Tips Sukses Belanja Online Murah

Ilustrasi belanja online murahSalah satu hal yang paling menyenangkan dari belanja online adalah Anda bisa berburu barang yang lebih murah atau disebut belanja online murah. Pada dasarnya, berburu barang di dunia maya tidak terlalu berbeda dengan di dunia nyata. Yang jelas, Anda tidak capek keluar masuk toko untuk membandingkan harga. Untuk berbelanja online murah, Anda tinggal klik dan membuka beberapa situs yang diinginkan.

Di Mana Belanja Online Murah?

Ada banyak tempat di mana Anda bisa berburu barang incaran dengan lebih murah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    • Lelang. Tentu Anda telah mengenal ebay. Melalui sistem lelang, Anda bisa membeli barang yang diinginkan dengan harga sangat murah. Sebaliknya, karena lelang, bisa jadi harganya melonjak tinggi. Ingatkan diri Anda bahwa Anda masih harus menanggung ongkos kirim dan pajak. Di Indonesia juga ada beberapa penjual di komunitas online yang menjual barangnya dengan sistem lelang.
    • Sale. Akhir tahun, ulang tahun situs, adalah masa-masa di mana belanja online murah merajalela karena adanya sale. Yang harus Anda lakukan hanyalah rajin memantau situs incaran Anda. Atau, ikuti saja situs favorit Anda agar berita diskon tidak luput dari perhatian.
    • Barang Second. Ada banyak orang yang bersedia melepas barang yang tidak lagi mereka sukai. Dari sini, Anda bisa mendapatkan kamera, buku, tas, pakaian, sepatu, atau yang lainnya dengan harga murah.
  • Menawar. Seperti toko biasa, Anda juga bisa menawar saat berburu belanja online murah. Hanya saja, perhatikan aturan mainnya. Ada beberapa penjual yang telah mematok harga pasti dan enggan tawar menawar.

Agar Belanja Online Murah Anda Benar-benar Murah

Sudah tahu barang yang Anda inginkan? Agar Anda berhasil berbelanja online murah, simaklah beberapa tips berikut ini.

    • Bandingkan harga barang di situs belanja online Anda dengan harga di toko konvensional. Ingatlah bahwa Anda tidak hanya menanggung harga barang, tetapi Anda juga harus menanggung biaya kirim dan waktu menunggu barang. Jika biaya kirim barang yang Anda inginkan tinggi, apakah berarti belanja online Anda lebih murah?
    • Bandingkan beberapa situs sebelum membeli. Anda sudah mengincar suatu barang, akan tetapi ongkos kirimnya tinggi sekali. Di situs lain, barang yang sama memiliki harga yang lebih tinggi, tetapi ia menggratiskan ongkos kirim. Mana yang lebih menguntungkan? Sekali lagi, bandingkan harganya sebelum memutuskan.
    • Belilah secara bersama-sama untuk menghemat ongkos kirim. Jika Anda ingin membeli barang dari situs luar negeri, mengapa tidak Anda berbagi dengan orang lain? Anda bisa mengumumkan keinginan Anda di situs komunitas online dan mencari orang yang punya keinginan sama dengan Anda. Bahkan, jika Anda serius, mengapa tidak menjadikan belanja online murah jadi bisnis.
    • Ada alasan mengapa suatu barang menjadi murah. Bisa jadi sang penjual ingin melepaskan sepatu yang terlalu kecil untuknya. Atau, bisa jadi sang penjual sudah bosan dengan gaun yang baru dibelinya. Jika kebetulan Anda menyukai barang yang dijual, mengapa tidak Anda membelinya? Hanya saja, jangan membeli karena murah semata. Bisa jadi nanti Anda kecewa.
  • Hati-hati barang palsu. Seperti di dunia nyata, banyak barang palsu beredar di dunia nyata. Untuk pembeli kosmetik, jangan mudah tergiur dengan alasan, “Kami mengambil langsung dari pabriknya, jadi lebih murah.” Bisa jadi, itu alasan untuk menutupi kepalsuan produknya. Tanyalah pada teman atau komunitas online sebelum memutuskan membeli. Informasi tentang produk palsu banyak beredar di internet.

Tip Belanja Online Murah dan Aman

Belanja online murah bukan berarti kita tidak harus hati-hati dan waspada karena tidak sepenuhnya belanja online murah itu pasti aman. Hal yang wajib selalu diingat bahwa belanja online murah itu juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Bila tidak hati-hati, mungkin saja kita akan dirampok oleh para penjahat digital. Oleh karena itulah, untuk menghindari risiko tersebut dan juga melindungi data pribadi dari para penjahat digital, simaklah baik-baik tip berikut.

1. Melakukan Riset pada Situs Web Tempat Anda Belanja

Tip pertama ini wajib dilakukan jika kita berbelanja pada sebuah situs web yang kurang dikenal atau tidak familiar. Cobalah untuk memeriksa nomor telepon si penjual kemudian hubungi langsung. Jika tidak ditemukan atau kurang meyakinkan, cobalah kunjungi mesin pencari seperti Google atau Yahoo.

Setelah itu, masukkan nama situs web belanja tersebut. Carilah informasi dari konsumen web tersebut. Jika ada hal-hal yang mencurigakan dan ada sesuatu yang tidak beres, beralihlah ke situs lainnya dan jangan coba-coba lagi untuk belanja online di situs tesebut.

2. Bacalah dengan Detail Kebijakan Situs Web Terhadap Data Pribadi Anda

Tip kedua ini harus dilakukan karena memang cukup penting diketahui, terutama Anda yang akan melakukan belanja online murah. Dalam situs web belanja jangan sampai ada kebijakan yang mengatakan bahwa pengelola situs tersebut diperbolehkan memberikan data pribadi Anda kepada pihak lain.

Baca juga seputar kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang akan dibeli tak dapat dilihat secaa fisik, maka harus ada garansi jika barang yang dikirim rusak. Garansinya yaitu Anda boleh mengembalikan kembali barang tersebut dan akan diganti dengan barang baru atau bisa juga garansinya berupa uang kembali. Jangan lupa untuk memeriksa pihak yang membayar pengembalian barang tadi.

3. Periksa Paket Barang

Periksalah paket barang dengan cara membaca deskripsi produk secara mendetail. Kita harus curiga pada suatu barang bermerek, tetapi dijual dengan potongan harga sangat tinggi atau diskon besar-besaran.

4. Jangan Cepat Tergiur pada Tawaran Barang yang Harganya Sangat Murah

Kita sebagai konsumen sebaiknya jangan cepat tergiur pada tawaran barang dengan harga sangat murah sekali yang datang dari email, terlebih lagi meminta ID dan password, tanpa ada izin dari si pemilik email. Hal ini merupkan ulah dari spammer.

Dalam hal ini, kita juga harus lebih hati-hati karena spammer pun bisa merayu. Spammer mengirim sebuah email yang seolah-olah berasal dari sebuah perusahaan. Alangkah lebih baik jika kita mengunjungi situs web perusahaan tersebut dan belanja langsung di situs itu, jangan belanja lewat email atau lewat jendela pop-up.

5. Cari Tanda untuk Mengetahui Keamanan Situs Web

Carilah tanda jika situs web itu aman. Biasanya, tanda tersebut berbentuk gambar gembok di ststus bar atau baris status browser. Periksalah keberadaan tanda itu sebelum memasukkan informasi pribadi. Saat diminta untuk mengetikkan informasi pendaftaran yang biasanya berupa nomor kartu kredit, lihatlah alamat situs web. Seharusnya, alamat situs web berubah dari http menjadi shttps yang berarti informasi pembayarannya dienkripsi. Intinya, semuanya akan lebih aman.

6. Amankan PC Anda

Amankanlah PC atau PC Anda minimal memiliki antivirus dan lebih baik lagi jika memiliki anti firewall dan spyware. Ingatlah, piranti lunak keamanan itu haruslah di-update dengan berkala sehingga PC terhindar dari ancaman virus terbaru. Disarankan juga agar mengatur proses update secara otomatis.

7. Pertimbangkan Cara Pembayarannya

Pada umumnya, pembayaran belanja online murah dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Dengan sebuah kartu kredit, Anda memiliki bukti yang kuat bahwa telah melakukan transaksi jika barang tidak dikirim atau tak sesuai dengan pesanan. Namun, banyaknya terjadi pencurian nomor sebuah kartu kredit, sepertinya pembayaran dengan memakai sistem PayPal boleh dipilih.

Seperti berbelanja di dunia nyata, belanja di dunia maya juga bisa menyenangkan. Apalagi, jika Anda berhasil mendapatkan barang incaran Anda dengan lebih murah. Akan tetapi, tetaplah hati-hati. Jangan sampai belanja online murah Anda justru berubah menjadi bumerang. Akhirnya, selamat berburu barang murah!

Speak Your Mind

*