Twitter – Jejaring Sosial Pendatang Baru

Ilustrasi twitter 

Setahun belakangan, dunia maya dihebohkan dengan munculnya sebuah situs jejaring sosial yang baru. Namanya Twitter. Bagaimana tidak heboh, situs jejaring sosial yang satu ini konon dicalonkan sebagai situs yang akan menggantikan Facebook. Dari waktu ke waktu, jumlah pemilik akun Twitter secara signifikan bertambah drastis.

Mewabahnya penggunaan Twitter di masyarakat terjadi karena menurut berbagai pendapat, Twitter itu lebih simple, lebih mudah, lebih bebas berpendapat, dan lebih efektif dalam menyampaikan pesan tertentu. Bahkan, ‘Trending Topic (TT)’ yang ada di dalam Twitter selalu menjadi berita yang mendunia.

Daftar Isi

  • Tweet
  • Tweep
  • Twitterland
  • Home
  • Timeline
  • Follower
  • Following
  • List
  • Profile
  • Find People
  • Setting
  • Reply
  • Direct Message
  • Retweet
  • Hashtag
  • Twitlonger
  • Tweetdeck

 

Twitter sebenarnya merupakan sebuah situs jejaring sosial yang termasuk ke dalam golongan situs microblog. Hal ini karena Twitter menyajikan layanan penyiaran tulisan yang pendek. Hanya 140 karakter. Namun, walaupun demikian, Twitter bisa ditempeli dengan URL (Uniform Resource Locater) yang mengacu pada situs lain, foto, video, tulisan, atau apa pun yang merupakan alamat internet.

Jika Anda merupakan pengguna Twitter yang baru, ada beberapa istilah, menu, dan aplikasi dasar yang wajib diketahui. Tanpa tahu istilah-istilah tersebut, dijamin Anda akan tersesat di dalam dunia Twitter. Karena banyaknya istilah yang akan diuraikan, maka pada bagian ini, tulisan akan dibagi dua. Berikut sebagian istilah, menu, dan aplikasi dasar yang wajib Anda ketahui tersebut.

  • Twitt/Twit/Tweet

 

Adalah istilah untuk tulisan yang diketikkan di bagian “What’s Happening?”. Di dalam Facebook, twit/twit/tweet ini sama dengan update-an status. Twitt/twit/tweet yang dimasukkan tidak boleh lebih dari 140 karakter saja.

  • Tweep

Adalah istilah pengguna Twitter. Kata “Tweep” berasal dari “Tweet People” yang berarti orang yang suka berkicau. Twitter sendiri konon dibuat atas inspirasi dari burung yang suka berkicau sehingga Twitter disimbolkan dengan gambar burung.

  • Twitterland

Adalah istilah yang menggambarkan dunia para pengguna Twitter. Dunianya tentu saja dunia maya.

  • Home

Adalah tampilan halaman awal saat Anda masuk akun Twitter. Di dalam “Home” Anda bisa melihat timeline yang merupakan twit/twit/tweet dari orang-orang yang Anda follow serta follower Anda.

  • Timeline

Adalah kumpulan twitt/twit/tweet berdasarkan urutan waktu.

  • Follower

 

Adalah istilah bagi para pengguna Twitter yang mengikuti Anda. Follower ini bisa melihat semua twitt/twit/tweet yang Anda tulis (timeline). Semakin banyak follower Anda, semakin terkenal Anda di dunia Twitter (Twitterland)

 

  • Following/People You Follow

Adalah istilah dari para pengguna Twitter yang Anda ikuti. Dengan mengikuti mereka, Anda otomatis bisa melihat seluruh twit/twit/tweet mereka (timeline). Biasanya, orang-orang yang di-follow adalah teman dekat, selebriti, tokoh masyarakat, atau orang-orang yang mempunyai timeline yang unik.

  • List

Adalah istilah yang mengacu kepada pengelompokkan pengguna twitter berdasarkan kriteria tertentu. Anda bisa membuat “List” sendiri atau juga Anda mungkin bisa dimasukkan ke dalam “List” orang lain.

  • Profile

Adalah istilah yang merupakan tampilan halaman muka Twitter Anda jika dilihat oleh orang lain. Di dalam profile akan terlihat “Timeline”, “Follower”, “Following”, serta identitas Anda (Bio).

  • Find People

Adalah sebuah menu Twitter yang memfasilitasi Anda untuk mencari orang-orang baik yang ada di Twitter (pengguna Twitter), orang dengan interest tertentu, orang yang di-suggest Twitter untuk Anda, teman, ataupun mengundang teman untuk membuat akun Twitter.

(2)

Twitter sebenarnya merupakan sebuah situs jejaring sosial yang termasuk ke dalam golongan situs microblog. Hal ini karena Twitter menyajikan layanan penyiaran tulisan yang pendek. Hanya 140 karakter. Namun, walaupun demikian, Twitter bisa ditempeli dengan URL (Uniform Resource Locater) yang mengacu pada situs lain, foto, video, tulisan, atau apa pun yang merupakan alamat internet.

Berikut adalah bagian kedua dari tulisan mengenai beberapa istilah, menu, dan aplikasi Twitter.

  • Setting

Adalah sebuah menu Twitter yang merupakan tempat Anda meng-costumize akun Twitter Anda sendiri. Seperti memasukkan data diri, password, mengaktifkan akun Twitter di ponsel, ataupun membuat tampilan profil yang baru (misalnya dengan menambahkan foto/avatar, mengganti warna, mengubah latar, dan lain-lain).

  • Reply (@)

Adalah istilah yang merupakan penujuan isi twit/twitt/tweet terhadap pengguna twitter tertentu. Caranya adalah dengan menambahkan ‘@” di awal nama akun Twitter pengguna tersebut. Twit/twitt/tweet ini bisa dibaca oleh seluruh ‘follower’ dan orang yang Anda ‘following’. Dan orang yang Anda tuju, akan tahu bahwa twit/twitt/tweet tersebut untuk dirinya dari mention (@….) di home-nya.

  • Direct Message (DM)

Adalah menu Twitter yang memfasilitasi Anda untuk mengirim pesan terhadap pengguna Twitter lain. Akan tetapi, di sini, orang yang Anda DM haruslah sudah menjadi ‘follower’ Anda. Isinya juga tak boleh lebih dari 140 karakter.

  • Retweet (RT)

Andalah fasilitas Twitter yang memungkinkan Anda untuk mem-forward atau meneruskan twit/twitt/tweet orang lain di twit/twitt/tweet Anda (timeline).

  • Hashtag (#)

 

Adalah istilah yang menjadi kata kunci dari twit/twitt/tweet tertentu yang ditulis dengan menambahkan simbol ‘#’ di awal kata kuncinya. Hashtag ini bisa menjadi linkyang bisa di-klik untuk melihat timeline dari twit/twitt/tweet yang menggunakan kata-kata kunci tersebut. Semakin banyak twit/twitt/tweet yang menggunakan kata kunci dengan hashtag tertentu, kemungkinan untuk menjadi Trending Topic semakin besar. Walaupun, sering juga Trending Topic tidak menggunakan hashtag.

  • Trending Topic (TT)

Adalah istilah yang ditujukan pada urutan topik teratas (biasanya 10 teratas) yang sedang diperbincangkan di dalam twit/twitt/tweet. Trending topic biasanya merupakan kejadian, orang, atau apa pun yang sedang heboh. Kata kunci yang menjadi Trending topic biasanya kemudian akan menjadi berita mendunia yang kemudian muncul di berbagai media massa dunia.

  • Twitpic/Twitphoto

Adalah sebuah layanan luar Twitter yang memfasilitasi Anda untuk mengunggah foto yang kemudian ditempelkan di dalam twit/twitt/tweet. Penempelannya berupa link yang langsung mengacu pada foto yang Anda unggah. Semua follower Anda dan orang-orang yang Anda following bisa melihatnya dengan meng-klik link tersebut. Anda bisa masuk ke dalam aplikasi ini dengan login dan password yang sama dengan akun Twitter Anda.

  • URL Shortener

 

Adalah sebuah aplikasi dari penyedia layanan Twitter yang memfasilitasi Anda untuk memperpendek alamat URL yang Anda tempelkan di twit/twitt/tweet. URL biasanya panjang dan hal ini akan mengurangi 140 karakter yang disediakan. Padahal, Anda mungkin membutuhkan sisa karakter untuk pesan bagi URL tersebut. Jadi, layanan URL shortener membantu Anda dalam mengoptimalisasi 140 karakter tersebut.

  • Twitlonger

Adalah sebuah aplikasi luar yang memfasilitasi Anda untuk membuat twit/twitt/tweet yang lebih panjang (lebih dari 140 karakter), yaitu dengan cara menempelkan link yang bisa di-klik untuk melihat seluruh isi twit/twitt/tweet tersebut. Anda bisa masuk ke dalam aplikasi ini dengan login dan password yang sama dengan akun Twitter Anda. Sebagai catatan, aplikasi ini tidak terlalu disukai karena tidak praktis. Jadi lebih baik optimalkan saja 140 karakter.

  • Tweetdeck

Adalah salah satu penyedia layanan Twitter. Tweetdeck banyak dipakai karena kepraktisannya. Dengan Tweetdeck, Anda bisa langsung melihat mention(twit/twitt/tweet yang menyebut nama twitter Anda), Direct Message untuk Anda, serta suggest tweep untuk Anda. Tak hanya itu, Tweetdeck juga mempunyai aplikasi URL Shortener yang otomatis dan juga pengintegrasian dengan Facebook. Dengan pengintegrasian bersama Facebook, Anda bisa sekaligus update status Facebook dan menulis twit/twitt/tweet dalam waktu yang bersamaan.

Nah, setelah Anda tahu istilah-istilah di dalam Twitter, siapkan Anda untuk mengarungi Twitterland? Taklukkan Twitter karena di sini Anda bisa menjadi terkenal hingga ke dunia nyata.

Ilustrasi twitter

Dewasa ini bermunculan jejaring sosial, seakan memberikan solusi untuk kehidupan manusia yang semakin terpisah oleh ruang dan waktu. Dengan adanya jejaring sosial, manusia dapat menjalin pertemanan dengan siapa pun, tak peduli berada di belahan mana pun berada di dunia ini, seperti facebook, twitter, yahoo massengger, bbm, skype, dll.

Dengan mudahnya mendapatkan jaringan internet, manusia dapat dengan mudah juga terhubung ke dunia maya. Orang yang asalnya tidak tahu mengenai dunia internet menjadi tahu karena tuntutan zaman.

Perkembangan dan Pengaruh Internet

Perkembangan zaman yang semakin canggih menghasilkan produk-produk yang canggih juga. Dengan kecanggihan tersebut memudahkan manusia untuk berinteraksi atau bersosialisasi dengan seseorang yang jaraknya jauh.
Kecanggihan teknologi yang semakin cepat menuntut manusia untuk hidup serba mudah dan cepat, termasuk di Indonesia. Keuntungan yang didapat dari teknologi tersebut sangat besar dan mempengaruhi semua aspek kehidupan.

Kehidupan politik, ekonomi, sosial-budaya, agama, dan pendidikan, semua terpengaruh oleh adanya kemajuan teknologi tersebut. Jadi, apabila ada orang yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, maka orang tersebut akan ketinggalan zaman. Salah satunya adalah dunia internet.

Meskipun tidak semua orang membutuhkan jaringan internet, tapi pada umumnya masyarakat Indonesia sudah mengenal dunia internet, baik untuk kepentingan pribadi atau untuk kepentingan umum.

Karena kebutuhannya tersebut, jaringan internet sekarang ini mudah didapat, seperti yang sudah dijelaskan tersebut. Apalagi teknologi handphone yang rata-rata sudah mempunyai fitur internetnya, terutama jejaring sosial, memudahkan orang untuk memakainya.
Hampir setiap orang mempunyai ponsel, sehingga kemungkinan sebagian besar orang menggunakan fasilitas internet di ponselnya. Dengan harga ponsel yang murah, tapi memiliki fitur yang lengkap, mampu membuat orang untuk memiliki ponsel.

Fungsi ponsel selain untuk berkomunikasi melalui telepon dan sms, juga bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui jejaring sosial. Tarif yang dikenakan pun relatif murah dibandingkan tarif untuk telepon.

Intinya, sekarang ini, orang untuk mengenal dan masuk ke dalam dunia maya itu sangat mudah karena adanya fasilitas yang mendukung, seperti ponsel. Selain itu, tersedianya modem yang harganya semakin murah dan banyaknya tempat yang menyediakan wifi, juga memudahkan orang untuk terhubung ke dunia maya.

Jejaring sosial sudah menjadi trend atau sudah popular, terutama di kalangan anak-anak remaja. Mereka bersosialisasi dengan teman-temannya melalui jejaring sosial, baik teman yang dikenal atau pun teman yang belum pernah bertemu.
Maraknya jejaring sosial juga berdampak pada perubahan lingkungan, terutama dalam bidang sosial. Orang-orang dapat bersosialisasi dengan teman-temannya tanpa harus bertemu. Bahkan orang tersebut dapat bersosialisasi dengan orang yang belum pernah bertemu.

Hal tersebut menjadikan seseorang mendapatkan teman yang banyak, meskipun berbeda daerah atau negara, dan dapat berkomunikasi dengan seseorang yang jauh dari tempat kita.
Dari bidang bisnis, jejaring sosial sangat membantu para pembisnis untuk menawarkan produknya. Lihat saja di jejaring sosial, sekarang sudah banyak toko on line yang beroperasi.

Banyak dampak positif dengan adanya jaringan internet, terutama jejaring sosial. Akan tetapi, perlu diperhatikan dampak negatifnya juga dengan adanya jaringan internet.
Salah satunya adalah dalam bidang sosial. Manusia adalah makhluk sosial. Maksudnya, manusia adalah makhluk yang selalu membutuhkan interaksi dengan sesamanya, bukan makhluk individu.
Berkomunikasi adalah salah satu bentuk manusia bersosialisasi. Bersosialisasi yang baik tentu saja dengan bertemunya manusia yang satu dengan yang lainnya, agar komunikasi tersebut jelas.

Jejaring sosial adalah salah satu media sosial manusia untuk berkomunikasi. Akan tetapi, komunikasi yang terjadi hanya di dunia maya. Tidak ada tatap muka atau bertemu secara langsung.

Mungkin itu memang memudahkan manusia yang ingin berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh darinya. Akan tetapi, apabila seseorang terlalu sering menghabiskan waktunya di dunia maya, hal tersebut tidak bagus untuk perkembangan psikologisnya.
Manusia menjadi malas untuk bersosialisasi secara langsung dengan orang lain karena waktunya dihabiskan untuk bersosialisasi di dunia maya. Kepekaannya terhadap keadaan lingkungan sekitarnya menjadi berkurang. Bersikap tidak peduli pada lingkungannya. Sikap gotong royong di lingkungannya juga tidak ada.

Kepercayaan dirinya untuk berkomunikasi di depan umum menjadi berkurang karena jarang bersosialisasi di depan umum. Banyak dampak yang menimbulkan perubahan pada keadaan sosial di masyarakat.
Jadi, dunia internet, terutama jejaring sosial, boleh saja dipergunakan, tapi jangan lupa pada lingkungan sekitar Anda. Untuk hiburan sesaat saja tidak apa-apa, tapi jangan sampai Anda menghabiskan waktu dengan dunia maya. Mulailah memanfaatkan waktu Anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar Anda.

Jejaring Sosial Twitter

Twitter adalah satu dari sekian jejaring sosial yang marak digunakan orang saat ini. Banyak orang menggunakan twitter dengan alasan kepraktisannya. Bahkan, beberapa orang atau lembaga tertentu menjadikan twitter sebagai media untuk promosi produk atau menjual ‘brand image’ mereka.

Twitter juga merupakan media untuk siapa pun mengikuti sepak terjang idola mereka, seperti bintang olahraga, bintang musik, atau pun bintang film. Anda sudah mempunyai akun di twitter? Kalau belum dan Anda tertarik, mudah saja. Twitter memberikan layanan registrasi yang mudah, dalam waktu tak lebih dari lima menit, Anda sudah berada dalam jejaring sosial tersebut.

Membuat Akun Twitter

Konon kabarnya para pendiri twitter merupakan pecahan dari pendiri suatu jejaring sosial raksasa yang banyak diminati orang sekarang ini. Sehingga ada beberapa layanan yang terdapat dalam twitter, mirip dengan layanan dalam jejaring sosial tersebut.

Hanya saja bentuknya lebih sederhana. Jika Anda sudah pernah atau terbiasa mengikuti jejaring sosial raksasa tersebut, Anda tentunya akan lebih cepat dan mudah beradaptasi dengan twitter.

Untuk menjadi bagian dalam jejaring sosial twitter, terlebih dahulu Anda harus mempunyai akun di twitter. Tentunya untuk mempunyai akun twitter, Anda pun harus mempunyai akun surat elektronik yang biasa Anda gunakan.
Fungsi akun surat elektronik tersebut untuk mengirimkan pemberitahuan bahwa Anda sudah terhubung dalam jejaring twitter dan juga sebagai sarana untuk mengaktifkan akun Anda di twitter. Berikut ini langkah-langkah untuk menjadi bagian dalam jejaring sosial twitter.

  • Setelah komputer Anda terhubung ke internet, segera masuk ke dalam situs jejaring sosial twitter. Caranya dengan mengetikkan twitter melalui mesin pencari atau mengetikkan situs twitter www.twitter.com. Segera tampilan jendela di layar monitor Anda akan menampakkan situs jejaring sosial tersebut. Jika Anda mencarinya melalui mesin pencari, tentunya Anda harus memilih situs jejaring sosial yang bersangkutan. Tunggulah beberapa saat, Anda akan dialihkan menuju situs tersebut.
  • Dari menu tampilan yang ada di situs twitter, pilih menu ‘sign up’. Anda akan dialihkan pada menu pendaftaran yang disediakan oleh situs jejaring sosial tersebut. Format pengisian yang disediakan adalah format standar yang disederhanakan. Isilah format pendaftaran tersebut dengan benar.
  • Terakhir, isilah bagian validasi dengan mengetikkan kata yang disediakan. Isilah dengan benar. Setelah bagian ini selesai, otomatis Anda sudah berada dalam situs jejaring sosial twitter.

Administrasi jejaring sosial ini kemudian akan mengirimkan surat elektronik berupa konfirmasi ke alamat surat elektronik yang Anda cantumkan saat pendaftaran.

Segera kunjungi alamat surat elektronik Anda untuk melakukan konfirmasi, ikuti prosedur yang telah disediakan. Setelah melakukan konfirmasi Anda sudah resmi memiliki akun twitter.

Selanjutnya Anda sudah bisa mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya, misalkan dipilih berdasarkan minat Anda masing-masing. Administrasi twitter akan menyarankan beberapa minat yang bisa Anda pilih untuk kemudian dijadikan dasar pertemanan Anda.

Anda pun dapat memasang foto untuk dipasang di bagian beranda laman twitter Anda. Dengan demikikan, orang akan mudah mengenali jika ingin berteman dengan Anda. Anda pun dapat mengubah tampilan laman pribadi Anda, dengan tampilan-tampilan lainnya yang lebih disukai. Tinggal memilih desain lain yang disediakan oleh Administrasi twitter.

Sebagai langkah awal pertemanan, Anda dapat mengetikkan salam tak lebih dari 140 huruf kepada seluruh teman Anda di seluruh dunia. Selamat mencoba akun twitter baru Anda. Jangan lupa untuk tetap memanfaatkan waktu Anda untuk bersosialisasi di dunia nyata.

Speak Your Mind

*