Tips Merawat Pakaian Bayi

Ilustrasi Merawat Pakaian BayiSaat yang paling membahagiakan di dunia ini adalah ketika melihat buah hati muncul ke muka bumi ini. Seorang bayi, makhluk yang lemah sekaligus sensitive dan perlu perawatan yang khusus dan special.

Jika Anda merawat seorang bayi dengan penuh kasih sayang, sang bayi juga akan merasakan sesuatu yang nyaman.

Fenomena yang beredar sekarang, banyak ibu-ibu yang tidak bisa merawat sendiri bayi mereka sehingga harus menyewa tenaga orang lain untuk mengurus bayi mereka. dalam pemilihan bayi harus dikerjakan dengan hati-hati.

Akan lebih baik jika mengambil baby sitter yang sudah dikenal oleh kolega Anda. hal ini dikarenakan sudah banyak sekali kasus penculikan bayi yang dilakukan oleh orang yang sudah dikenal.

Selain alasan di atas, Anda akan lebih lega meninggalkan rumah dengan anak Anda berada di samping orang yang sudah dikenal. Walaupun demikian jangan melepaskan begitu saja dan lepas control untuk mengecek putra putri Anda di saat Anda berada di luar rumah.

Seorang ibu yang baru mempunyai bayi pasti mempunyai masalah serupa, yaitu pakaian kotor. Pakaian bayi yang kotor belum boleh di campur dengan pakaian kotor orang dewasa, walaupun mereka tinggal dalam satu atap.

Biasanya bayi baru lahir mempunyai pakaian kotor yang luar biasa banyak, karena aktifitas mereka hanya makan, tidur, pipis, kemudian makan kembali dan jumlah buang air kecil mereka lebih dari sepuluh kali dalam sehari.

Demi Merawat Kulit Bayi

Saya yakin banyak dari kita akan melakukan apa pun untuk memiliki kulit yang cantik dan lembut seperti halnya para bayi. Nah, ini jelas lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kulit bayi membutuhkan banyak perawatan, karena begitu sensitif.

Kaum ibu kebanyakan akan tahu fakta ini sekarang bahwa kulit bayi sangat lembut dan menggemaskan dan karena itu begitu cantik juga. Hal ini karena produksi melanin dalam proporsi rendah pada kulit bayi. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar berhati-hati ketika Anda menggunakan lotion atau krim yang kuat pada kulit lembut bayi.

perawatan kulit Bayi harus dimulai dari mandi bayi, untuk membersihkan yang tepat terutama dari daerah popok. Karena kulit mereka sangat peka terhadap lingkungan sekitar, Anda akan harus sangat berhati-hati tentang rutinitas perawatan kulit.

Selalu gunakan produk yang dimaksudkan khusus untuk kulit bayi lembut dan sensitif. Dan bukan semata untuk membeli merek terkenal saja, karena Anda tidak dapat mengambil kesempatan untuk menggunakan produk yang kurang begitu cocok untuk kulit bayi.

Gunakan sabun ringan dan lembut dan sampo yang benar-benar rendah kadar kimia keras. Sebuah kulit bayi juga mudah menyerap setiap lotion Anda dapat gunakan pada kulit sehingga menghindari pelembab yang kuat. Gunakan krim cahaya di musim dingin.

Bayi yang baru lahir tidak perlu selalu dimandikan setiap hari. Hal ini karena kulit sangat halus. Memberikan bayi Anda mandi spons akan lebih tepat. Gunakan kain lembut untuk menyeka tubuh kering. Terlalu banyak sabun dapat mengeringkan kulit.

Setelah Anda selesai memandikan bayi Anda, gunakan kain lembut dan membersihkan lipatan kulit dengan hati-hati. Jadilah sangat memperhatikan daerah daerah leher, belakang telinga, daerah popok, dll pelembab kecil dapat diterapkan di sini jika daerah terlalu kering. Hindari memandikan bayi terlalu sering di musim  hujan yang dingin.

Lalu berlanjut pada pilihan mengenai pakaian bayi. Karena semua perubahan popok, kita perlu sangat berhati-hati dan perlu untuk dicatat jika bayi Anda memiliki ruam popok tertentu yang disebabkan oleh merek tertentu.

Ketika Anda menghapus dan membersihkan pantat bayi Anda, jangan menggosok daerah sekitar kemaluan. Anda akan perlu untuk menjadi perhatian dalam kasus ini, karena gagal untuk melakukannya dapat menyebabkan infeksi atau ruam di sekitar daerah ini.

Gunakan air hangat bersama dengan produk pembersih yang baik untuk membersihkan pantat bayi. Kadang-kadang, beberapa debu bedak pada daerah tersebut dapat membantu. Selalu mencoba untuk menghindari penggunaan tisu bayi berbasis alkohol yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Anda harus menyadari bahwa perubahan mendadak di atmosfer dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut untuk kulit. Oleh karena itu, selalu lindungi kulit bayi Anda dari sinar matahari yang keras dan angin kencang. Gunakan pakaian tertutup untuk melindungi bayi saat Anda sedang bepergian.

Jika bayi Anda memiliki kulit gatal pada malam hari, kemudian meredam kain dalam air dingin dan menepuk pada wilayah tersebut. Gunakan beberapa pelembab yang menenangkan pada bayi.

Selalu memastikan bahwa Anda memakaikan bayi Anda dengan pakaian longgar. Ini akan membantu untuk sirkulasi udara yang lebih baik dan mencegah bayi Anda dari berkeringat dan merasa tidak nyaman sepanjang hari. Ketika malam yang hangat, gunakan lembaran tipis dan lembut untuk bayi.

Selalu menjaga tempat tidur sangat bersih. Seorang bayi bisa alergi terhadap tungau debu dan ini juga dapat memicu ruam karena menggunakan bantal selimut bersih dan bedspreads dapat membantu untuk menghindari ruam tersebut dan iritasi kulit.

Penanganan Pakaian Bayi

Mencuci pakaian bayi memang tidak bisa dibilang mudah, walaupun ukuran mereka kecil, namun jumlah mereka sangat banyak. Berikut akan diberikan tips merawat pakaian bayi agar bayi tetap merasa nyaman dan enak di lihat, yaitu :

  1. Anda bisa menyiapkan ember plastik.
  2. Menyiapkan sabun cuci atau deterjen. Sebaiknya sabun cuci yang dipergunakan adalah sabun cuci yang lembut dan tidak menggunakan banyak busa.
  3. Gantungan yang digunakan untuk menjemur. Karena jumlah pakaian bayi itu banyak sekali, sebaiknya Anda menggunakan gantungan gurita, yaitu sebuah gantungan yang mempunyai lengan banyak dan digantung.
  4. Selain gantungan gurita, Anda memerlukan jepitan pakaian. Pakaian bayi sangat ringan hingga pakaian itu mudah terbang oleh angin,  jadi diperlukan jepitan pakaian agar tetap di atas jemuran sampai pakaian kering.
  5. Keranjang plastik yang digunakan untuk tempat pakaian yang sudah kering. Jika Anda ingin mengambil pakaian bayi, usahakan jangan dicampur dengan pakaian dewasa yang lain.
  6. Setrika dengan alasnya, sebaiknya alas ini dibedakan dengan sewaktu menyetrika pakaian orang dewasa.

Setelah menyiapkan barang-barang di atas, langkah selanjutnya adalah :

  1. Isi dua ember sampai penuh, yang satu diisi dengan sabun cuci dan yang satu diisi dengan air.
  2. Memisahkan popok yang terkena pup bayi dengan popok yang kotor biasa. Jangan mencampur satu sama lain, karena akan membuat semua popok menjadi bau dan susah untuk dihilangkan.
  3. Bersihkan popok yang terkena pup bayi terlebih dahulu di atas WC atau kloset. Kemudian masukkan ke dalam kumpulan popok / pakaian kotor yang lain. Setelah itu masukkan ke dalam ember yang berisi sabun cuci.
  4. Rendam selama beberapa jam, kemudian tinggal di cuci bisa dengan tangan, ataupun dengan mesin cuci.

Dalam mencuci pakaian bayi jangan terlalu banyak menggunakan sabun cuci. Akan lebih baik menggunakan sabun mandi yang batangan untuk menghilangkan noda pup. Sabun batangan dinilai lebih mampu melarutkan noda organic seperti pup atau juga darah.

Sebaiknya jangan menggunakan pelembut pakaian yang mempunyai aroma yang menyengat. Sekarang banyak pelembut pakaian yang khusus untuk pakaian bayi karena menggunakan bahan khusus yang tidak akan membuat kulit bayi iritasi.

Speak Your Mind

*