Tips Wisata Murah di Bali

Ilustrasi tips wisata murah di Bali

 

Wisata ke Bali misalnya merupakan salah satu kebutuhan sekunder tapi bagi orang kota.  Wisata merupakan kebutuhan utama guna meredakan kepenatan kerja.   Pergi berlibur: pemborosan atau investasi? Banyak orang memandang liburan hanya sebagai pemborosan semata. Padahal, liburan juga penting untuk produktivitas.  Ahli psikologi menganjurkan kepada masyarakat modern menganjurkan kepada mereka untuk meluangkan waktu untuk berwisata atau melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Menyusun rencana wisata ke Bali

Sampai saat ini, Bali masih menjadi tujuan wisata terpopuler di Indonesia. Alasannya, yang pasti karena pantainya yang indah dan kekayaan budaya yang asyik untuk dinikmati.

Namun, masih ada saja yang beranggapan berlibur ke Bali berarti menguras tabungan. Sebenarnya, ini tidak benar sama sekali. Ada beragam cara yang bisa dilakukan agar liburan hemat dan menyenangkan. Malah seni berwisata terletak pada planning dan perencanaan estimasi budget.  Anda dituntut jeli dalam menggunakan dana selama wisata.  Rencana dibuat agar dana yang dikeluarkan terkontrol, misalnya post untuk transport 2 juta, post penginapan 1,5 juta dan lain sebagainya.  Estimasi seperti itu wajib direncanakan bagi seorang backpacker sejati.

Ingin tahu? Berikut ini akan dipaparkan tentang bagaimana berwisata murah meriah ke Bali tanpa menjebolkan kantong.

 Hemat sejak Berangkat

Jika Anda termasuk low-budget tourist, gunakanlah low fare airlines. Hindari keberangkatan saat musim liburan karena sudah pasti harga tiket membubung tinggi. Memesan tiket via internet juga lebih menghemat biaya. Terutama, jika dipesan dari jauh-jauh hari.

Tahukah Anda kalau jam penerbangan di malam hari biasanya lebih murah dari pagi atau siang hari?

Diskripsi kalau ingin menikmati suasana Bali, hindari bepergian pada musim liburan / peakseason.  Pilihlah hari liburan pada hari-hari setelah musim liburan atau hari kerja.  Pas Bali dalam kondisi sepi, biasanya penginapan menawarkan tariff murah kepada calon konsumennya.

Akomodasi Murah

Tidak ada yang tidak bisa Anda dapatkan di internet–termasuk tur dan hotel murah di Bali. Lewat mesin pencari semacam Google, Anda dapat menemukan paket-paket low-budget holiday dari kantor jasa tur lokal Bali yang menyediakan paket lengkap transportasi dan penginapan.

Keuntungannya, jika berlibur saat low-season, Anda bisa menikmati privasi lebih di kendaraan travel. Melalui biro jasa semacam ini, Anda pun bisa mendapatkan penginapan di lokasi-lokasi strategis dengan harga murah. Walaupun, tentunya bukan hotel berbintang. Demi keamanan, lakukan riset reputasi tur dan penginapan yang ditawarkan lewat milis dan blog.

Untuk tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, biasanya paket tur lokal bersifat fleksibel. Dalam arti, Anda bebas memilih tujuan, mau ke mana saja. Jika Anda memang tidak ada niat (dan dana) membeli aksesoris perak, lukisan, atau patung, coret saja kunjungan ke pusat-pusat kerajinan semacam itu. Mintalah biro tur untuk menggantinya dengan yang lebih sesuai minat.

Lokasi yang wajib Anda datangi saat ke Bali tentunya pura. Jika sudah bosan dengan Tanah Lot, kunjungi Tirta Kempul, Ulundanu, Alas Kedaton, dan Uluwatu. Agar tidak rugi, pastikan pertunjukan tari Bali semacam Kecak dan Barong sudah ada dalam rute tur Anda.

Mencari Makanan Murah

Paket tur lokal biasanya hanya menyediakan makan 1 kali (siang atau malam). Jadi, ada saatnya Anda harus mencari makan sendiri. Wah, ke mana ya mencari makanan yang enak lagi murah?

Biasanya, restoran-restoran sekitar hotel maupun di jalan utama harganya lumayan menjebol. Cari kedai-kedai rumahan di sekitar beach inns tempat mangkal para backpacker. Di sana, banyak tersaji menu rumahan yang harganya terjangkau.

Saatnya Belanja!

Berlibur dengan nuansa pengiritan bukan berarti kita nggak belanja, kan? The key of smart shopping is know where to shop.

Souvenir shop di hotel jelas tidak masuk hitungan. Bisa banget, kok, kalau mau mendapatkan barang-barang keren di Bali tanpa pulang dalam keadaan jatuh miskin: berbelanjalah di pasar-pasar seni tradisional yang memungkinkan kita untuk tawar-menawar.

  • Pasar seni Sukowati

Barang-barang di tempat semacam ini biasanya sama dengan yang ada di toko-toko modern yang berjajar rapi di pinggir jalan utama. Pasar Seni Sukawati sudah menjadi tempat keramat yang wajib diziarahi.

Kalau barang di sana dirasa agak pasaran, alihkan “serangan” ke pasar-pasar seni sekitar pura. Sering kali barang-barangnya lebih unik dan beda. Pasar seninya Pura Tirta Kempul wajib disambangin karenahandmade accessories-nya keren-keren.

  • Pasar seni Tanah Lot

Pasar seni Tanah Lot juga lumayan oke untuk belanja oleh-oleh. Di tempat-tempat semacam ini, menawar barang sampai separuh harga awal sah-sah aja, dan jurus pura-pura meninggalkan kios benar-benar manjur. Tapi, jangan lupa untuk tetap bersikap ramah dengan penjualnya ya…

  • Pasar Kumbasari

Mau cari lukisan tradisional Bali, datanglah ke Pasar Kumbasari yang berada di pusat kota Denpasar. Tepatnya di Jalan Sulawesi, dari Kuta hanya butuh 15 menit menggunakan kendaraan umum atau taksi.  Pasar Kumbasari merupakan daerah khusus penjualan kerajinan khas Bali selain lukisan, ada banyak ragam souvenir yang di jual di sini, misalnya patung, kipas, gantungan kunci.  aneka keperluan spa dan massage pun dijual di sini, seperti aroma terapi, sabun mandi, lilin wangi dan lain sebagainya.

Membeli souvenir di Pasar Kumbasari tak perlu kwatir kemahalan, pasalnya disini harganya tak mati, semua bisa ditawar, sampai setengah harga jual.  Intinya Pasar Kumbasari menawarkan pengalaman belanja souvenir dengan harga lebih miring, dari toko souvenir lainnya. Tak heran pasar ini menjadi tempat favorit belanja bagi turis asing yang berkantong tipis.

 

Sewa motor lebih hemat biaya

            Di Denpasar dan kota-kota lain di Bali, kendaraan umum seperti angkot dan bus kota tak sebanyak di Jawa. Di tambah lagi setelah menjelang petang tak kendaraan umum hilang dari jalan-jalan di Denpasar, yang tinggal taksi, tentu tarifnya lebih mahal dari kendaraan umum.  Oleh karena itu guna kemudahan menuju objek wisata, disarankan wisatawan menyewa sepeda motor atau mobil, harganya murah dan sudah full bensin.

Kalau hanya untuk transportasi dalam kota dan tempat-tempat wisata yang tak begitu jauh, sewalah sepeda motor matic, harganya lebih murah kisaran  75 ribu rupiah sampai 100 rb per hari, harga segitu pun boleh ditawar lebih murah lagi apalagi kalau disewa selama Anda wsiata di Bali. Dengan menyewa motor Anda bisa sepuasnya menelusuri kota Denpasar dan pergi sesukanya ke mana pun pergi. Menyewa motor jauh lebih hemat dari pada naik angkot atau naik taksi.    Di Jalan Legian banyak sekali rental motor maupun mobil yang semua memiliki harga bersaing.

 

Cari Penginapan Murah di Jalan Legian dan Jalan Poppy Lane 2

Menikmati Bali tak cukup dua hari,  melancong ke Pulau Dewata harus dipikirkan tentang akomodasi penginapan yang sesuai dengan kekuatan finansial Anda.  Kalau memiliki dana pas-pasan sebaiknya datangi kawasan Jalan Poppy Lane di sana banyak terdapat penginapan murah meriah.  Kisaran harga antara100 ribu sampai 350 ribu rupiah  per malam, bahkan kalau Anda rencana nginap tiga hari berturut-turut harganya bisa dinego.  Fasilitasnya kamarnya lumayan, single bed, kipas angin, dan kamar mandi dalam.  Biaya ini akan menjadi ringan jika dibayar secara patungan dengan kawan Anda.   Demikianlah sekilas tentang Tips Wisata Murah Di Bali.

 

Speak Your Mind

*