Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Ilustrasi Menghilangkan Noda JerawatJerawat sering sekali menimbulkan bekas yang sangat mengganggu penampilan. Mungkin Anda telah mengobati jerawat hingga jerawat mengering dan sembuh, namun bekas yang ditimbulkan tidak akan hilang begitu saja. Menghilangkan noda jerawat menjadi sebuah permasalahanbyang harus ditemukan solusinya.

Bagi sebagian orang terutama wanita, jerawat adalah sebuah hal yang benar-benar mengganggu penampilan. Keberadaannya benar-benar tak diinginkan. Dan memang ketika telah tumbuh jerawat maka akan dilakukan apa pun untuk menghilangkan jerawat tersebut.

Jerawat : Harus Dihilangkan

Jerawat dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun baik di wajah, leher atau pun punggung. Namun jerawat di wajahlah yang dianggap sebagai jerawat pembawa petaka. Hal ini karena jerwat di wajah benar-benar mengganggu penampilan. Apalagi jerawat yang besar atau disebut dengan jerawat batu.

Timbulnya jerawat dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena kurangnya menjaga kebersihan. Untuk jerawat yang ada di wajah, bisa saja jerawat tumbuh karena kurang rajinnya dalam memberishkan wajah terutama setelah penggunaan make up. Sisa make up yang menempel di wajah akan menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga merangsang timbulnya jerawat.

Selain itu, aspek hormon yang dikeluarkan juga empengaruhi timbulnya jerawat. Hal ini terjadi pada wanita. Terutama ketika wanita memasuki masa akan datangnya menstruasi atau selama masa menstruasi. Hal ini karena salah satu pre-menstruasi Syndrome adalah timbulnya jerawat.

Banyak orang yang berusaha untuk menghilangkan jerawat ketika timbulnya jerawat. Untuk jerawat di wajah, usaha yang dilakukan untuk menghilangkannya tentulah akan lebih besar dan banyak. Sedangkan jerawat yang ada di bagian tubuh lainnya , kemungkinan akan dibiarkan dengan sendirinya sampai hilang.

Sebenarnya jerawat akan hilang sendiri ketika memang sudah memasuki masa dia untuk matang. Jerawat yang sudah matang akan tampak lebih besar dan terlihat bintik putih di tengah benjolan jerawat.

Namun, ketika jerawat baru tumbuh, sudah ada keinginan untuk menghilangkannya. Cara yang banyak dipakai untuk menghilangkan jerawat adalah dengan memencetnya. Hal ini memang menyebabkan sedikit rasa sakit namun tetap saja dilakukan untuk mengusir jerawat dari wajah.

Upaya memencet jerawat ini sebenarnya tidaklah begitu aman untuk dilakukan. Jika tindakan memencet jerawat dialkukan dengan tidak hati-hati dan menggunakan alat yang tak steril maka akan menyebabkan luka. Karena sejatinya memencet jerawat adalah membuat luka pada bagian wajah kita dengan mengeluarkan apa yang ada di dalam  jerawat tersebut.

Seharusnya memencet jerawat haruslah dilakukan dengan benar. Cara yang benar untuk memencet jerawat yang dapat kita lakukan sendiri di rumah adalah dengan menggunakan pinset jerawat.

Dengan menggunakan pinset jerawat, arahkan bagian yang berbentuk lingkaran tepat di tengah jrerawat. Tekan sampai bagian putih keluar dari tengah jerawat. Setelah itu tetalah menekan sampai keluar darah.

Sebagian orang melakukan pemencetan jerawat hanya sampai pada tahap ini yaitu keluarnya darah. Padahal ketika hanya dilakukan sampai darah keluar pada bagian jerawat yang tumbuh maka ini akan membuat noda pada bekas jerawat. Dan tentu saja noda bekas jerawat ini menambah masalah baru.

Jadi, tindakan memencet jerawat belum selesai walau pun jerawat telah tumbuh. Tetaplah memencet jerawat dengan menekankan pinset jerawat sampai keluar cairan yang berwarna bening. Cairan ini akan menghambat timbulnya noda bekas jerawat. Walau pun memang noda bekas jerawat ini tidak dapat dihindari timbulnya terlebih karena dilakukan upaya pemencetan jerawat.

Namun, untuk lebih amannya diusahakan tidak melakukan pemencetan jerawat ini. Karena seperti yang telah disebutkan tadi, akan timbul hal yang berbahaya bagi tubuh kita ketika kita tidak melakukan pemencetan jerawat dengan benar dan tepat.

Menghilangkan Noda Jerawat

Jerawat yang dipaksa hilang tentu akan menyebabkan timbulnya noda jerawat. Sama halnya dengan jerawat, noda jerawat pun juga menyebabkan turunnya kepercayaan diri karena mengganggu penampilan kita. Untuk itu, dicarilah solusi menghilangkan noda bekas jerawat.

Pada dasarnya ada dua cara untuk menghilangkan bekas jerawat, yaitu dengan cara alami dan melalui tindakan medis seperti laser. Berikut akan disampaikan beberapa tips untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Yang pertama, noda bekas jerawat timbul akibat pemencetan jerawat atau peradangan yang parah. Jerawat yang sembuh secara normal tanpa pemencetan akan lebih meminimalkan munculnya bekas jerawat, sementara tindakan pemencetan atau pemijatan akan menimbulkan bekas yang pada kondisi kulit normal akan berangsur – angsur hilang dalam kurun waktu tiga bulan.

Tiga bulan memang merupakan waktu yang cukup lama dan bisa jadi menimbulkan stress bagi orang – orang tertentu. Namun, mungkin sering Anda alami, bekas jerawat Anda tidak juga hilang bahkan setelah lebih dari tiga bulan. Hal ini dikarenakan kondisi hormon dan kulit orang berbeda – beda.

Kondisi kulit yang lebih tebal dan tingkat produksi kelenjar minyak lebih tinggi cenderung memerlukan waktu lebih lama untuk regenerasi. Karena itu, hindari memencet jerawat apalagi dengan kondisi tangan kotor. Dan bersihkan wajah dengan susu pembersih yang tepat dengan kondisi kulit.

Pilihlah susu pembersih yang tidak mengandung pewangi dan pewarna. Penambahan pewarna dan pewangi pada produk kecantikan akan rentan menyebabkan timbulnya jerawat. Setelah dibersihkan dengan susu pembersih, lanjutkan pembersihan dengan memakai sabun wajah.

Pastikan sabun wajah Anda tidak mengandung minyak atau oil free dan tidak mengandung busa atau soap free. Saat ini telah banyak beredar produk – produk yang memenuhi kriteria di atas. Anda bisa memilih yang tepat bagi Anda. Selesai di sabun, baru gunakan penyegar pada kulit wajah yang bebas pewangi dan pewarna.

Lakukan ritual pembersihan ini pada pagi hari sebelum berdandan dan malam hari sebelum tidur untuk memastikan kondisi kulit wajah Anda bersih dan siap dengan perawatan selanjutnya. Kemudian gunakan pelembab yang khusus bagi kulit berminyak dan berjerawat. Dengan pemakaian teratur pagi dan malam hari, proses regenerasi kulit akan meningkat sehingga bekas jerawat akan lebih mudah hilang.

Perlu diingat, hindari produk pemutih selama Anda berjerawat ataupun bahkan setelah jerawat Anda mengering. Produk pemutih tidak tepat untuk digunakan pada kulit yang mudah berjerawat, karena kandungan pemutih justru akan memicu timbulnya jerawat. Bekas jerawat yang semula mengering bisa jadi akan timbul menjadi jerawat lagi jika Anda mengoleskan produk pemutih pada bekas jerawat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara tuntas, oleskan obat jerawat pada jerawat Anda, bahkan setelah jerawat mengering. Biarkan hingga benar – benar kering dan lepas dengan sendirinya.

Selain itu, pemakaian masker wajah juga akan membantu menghilangkan noda bekas jerawat Anda. Masker yang bisa dipilih adalah masker teh hijau atau green tea. Masker ini bisa Anda buat sendiri dengan menuangkan sedikit air panas pada daun teh hijau kering hingga daun mengembang. Tunggu hingga tidak terlalu panas, kemudian ratakan ke wajah dan diamkan hingga mengering lebih kurang dua puluh menit.

Masker teh hijau ini sebaiknya digunakan satu kali dalam seminggu, setelah kulit dibersihkan. Sebagai tambahan, dianjurkan Anda juga meminum teh hijau yang telah diseduh yang mengandung flavonoid cukup tinggi yang bisa mengatasi oksidasi oleh radikal bebas.

Dengan pemakaian secara teratur dan menjaga pola makanan, bekas jerawat akan berangsur menghilang secara alami. Namun jika Anda ingin cara yang lebih praktis, laser bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Untuk melakukan terapi dengan laser, sebaiknya Anda hanya memilih dokter ahli dan bukan sekedar salon kecantikan karena proses yang keliru justru tidak akan menghilangkan bekas jerawat namun justru memperparah flek di wajah. Dokter juga akan menyarankan pemakaian krim wajah tertentu setelah terapi laser. Patuhi pemakaiannya agar kulit cantik bebas flek dan bekas jerawat menjadi milik Anda.

Cara yang satu ini untuk sebagian orang mungkin akan terkesan lebih mahal dibandingkan dengan cara yang lain. Namun seperti yang sudah diketahui bersama bahwa akab dilakukan usaha apa pun untuk memperoleh penampilan yang menawan. Dan jika dianggap bahwa jerawat atau pun noda bekas jerawat akan mengganggu keindahan dari penampilan kita maka usaha apa pun akan dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan menghilangkan noda jerawat ini.

Speak Your Mind

*