Tips Menghasilkan Bebek yang berkualitas

Ilustrasi bebekAnda gemar makan bebek? Tentu, daging bebek walaupun mempunyai daging yang keras, ia mempunyai cita rasa yang tinggi melebihi rasa daging ayam. Tak jarang warung-warung makan khas bebek lebih ramai dikunjungi daripada warung makan yang menyediakan Ayam. Tapi tahukah Anda, untuk menghasilkan daging bebek yang berkualitas tinggi perlu perawatan yang tidak main-main? Apakah perawatan bebek sama seperti perawatan unggas yang lainnya? Berikut beberapa tips yang dapat Anda perhatikan untuk memulai usaha Anda beternak bebek.

  1. Perhatikan makanannya : makanan berkualitas pasti akan dicerna dengan baik oleh tubuh bebek. Anda tidak bisa memberinya sembarang panganan, meskipun kadang bebek memang makan sembarangan. Sebagai contoh, jika Anda ingin memberinya makan jagung, maka tidak boleh jagung yang terlalu keras, atau jagung yang sudah lama. Terkadang jagung yang lama ada yang mengandung racun, sehingga tidak baik untuk tubuh bebek itu sendiri.
  2. Perhatikan waktu makan. Pola makan hewan pun sama halnya dengan manusia. Tidak kurang dan tidak lebih. Untuk makanan bebek, jika Anda sudah terbiasa memberinya makan 3x sehari, penuhilah, jangan dilebihkan atau dikurangkan. Mengurangi makanan bisa membuat bebek Anda jadi lamban bertelur. Sedangkan jika dilebihkan, bisa jadi bebek Anda tidak terbiasa dan akhirnya bisa jatuh sakit.
  3. Pisahkan antara bebek yang sakit dan yang sehat. Jangan pernah sekali-kali mencampurnya, karena akan berdampak buruk pada bebek yang lainnya. Sebelumnya Anda harus mengetahui seperti apa ciri-ciri bebek yang sehat dan yang sakit. Berilah obat yang tersedia di toko hewan. Perlu Anda perhatikan, walaupun bebek hewan yang gemar bermain air hujan, jangan pernah membiarkan bebek Anda berkeliaran pada saat musim hujan. Bebek pun mempunyai insting, jika kondisi tubuhnya segar, bebek pasti dengan mudahnya berkeliaran di jalanan. Namun jika bebek mempunyai kondisi tubuh yang tidak enak, bebek pun akan melindungi dirinya. Membiarkan bebek berkeliaran pada saat musim hujan akan menyebabkan cepat merontokkan bulu-bulunya dan bebek enggak bertelur.
  4. Perlakukanlah hewan sama seperti Anda memperlakukan manusia. Dalam arti, tidak kasar. Misalnya, masuk ke dalam kandang dengan sangat berhati-hati dan tidak membuat bebek stress atau kaget. Bebek adalah hewan yang mudah sekali kaget.
  5. Kebersihan kandang juga perlu dijaga, datangkan petugas kesehatan setiap bulannya, untuk memeriksa kondisi bebek dan kandang bebek Anda

Masa Penetasan Telur Bebek

Apakah Anda berencana untuk membuat proses inkubasi untuk telur bebek atau telur ayam, proses untuk kedua nya kira kira adalah sama, tetapi Anda harus ingat bahwa kedua spesies yang berbeda dan menyediakan kondisi yang sesuai.

Dibandingkan dengan telur ayam, telur bebek yang lebih besar dan dengan demikian, Anda perlu menyediakan nampan pengaturan yang lebih besar untuk mengakomodasi telur itik yang lebih besar.

Biasanya dibutuhkan 28 hari untuk telur bebek menetas, tapi mungkin bervariasi sesuai dengan spesies Anda berniat untuk berkembang biak dan jumlah hari yang dibutuhkan untuk menetas mungkin pergi ke lebih dari 35 hari.

Jika Anda ingin menetaskan sejumlah besar telur bebek demi perternakan, Anda bisa mendapatkan inkubator komersial besar dan induk ayam. Telur itik yang ditransfer ke induk ayam sekitar tiga sampai empat hari sebelum perkiraan tanggal menetas.

Setelah Anda sudah mendapat telur bebek dan inkubator, Anda perlu untuk memulai dan membiarkan kelembaban dan tingkat suhu stabil selama sekitar dua hari sebelum Anda menempatkan telur di dalamnya. Setelah

Anda telah menempatkan telur, mengukur suhu dengan menempatkan setengah jalan termometer di sisi telur, tapi pastikan bahwa Anda tidak menyentuh telur telur itu.

Suhu Untuk Penetasan

Suhu ideal untuk mengerami telur bebek adalah 37,5 ° C dengan kelembaban 55% (Anda dapat mengukur kelembaban dengan bantuan termometer bulb basah). Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memberikan ventilasi yang cukup sehingga udara terus beredar. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa telur yang berubah sering setidaknya empat kali setiap hari.

Periksa telur dengan hati-hati sebelum Anda mengatur mereka di inkubator. Telur yang besar, berukuran, ganda yolked atau retak, tidak harus dipilih untuk inkubasi. Telur harus ditetapkan dalam inkubator dalam sehari sampai tiga hari dari mereka yang diletakkan sebagai telur kehilangan kapasitas untuk menetas dari waktu ke waktu.

Sementara dalam pengaturan telur, perlu juga memastikan bahwa telur tersebut diletakkan posisinya dengan ujung yang lebih kecil menghadap ke bawah.

Jika Anda telah meletakkan telur di tempat yang dingin, maka hindarkan keluar dan menempatkan telurnya pada kondisi suhu kamar selama sehari sebelum menetapkan mereka dalam inkubator.

Setelah sekitar 7 hari dari menempatkan telur di inkubator, cobalah memeriksa telur oleh proses Candling sehingga Anda dapat menyeleksi antara telur subur atau mati. Candling adalah proses dimana, cahaya terang diperbolehkan untuk melewati telur di ruangan gelap. Jika Anda melihat urat mencapai kantung udara, itu berarti bahwa telur bebek yang subur.

Di sisi lain, jika tidak ada pembuluh darah yang melewati, itu berarti bahwa embrio belum dikembangkan dan Anda dapat menghapusnya. Jika telur yang gelap dan jerawat di dalamnya, itu berarti bahwa mereka terinfeksi dan Anda perlu untuk menghapusnya segera. Anda perlu menjaga Candling telur setelah interval reguler sampai 3 sampai 4 hari sebelum menetas, sehingga Anda tahu apakah telur yang sehat atau tidak.

Setelah sekitar 25 hari (jika Anda berkembang biak spesies yang memiliki masa inkubasi 28 hari), telur harus dipindahkan ke nampan dirancang khusus untuk penetasan telur. Suhu induk ayam harus sekitar 37 ° C dengan kelembaban relatif 65%. Maka cangkang telur akan mulai retas dan muncul bebek muda yang mulai terlahir, kelembaban harus ditetapkan pada sekitar 70% dan suhu di sekitar 36 ° C.

Di Tangan Anda Bebek Menjadi Tumbuh dan Sehat

Sangat penting untuk mempertahankan tingkat konstan kelembaban sepanjang masa inkubasi karena membantu dalam pertumbuhan embrio bebek yang sehat.

Ketika kulit telur menjadi berpori maka artinya telur kehilangan kelembaban, dengan demikian, menurunkan berat badan. Tingkat di mana telur kehilangan berat badan tergantung pada kelembaban sekitar, jika tingkat kelembaban tinggi, berat kehilangan akan kurang dan sebaliknya.

Seperti telur kehilangan kelembaban, meningkat karung udara dalam ukuran di dalamnya, yang menyediakan embrio bebek dengan udara untuk bernapas.

Terakhir namun jangan sampai dilupakan, Anda harus ingat bahwa Anda adalah satu-satunya pelindung telur itik dan telur yang baru menetas. Jadi, Anda perlu berhati-hati baik sepanjang proses inkubasi telur sehingga ternak ternak yang hendak Anda manfaatkan kelak dilahirkan sehat.

Jika Anda sudah melakukan 5 tahapan diatas, di sertai proses dalam pengeraman telur bebek ini, mudah-mudahan bebek yang Anda rawat saat ini mempunyai daging yang berkualitas dan sehat. Semakin sehat bebek yang Anda rawat, maka semakin nyaman dagingnya untuk dimakan.

 

Speak Your Mind

*