih Nama BayiMemilih nama untuk bayi merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi pasangan calon orang tua. Namun demikan, terkadang hal ini juga dapat membuat Anda dan pasangan Anda menjadi bingung.

Nama adalah hadiah pertama yang Anda berikan pada bayi Anda, dan akan digunakan seumur hidupnya. Hal itu menjadi alasan kuat mengapa sebaiknya Anda dan pasangan Anda tidak hanya asal pilih.

Penggunaan nama seumur hidup mengharsudkan Anda untuk bisa meberikan nama yang baik kepada sang buah hati Anda. Tidak hanya harus bagus dan indah, nama untuk bayi Anda pun haruslah memiliki makna dan doa yang terselip di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan pertimbangkan sewaktu memilih nama untuk bayi Anda:

Hindari nama yang membingungkan

Ada beberapa sebutan tertentu yang memang bisa digunakan untuk baik pria maupun wanita, namun sebaiknya memberikan bayi Anda identitas yang sudah jelas untuk jenis kelaminnya.

Sebagai contoh, di barat Courtney atau Aubrey sebenarnya lebih sering digunakan oleh wanita, namun ada beberapa orangtua yang memberikannya pada anak lelakinya. Tentu saja kasihan jagoan kecil Anda jika harus terus-terusan dikira perempuan.

Nama barat memang sering dipilih oleh orangtua yang baru saja memiliki bayi, akan tetapi ada baiknya jika nama tersebut disesuaikan dengan bayi Anda. Akan lebih bagus jika bayi diberi nama yang sederhana dan baik. Hal ini akan mempermudah bayi Anda dipanggil dan disebutkan namanya ketika ia muali beranjak besar.

Jangan terpengaruh selebritis atau artis yang sedang naik daun

Di saat ini barangkali ia terdengar keren, namun seringkali kelakuan selebriti tersebut negatif seperti menggunakan narkoba atau kawin-cerai. Kasihan jika anak Anda menggunakan panggilan yang sama seperti selebritis yang bermasalah tersebut.

Nama yang diberikan kepada bayi yang baru lahir merupakan seuntai doa dari orangtua kepada anaknya. Dengan nama yang diberikan, orangtua berharap agar anak dapat bersikap baik seperti halnya nama yang disematkan kepada sang buah hati tersebut.

Oleh karena itulah, nama anak haruslah memiliki makna yang baik untuk anak, sehingga anak dapat mencerminkan hal-hal yang biak seperti halnya nama yang diberikan tersebut.

Nama terlalu panjang

Banyak anak sekarang yang mempunyai nama yang terlalu panjang. Seringkali hal ini mengganggu anak Anda jika harus menuliskannya dalam setiap kertas ujian atau formulir, bayangkan berapa banyak waktu yang harus dihabiskannya. Oleh karena itu buatlah yang sederhana saja dan tidak terlalu panjang.

Pemberian nama yang sederhana dan tidak terlalu panjang juga akan membantu sang buah hati Anda untuk mengingat namanya sendiri.

Pemberian nama kepada anak tidak perlu terlalu panjang, cukup terdiri atas dua sampai tiga suku kata, nama yang diberikan kepada sang buah hati cukup baik.

Ejaan yang tidak biasa

Banyak orangtua yang entah karena alasan kreatif atau ingin tampil beda, membuat ejaan yang tidak biasa. Misalkan, Dicky dieja menjadi Dieckhy atau semacam itu. Orang lain yang mendengar kata Dicky tentu akan menuliskannya dengan ejaan biasa, dan ini akan menjadi pekerjaan seumur hidup bagi anak Anda untuk memperbaiki kesalahan ejaan yang ditulis orang lain.

Kesalahan dalam penulisan nama ini tidak bisa dianggap remeh. Kesalahan nama pada sang anak bisa sangat membahayakan. Hal ini bisa saja merugikan dan menjadi kesalahan vital sang anak dalam hal-hal penting selama jenjang pendidikannya, seperti dalam ijazah dan lain sebagainya.

Nama yang indah dan serasi

Sebaiknya pemilihan untuk bayi Anda tersebut didasarkan pada pertimbangan pertimbangan seperti keindahan dan keserasian antara nama depan dan belakang atau keluarga. Hindari panggilan unik namun aneh atau sulit diucapkan sebab hanya akan menjadi bahan ledekan anak-anak lain di sekolah nantinya.

Pengucapan nama unik namun aneh bisa menjadi suatu bahan ejekan teman anak Anda, karena hal tersebut dapat membuat sang anak akan minder dan tidak mau bergaul dnegan teman-temannya.

Disamping itu, usahakan memberi sebutan yang memiliki arti positif dan hindari yang memiliki arti buruk. Perhatikan juga panggilan untuk Anda, hindari panggilan yang dapat mengarah pada julukan julukan tertentu dan nantinya hanya membuat malu anak Anda. Carilah panggilan yang mudah diingat dan diucapkan.

Nama panggilan ini bisa Anda pilih dari panjangan nama sang anak atau bisa juga Anda pilih dari panggilan kesayangan Anda. Panggilan nama ini bisa juga diambil dari nama yang sudah Anda berikan kepada sang anak.

Tidak ada hal yang sulit dalam memilih nama untuk bayi Anda. Tapi yang pasti harus diingat adalah Anda dan pasangan Anda sama-sama menyukainya dan yakin nama tersebut cocok disandang anak Anda hingga ia dewasa kelak.

Buatlah waktu untuk mencari nama bayi dari buku atau dari situs situs di internet untuk mengumpulkan ide mendapatkan yang cocok. Anda bisa juga meminta saran pada orangtua atau anggota keluarga lain jika ada yang harus diturunkan dari generasi ke generasi dalam keluarga besar Anda.

Nama keturunan ini biasanya diambil dari nama sang ayah yang merupakan kepala keluarga di dalam keluarga kecil Anda. Hal ini juga dapat menjadi ciri khas dari nama sang anak dengan menyematkan nama sang ayah didalam namanya.

Cari tahu juga arti yang diinginkan, atau membuat pilihan dari bahasa lain, atau bahkan singkatan panggilan Anda dan pasangan Anda. Cari tahu juga apakah ada arti lain bila ia disingkat atau dijadikan panggilan. Hal ini bisa membantu Anda memilih nama yang baik dan cocok untuk anak Anda.

Kumpulkan dan tuliskan beberapa dalam daftar dan biarkan Anda dan pasangan Anda melihatnya berulangkali untuk mendapatkan yang pas. Tak perlu kuatir bila daftar yang dikumpulkan terlalu panjang atau terlalu pendek, sebab Anda selalu bisa meminta pendapat pasangan, teman, orangtua, dan anggota keluarga lainnya. dengan banyaknya saran dan masukan dari keluarga dan kerabat Anda, hal tersebut membantu Anda memilih nama yang bagus dan cocok untuk buah hati Anda.

Bagi Anda yang beragama muslim, Anda bisa memilih nama untuk bayi Anda dari kitab suci Al-Quran. Selain nama-nama yang dipilih akan lebih indah, nama-nama dari Al-Quran juga lebih memiliki makna yang baik dan sebagai bagian dari doa dalam sebuah nama yang diberikan kepada sang anak.

Nama-nama bayi yang dipilih dalam Al-Quran dapat mempermudah bagi oragtua dalam memberikan nama yang baik dan cocok untuk anaknya. Nama-nama indah dan baik dalam Al-Quran ini dapat juga digunakan sebagai doa yang bisa menjadi harapan bagi orangtua akan kehidupan anaknya kelak.

Oleh karena itu, pemberian nama kepada anak dalam Al-Quran sering menjadi sebuah pilihan yang baik bagi para orangtua yang baru saja mendapatkan karunia Tuhan berupa anak.

Pemilihan nama anak dari Al-Quran memang banyak dianjurkan oleh sebagian orang. Tidak hanya sebagai doa, nama juga dapat menjadi sebuah nilai luhur dari perjalanan kehidupan sang anak kelak. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan nama-nama anak dari Al-Quran.

Pemilihan nama dari Al-Quran haruslah teliti dan pastikan orangtua yakin akan makna yang terkandung di dalamnya. Pilihlah nama yang bermakna baik untuk anak, sehingga hal tersebut dapat membangun anak untuk menjadi lebih baik seperti nama yang disematkan kepadanya.

Janganlah memilih nama hanya karena nama tersebut terdengar bagus dan unik. Pemilihan nama yang baik haruslah memiliki makna yang baik pula, agar menjadi sebuah doa dan harapan bagi orangtua sang buah hati.

Apapun yang Anda pilih, penting bagi Anda dan pasangan untuk merasa cocok dan menyetujui bersama nama untuk buah hati Anda, sehingga setelah lahir bayi Anda bisa langsung mendapatkan hadiah terindah dari orang tuanya. Selamat menikmati kegiatan memilih nama untuk bayi kecil Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Speak Your Mind

*