Tips Mengolah Bawang Merah

Ilustrasi bawang merahBawang merah (Allium ascalonicum L.) adalah bumbu dapur primer yang wajib ada apalagi untuk masakan Indonesia.  Selain digunakan sebagai bahan dasar masakan, bawang merah juga disajikan sebagai pelengkap makanan, misalnya bawang goreng.

Saya tahu banyak orang yang membenci rasa bawang, bahkan ada yang menghindari segala sesuatu yang akan memiliki rasa bawang di dalamnya. Ada banyak varietas yang dilihat dan dimakan di seluruh dunia, dengan yang paling umum dari bawang sampai daun bawang, atau bawang putih dan bombai.

Bawang dikenal untuk rasa pepat setengah manis dan pedas, yang dapat dimakan mentah dalam bentuk renyah, atau dimasak dan ditambahkan ke hidangan untuk memberikan karakter. Tanpa bawang banyak piring akan lengkap, karena menawarkan twist yang unik dalam rasa bila digunakan dalam jumlah yang tepat.

Bagi mereka yang menaggap bawang menjadi sangat penting dalam setiap hidangan preprasasi, menjadi makanan yang sangat serbaguna untuk bekerja sama dengan bahan lainnya, maka bawang sama sekali tidak tergantikan, sama sekali tidak.

Anda dapat menambahkan ini ke makanan hidangan utama, sebagai hiasan karamel, atau sebagai dasar saus sambel.

Bawang dapat memiliki cukup tendangan kuat dalam rasa ketika dimakan mentah, di mana ada ketajaman rasa yang meari nari dilidah. Bila dimasak dengan air, maka air berubah rassa, sebegitupekat itulah nasib bawang.

Jadi apakag bawang sejenis buah atau sayuran itu? Bawang sebenarnya sayuran, suatu umbi tanah tepatnya. Walau tidak harus dimakan polos seperti sayuran lain yang dapat menjadi bahan utama makanan, tetapi bawang adalah cita rasa tepat yang membawa keluar semua raasa yang terbaik dalam piring siji.

Suatu jenis bawang yang disebut bawang manis dikenal untuk memiliki rasa manis walau manis tetap saja bawang, membuat bawang dapat dimakan dengan cara yang semirip memakan sejenis buah.

Bawang jenis ini memiliki senyawa berbasis kurang belerang sehingga bisa lebih lembut untuk selera gampangan seseorang. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan pada bawang, di mana ia dapat dikurangi dosinya, entah menjadi bubuk bawang goreng, dibuat untuk memasak dan dapat diacar juga.

Mengapa Bawang Tergolong Sayuran dan Bukan Buah

Beberapa orang mungkin telah keliru bawang untuk buah, karena dapat dimakan mentah dan dapat memiliki rasa manis yang membuatnya mudah dimakan tanpa dimasak. Tidak semua bawang memiliki rasa yang tajam, sehingga dapat dimakan cukup untuk dimakan polos atau dengan sedikit saus atau taburi bumbu / herbal.

Seperti disebutkan sebelumnya, bawang ini telah dikenal untuk dimakan seperti buah-buahan, sehingga membingungkan orang yang gemar sayuran ini. Buah ini pun memiliki kualitas yang berbeda untuk semua jenis buah buahan lain.

Sayuran di sisi lain tidak berikut datang dengan biji sebagaimana massa bawang, membuat bawang menjadi sumber makanan yang berbeda dari buah-buahan. Juga, hampir semua buah memiliki rasa manis itu dengan sangat sedikit berbatasan dengan pahit, rasa tajam.

Meskipun demikian, sayuran tidak sepenuhnya manis dan dapat cukup hambar jika tidak ditambah dengan bahan-bahan lainnya.

Asal Bawang

Asia dikatakan sebagai asala dari tanah kelahiran bawang, berasal di bagian benua di mana bawang digunakan sebagai alat hidangan yang kaya yang dikenal untuk rasa pedas nya. Lagipula bawang itu tidak mudah rusak dan busuk, membuat orang melihatnya sebagai sayuran yang sangat tahan terutama selama musim dingin.

Dikatakan bahwa orang Mesir menyembah bawang, mengambil bentuk dan melingkari bagian dalam sebagai lingkaran keabadian. Ia bahkan terbuat dari emas ketika para seniman di Mesir akan menggambarkan sayuran dari logam mulia. Menjadi sangat tinggi nilai gizi, bawang diakui hari ini sebagai unsur penting dalam memasak. Bawang dapat dimakan mentah dalam beberapa kasus atau digunakan dalam memasak, meniru rempah-rempah yang lebih penting daripada makanan utama dalam sebuah piring.

Jenis Bawang

Sangat menarik untuk mengetahui berapa banyak varietas bawang ada, terutama ketika kita terbiasa hanya beberapa yang umum di pasar.

Dengan daftar luas dari jenis bawang, maka tidak heran bagaimana bawang telah dikenal untuk menjadi bagian penting dari hidangan Anda di atas piring, menambahkan mengambil yang unik pada rasa yang merupakan bagian dari ensemble makan memakan ini.

Beberapa jenis bawang ini meliputi bawang merah, bawang merah, daun bawang, bawang acar, bawang Spanyol, bawang bombay,  bawang kuning dan daun bawangnya.

Hanya saja, untuk mengolah bawang merah, Anda harus menahan rasa panas dan perih di mata. Bawang merah mengandung senyawa sulfur (belerang) yang mudah menguap ketika dikupas atau diiris.

Jika uap sulfur itu mencapai mata, maka akan langsung bereaksi dengan cairan mata. Nah, reaksi inilah yang menimbulkan rasa pedih atau panas di mata.

Semakin banyak Anda mengeluarkan air mata, semakin banyak senyawa sulfur yang bereaksi dan mata semakin pedih. Kecuali, Anda menjauhi bawang merah untuk sementara untuk menghindari uap senyawa sulfur tersebut.

Agar Mata Tidak Pedih

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar mata tidak pedih ketika mengolah (mengupas, mengiris atau menghaluskan) bawang merah:

1.       Rendam bawang merah di dalam air es atau di simpan di dalam kulkas. Setelah dingin, barulah diolah. Cara ini akan memperlambat penguapan senyawa sulfur di dalam bawang.

2.        Kupas bawang merah di dalam baskom berisi air atau di air mengalir. Senyawa sulfur akan langsung bereaksi dengan air sebelum mencapai mata.

3.       Senyawa sulfur banyak terkumpul di bagian umbi bawang merah. Oleh karena itu, mulailah mengupas atau mengiris dari bagian atasnya.

4.       Bekukan bawang merah sebelum diiris atau dihaluskan.

5.       Belilah alat pengiris bawang otomatis jika hendak membuat bawang goreng dalam jumlah besar. Harganya murah, sekitar 20 ribu rupiah.

6.       Gunakan blender untuk menghaluskan bawang merah. Haluskan dalam jumlah banyak, dan simpanlah di dalam toples tertutup di kulkas. Anda bisa menggunakannya ketika hendak memasak tanpa perlu repot-repot lagi mengupas dan menghaluskan bawang merah.

Agar Bawang Tidak Cepat Busuk

Untuk mencegah pembusukan bawang merah dapat dilakukan tips berikut ini :

1.       Jangan simpan bawang merah di tempat lembab dan basah karena akan mempercepat proses pembusukan.

2.       Jangan simpan bawang merah di dalam plastik tetapi simpanlah di wadah terbuka, angin-anginkan.

3.       Jemur bawang merah jika lembab atau basah hingga kering.

4.       Belilah bawang merah yang kering.

Bagaimana Membuat Bawang Goreng Renyah dan Gurih?

Ada juga tips membuat bawang merah goreng yang renyah dan gurih, yaitu :

1.       Campurkan irisan bawang merah dengan garam secukupnya.

2.       Goreng di dalam minyak yang agak banyak kemudian taburkan tepung terigu di atasnya.

3.       Kecilkan api jika bawang goreng terlihat hampir matang kemudian angkat jika sudah bewarna kuning keemasan.

Insya Allah, bawang goreng Anda akan cantik, renyah dan gurih untuk taburan sop, soto, opor,  gado-gado, dan masakan lainnya.

 

Speak Your Mind

*