Tips Sukses Menunaikan Ibadah Haji Dan Umrah

Ilustrasi Menunaikan Haji dan UmrahSetiap Muslim di dunia yang merindukan kedekatan dengan Tuhannya, tentulah sangat mendambakan untuk bisa menunaikan ibadah haji, atau setidaknya ibadah umrah. Dengan melaksanakan ibadah haji ini maka umat muslim telah menyelesaikan rukun Islamnya secara lengkap.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang terdapat dalam hadist shahih. Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa ibadah haji merupakan rukun Islam yang wajib dikerjakan bagi orang-orang yang mampu. Orang mampu disini mencakup mampu dalam hal materi maupun jasmani. Bahkan dijelaskan dalam sebuah hadist bahwa:

“Muhammad Rasulullah SAW bersabda : Siapa yang memiliki bekal dan kendaraan, yang dapat membawanya ke Baitul Haram, tetapi tidak melaksanakan haji, maka ia akan mati seperti seorang Yahudi atau Nasrani” (HR Tirmidzi dan Baihaqi).

Dari hadist mengenai ibadah haji di atas, sungguh beruntunglah orang-orang yang bisa melaksanakan rukun islam yang terakhir ini. Hal ini dikarenakan tidak semua orang diberi kesempatan serta kemuliaan oleh Allah Swt untuk melaksanakan haji ataupun umrah.

Sekalipun orang yang mampu bisa menjalankan ibadah haji, namun tidak semua orang mampu dapat diberi kesempatan untuk singgah dan menghadap di rumah Allah Swt tersebut.

Begitu tegas Rasulullah SAW bersabda bahwa orang yang mampu tetapi tidak menjalankan ibadah haji maka ancamannya adalah mati bukan sebagai seorang muslim. Hal ini yang menjadi sebuah renungan bagi kita semua untuk mengupayakan diri agar bisa mengunjungi rumah Allah SWT dan menjalankan rukun Islam yang kelima tersebut.

Dalam pelaksanaannya, ibadah ini tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda siapkan dengan matang dan terencana agar ibadah Anda lancar dan mabrur. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan agar sukses menunaikan ibadah haji atau umrah;

1. Mencari informasi

Sebelum Anda berangkat ke tanah suci, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi yang harus anda ketahui di antaranya tentang agen travel yang menyediakan layanan yang baik bagi keberangkatan haji,  hotel yang sesuai keinginan dan budget Anda, lama ibadah yang harus Anda jalani, kondisi cuaca di tanah suci, dan fasilitas lainnya yang berkaitan dengan akomodasi Anda selama berada di tanah suci.

Informasi-informasi ini dapat membantu anda dalam menjalankan ibadah haji. Bila perlu, anda bisa membuat daftar atau list mengenai informasi-informasi yang anda butuhkan dalam menjalankan ibadah haji atau umrah agar tidak lupa.

2. Persiapan mental

Sebelum kita menunaikan ibadah ke tanah suci, alangkah baiknya jika Anda berusaha untuk menyucikan hati dari segala kesalahan dan penyakit hati selama ini. Persiapan ini merupakan hal utama yang harus dilakukan bagi seorang calon haji.

Membersihkan hati dari dosa dan kesalahan baik langsung kepada Allah Swt ataupun sesama manusia merupakan persiapan yang menjadi pokok dalam menjalankan ibadah haji.

Niatkan ibadah semata-mata hanya karena mengharap keridaan Allah. Persiapan ini akan bermanfaat saat kita mengikuti seluruh rangkaian ibadah yang menuntut kesabaran, keikhlasan, dan tawakal kepada Allah Ta’ala.

Persiapan mental menjadi suatu hal paling pertama dipersiapkan dalam menjalankan ibadah haji ini agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar. Hal ini dikarenakan persiapan mental akan berimbas pada pelaksanaan ibadah haji di tanah suci tersebut.

3. Persiapan fisik

Pada saat melaksanakan ibadah haji atau umrah, kondisi fisik mutlak untuk diperhatikan. Di sana akan ada serangkaian kegiatan yang harus Anda laksanakan, belum lagi kondisi cuaca yang berbeda.

Jika kondisi badan Anda kuat, insya Allah Anda akan mampu melewati semua kegiatan selama ibadah haji atau umrah berlangsung. Persiapan fisik dapat meliputi:

  • Konsumsi buah dan minum air putih sebanyak mungkin agar Anda terhindar dari dehidrasi. Hindari pula minuman seperti teh dan kopi. Bila perlu, Anda bisa juga mengonsumsi vitamin.
  • Berolahraga secukupnya untuk melatih agar tubuh lebih fit. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan vaksinasi untuk menghindari penyakit meningitis, sejenis penyakit berbahaya yang menyerang selaput otak dan dapat mengakibatkan kematian.
  • Usahakan Anda tidur yang cukup selama penerbangan.

Persiapan secara fisik ini merupakan persiapan yang harus diperhatikan secara matang. Hal ini dikarenakan cuaca, iklan di Mekkah berbeda dengan iklim di Indonesia. Sehingga diperlukan persiapan dan ketahanan tubuh yang kuat bagi siapa saja yang menjalankan ibadah haji di Baitul Haram tersebut.

4. Persiapan biaya

Hal ini tentu menjadi persiapan yang tak kalah penting. Pastikan Anda menyiapkan uang pecahan riyal dalam bentuk recehan, seperti 1 riyal, 5 riyal, atau 10 riyal. Hal ini akan Anda butuhkan sebagai uang untuk memberi tip.

Pecahan uang ini dapat juga anda gunakan sebagai uang untuk memberi sedekah dan lain sebagainya. Akan tetapi, pemberian sedekah kepada pengemis disana sangat tidak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan, pengemis akan bertindak jauh jika kita tidak memberikan sedekah kepada mereka.

Pastikan juga Anda sudah memperhitungkan uang saku untuk belanja keperluan oleh-oleh dan sebagainya karena sudah tentu kegiatan ini masuk dalam jadwal kosong Anda ketika berada di Tanah suci.

Akan tetapi, kecenderungan para jamaah haji dari Indonesia yang “gila” belanja membuat sebagian orang lupa akan ibadah wajib untuk dilaksanakan di Mekkah tersebut. Ada baiknya jika setiap jamaah bersikap bijaksana dalam berbelanja dan lebih teliti dalam berbelanja. Hal ini dikarenakan bannyak barang Indonesia yang juga dijual di Tanah suci.

5. Persiapan logistik

Selain mempersiapkan mental, fisik, dan biaya, persiapan lain yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan logistik. Persiapan logistik ini adalah persiapan yang menjadi perlengkapan pribadi yang dibutuhkan. Persiapan logistik meliputi kebutuhan akan barang-barang seperti berikut:

  • Pelembab wajah, lotion, dan pelembab bibir. Hal ini untuk mengatasi kulit dari kekeringan akibat cuaca di sana.
  • P3K sekadarnya, seperti minyak kayu putih, plester, obat sakit perut, dan sebagainya.
  • Pakaian secukupnya, jangan terlalu banyak.
  • Jangan lupa menyiapkan obat-obatan pribadi, jika Anda mengidap penyakit tertentu.
  • Lengkapi juga peralatan Anda dengan tas jinjing atau tas ransel. Tas ini akan Anda rasakan manfaatnya ketika melakukan rangkaian ibadah selama di tanah suci.
  • Jangan lupa membawa buku agama atau buku doa dan zikir.
  • Hal kecil namun penting adalah membawa botol minuman yang memiliki tali untuk disampirkan di pundak atau leher. Botol ini berguna untuk membawa air zam-zam, agar Anda tidak kehausan.

Persiapan logistik ini menjadi suatu hal yang juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Perlengkapan logistik menjadi keperluan yang pada umumnya menjadi pelengkap kebutuhan dalam menjalankan ibadah haji anda.

Persiapan dalam pelaksanaan ibadah haji memang dirasa sangat diperlukan, mengingat rangkaian ibadah haji membutuhkan waktu, energi, dan biaya yang besar agar dapat membuat ibadah haji tersebut berjalan dengan lancar.

Terakhir, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah berhati-hati dan selalu waspada ketika berada di Tanah suci. Kejahatan tidak hanya ada di wilayah-wilayah tertentu saja, kejahatan bisa terjadi dimana saja termasuk juga kejahatan di Tanah Suci.

Kejahatan sering terjadi akibat kecerobohan yang dilakukan oleh para jamaah haji. Banyak kejahatan yang terjadi di Tanah suci, seperti pencopetan, pencurian, pemerasan, penculikan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak bepergian sendiri selama berada di sana. Ajaklah beberapa teman jika Anda ingin pergi ke suatu tempat. Di tanah suci tersebut ada banyak pencuri yang selalu siap mengambil harta benda saat Anda lengah!

Akhir kata, dengan adanya artikel yang membahas tentang tips dalam menjalankan ibadah haji ini, semoga Anda benar-benar bisa melakukan persiapan yang lebih baik dan pulang ke tanah air dengan selamat dan mendapatkan haji yang mabrur.

Speak Your Mind

*