Tujuan Keselamatan Kerja dalam Lingkungan Kerja

Ilustrasi tujuan keselamatan kerjaSatu hal yang selalu diperingatkan kepada kita saat melakukan pekerjaan atau kegiatan lainnya adalah menjaga keselamatan. Keselamatan memang merupakan aspek utama dalam kehidupan kita sebab dengan mengutamakan keselamatan, maka kita terhindar dari kecelakaan. Hal ini karena tujuan keselamatan kerja adalah mengkondisikan lingkungan dan proses kerja sehingga tidak muncul hal-hal yang dapat mencelakai kita.

Sudah terlalu banyak orang yang mengalami kecelakaan karena tidak memperhatikan aspek keselamatan kerja pada saat melakukan kegiatan kerja. Mereka terlalu angkuh dan sembrono pada saat melakukan kegiatan kerja. Mereka mengabaikan berbagai tata aturan terkait dengan keselamatan kerja. Seakan-akan segala konsep keselamatan kerja tersebut hanyalah bahan bacaan tak berguna.

Tujuan keselamatan kerja yang sudah disosisalisasikan, bahkan setiap saat didengung-dengungkan tidak pernah mencapai tujuannya. Dan, gaya hidup sehat menjadi acuan untuk menerapkan konsep keselamatan kerja.

Setiap perusahaan terikat pada keharusan untuk menerapkan konsep keselamatan kerja di lingkungannya. Hal ini karena keselamatan kerja merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan kinerja. Jika pekerja selamat, maka perusahaan dapat mewujudkan berbagai program yang telah disusunnya. Bagaimanapun, keselamatan kerja memang harus diterapkan di segala lini kegiatan kerja.

Beberapa tujuan keselamatan kerja sebenarnya sangatlah beragam. Hal ini tergantung pada visi dan misi perusahaan atau lingkungan kerja.  Tetapi, setidaknya masalah keselamatan kerja merupakan hak utama pekerja sehingga perusahaan harus mengkondisikannya. Perusahaan dapat dituntut secara hukum jika tidak menerapkan lingkungan yang berbasis keselamatan kerja.

Kesadaran Pentingnya Keselamatan kerja

Selama ini yang paling sulit dilakukan adalah mengubah pola hidup dan pola pikir masyarakat. Sebagian besar masyarakat kita berpedoman pada kebiasaan yang selama ini dilakukannya. Mereka berpikir bahwa jika selama ini mereka sudah merasa aman dengan cara kerja yang diterapkan. Untuk apa harus bingung dengan berbagai konsep yang merepotkan itu.

Dalam hal inilah, kita perlu memberikan pengarahan dengan sosialisasi pentingnya keselamatan kerja kepada masyarakat. Hal ini sangat penting sebab masyarakat  merupakan basis utama kegiatan hidup kita. Dan, masyarakatlah yang secara langsung berhubungan dengan berbagai macam kegiatan kerja. Jika mereka tidak memahami aspek keselamatan kerja dengan sebaik-baiknya, maka mereka dapat celaka pada saat bekerja.

Seperti kita ketahui bahwa tujuan keselamatan kerja adalah mencegah terjadinya kecelakaan pada saat bekerja. Dan, hal tersebut dapat kita capai jika masyarakat mendapatkan pengetahuan dasar mengenai keselamatan kerja. Tentunya, di masyarakat masih banyak yang awam atas konsep keselamatan kerja ini. Oleh karena itulah, kita harus menjadikan mereka memahami pengertian dan tujuan keselamatan kerja.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman dan Nyaman

Bahwa tingkat keberhasilan suatu pekerjaan sangat tergantung pada kenyamanan lingkungan kerja. Jika kita bekerja di lingkungan yang kondusif untuk bekerja, maka kita dapat bekerja secara maksimal dan efektif. Hal ini karena tingkat konsentrasi kerja kita sangat tinggi sehingga mampu menyelesaikan setiap pekerjaan sesuai ketentuan, baik waktu maupun kualitas hasil kerjanya.

Salah satu tujuan keselamatan kerja adalah menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi para pekerja. Perusahaan tentunya tidak menginginkan produktivitas karyawannya menurun sebab hal tersebut terkait dengan perhasilan perusahaan. Dan, salah satu hal yang dilakukan perusahaan untuk pengkondisiannya adalah dengan menciptakan dan menerapkan keselamatan kerja dalam setiap sudut pekerjaan.

Penerapan aspek keselamatan kerja di lingkungan kerja merupakan salah satu perwujudan gaya hidup sehat pada masyarakat. Bahwa untuk menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya tidak hanya tertuju pada bagaimana caranya agar kehidupan ini sehat. Hal lain yang juga harus kita perhatikan adalah aspek keselamatan kerja di lingkungan kerja.

Menggugah Kesadaran Pimpinan Lingkungan Kerja

Kadang-kadang, bila tidak boleh dikatakan sering kita mendapati kenyataan bahwa para pimpinan lingkungan kerja menuntut pada pekerja untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Mereka menuntut pekerja untuk bekerja lebih giat dan efektif. Jadwal pekerjaan dibuat sedemikian ketat sehingga harus menggunakan waktu secara ketat pula.

Kondisi ini seringkali berakibat pada kurangnya perhatian pimpinan terhadap aspek keselamatan kerja para pekerja. Hal ini sangat merugikan para pekerja. Mereka dapat mengalami kecelakaan jika harus bekerja dalam kondisi yang tidak aman. Oleh karena itulah, dengan menerapkan keselamatan kerja di lingkungan kerja, maka kita dapat menyadarkan pimpinan lingkungan kerja atas pentingnya tujuan keselamatan kerja.

Kita memang harus menggugah kesadaran para pimpinan lingkungan kerja sebab merekalah yang terkait dengan hal ini. Merekalah yang sebenarnya menikmati hasil kerja para pekerja. Jika pekerja mengalami kecelakaan, tentunya mereka akan mengalami kerugian yang tidak kecil. Oleh karena itulah, mereka harus menyadari hal tersebut.

Begitulah tujuan keselamatan kerja diterapkan di lingkungan kerja. Setidaknya, jika kita menerapkan konsep keselamatan kerja dengan benar, maka selama kita bekerja, tidak akan mengalami kecelakaan kerja. Dan, produktivitas kerja kita meningkat sebab kinerja kita bagus, meningkat.

Menggugah Lewat Pesan Keselamatan

Ada beberapa kutipan tentang keselamatan kerja yang akan menggugah dan memberitahu para pekerja untuk menyadari akan adanya bahaya di lingkungan kerja yang memungkinkan.

Anda dapat menggunakan yang standar atau bahkan coba coba dengan beberapa cara kreatif yang unik untuk memberikan pesan yang sangat dibutuhkan dalam upaya menegakkan poin dari keselamatan kerja. Memang, tujuan utama adalah hanya untuk mencegah kecelakaan atau insiden yang akan terjadi. Beberapa kutipan terkenal dalam pola keselamatan umum antara lain sebagai berikut. Beberapa di antaranya bahkan di selipi humor gelap khas di dalam stiker.

  • Kecelakaan bisa terluka – Keselamatan tidak.
  • Safety first… Untuk Tempat Kerja Lebih Baik.
  • Safety… Kemarin, Hari ini, dan Besok.
  • Hidup tidak dimulai oleh kecelakaan. Jangan mengakhirinya dengan yang macam itu.
  • Lupa perlindungan pendengaran dipasang? Lupakan saja punya pendengaran!
  • Hari Esok – adalah hadiah bagi Anda karena telah bekerja dengan aman hari ini.
  • Siapkan & mencegah bukannya perbaikan & bertobat.
  • Keselamatan adalah pekerjaan penuh waktu, jangan menjadikannya jadi praktek paruh waktu.
  • Merasa sakit? Santai atau istirahat.
  • Bukanlah kecelakaan orang yang pulang dengan bersiul.
  • Peraturan keselamatan adalah alat terbaik.
  • Sebuah tempat kerja yang aman menetapkan mood untuk sikap prestasi yang tinggi.
  • Memastikan keamanan adalah bisnis yang umum.
  • Jadilah waspada, waspada untuk hidup.
  • Hari ini diperingatkan. Hari esok tetap hidup.
  • Keselamatan adalah keadaan pikiran – kecelakaan adalah ketiadaan pikiran.
  • Setiap kecelakaan – setiap kali – jika itu diprediksi itu dapat dicegah.
  • Lebih baik kehilangan satu menit dalam hidup … daripada kehilangan hidup dalam satu menit.
  • Mesin ini dapat membunuh Anda.
  • Sedikit saja tumpahan, sebesar jalan perjalanan rumah sakit.
  • Tempat kerja Anda adalah kerajaan Anda. Buatlah jadi aman.
  • Cara aman adalah satu-satunya cara.

Ini hanya penjelasan umum dari tujuan keselamatan kerja melalui pesan tentang keselamatan kerja sendiri. Anda bahkan dapat menggunakan beberapa kutipan keamanan di atas sebagai ‘pesan keselamatan kerja dari hari ke hari.

Speak Your Mind

*