Uniknya Mas Kawin Pernikahan

Ilustrasi mas kawin pernikahanPernikahan di atas muka bumi memang selalu menjadi suatu hal sakral yang selalu dinantikan oleh setiap orang. Setiap orang, tiap daerah, setiap suku dan setiap bangsa selalu mempunyai aturan dan tata cara yang unik dan berbeda-beda yang menunjukkan perbedaan budaya dan tingkat adaptasi antara alam dan manusia.

Makna Mas Kawin

Makna dari mas kawin pernikahan  yang kadang kala disebut dengan mahar adalah suatu pemberian dari pihak calon mempelai laki-laki kepada pihak calon mempelai wanita, yang mana pemberian ini dimaksud untuk menjunjung atau menghargai pihak wanita. Di dalam ajaran agama Islam sendiri, hal ini ditujukan untuk menghormati derajat wanita dengan pemberian mahar ini.

Di Indonesia sendiri yang memiliki 33 provinsi, belasan suku pastilah juga berarti puluhan adat istiadat yang berbeda satu sama lain. Meski berada di dalam satu pulau namun antara propinsi yang satu dengan yang lainnya sudah berbeda adat dan istiadatnya.

Pergeseran Nilai

Perubahan jaman dan perkembangan teknologi ikut berpengaruh pula pada pergeseran nilai budaya, meski adatnya tetap dijunjung dan dilaksanakan. Seperti di Papua, pada beberapa waktu lalu penduduk setempat masih menggunakan babi sebagai mahar atau mas kawin perkawinan adat mereka.

Namun setelah mengenal dan beradaptasi dengan budaya lain, terutama Islam, nilai-nilai itu mulai bergeser. Kini penduduk mulai menyukai piring Cina yang mempunyai motif beragam untuk dijadikan mahar, dan juga dilengkapi dengan pemberian buah pinang.

Di Ende Flores, propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mahar atau mereka sebut dengan belis diberlakukan sangat tinggi sekali. Belis dihitung begitu mahal sekali, dan kebanyakan pemuda di Endepun merasa keberatan dengan besar dan mahalnya beban belis ini.

Antara mahar atau biasa mereka sebut belis sangat berkaitan dengan sistematis kehidupan bermasyarakat. Artinya bila tanpa belis berarti tak ada pernikah, bila pernikahan umum atau pernikahan gereja tak terjadi maka tak mungkin keluar akta pernikahan.

Bila akta pernikahan tak punya, maka bila ada bayi-bayi yang lahir tanpa melalui pencatatan perkawinan mereka, maka anak-anak mereka tak bisa memperoleh akte kelahiran. Dan itu artinya juga akan menghambat pada pencantuman status social mereka di kemudian hari.

Di pulau Adonara Kabupaten Flores Timur – mahar atau belis bahkan kadang berupa ternak-ternak mereka seperti kuda atau kerbau. Gading perak gajah pun kadang-kadang dijadikan belis bagi masyarakat di Ende, Flores karena dianggap sangat berharga.

Tradisi Unik Daerah

Adat Karo di Sumatera Utara menitik beratkan upacara perkawinan dengan nilai simbolis. Di Karo pakaian adat yang paling dikenal dan sangat menjadi cirri khas mereka adalah ulos. Ulos bagaikan sebuah simbolis bagi masyarakat adat Karo khususnya maupun masyarakat Batak di Sumatera Utara umumnya.

Pada upacara perkawinan adat Batak yang digelar biasanya mahar diletakkan di atas ulos yang disebut dengan uis nipes yang berfungsi sebagai piring atau alas; yang diistilahkan oleh orang Batak sebagai ‘pinggan pasu’ tempat meletakkan mahar bagi perempuan Batak yang dilamar oleh seorang lelaki Batak.

Lain di tanah Karo – Sumatera Utara, lain pula di Ternate – Nusa Tenggara Timur. Adat Ternate lebih banyak dipengaruhi oleh ajaran Islam, sehingga dalam adat istiadat atau kebiasaan mereka lebih banyak mengadopsi ajaran Islam.

Penyerahan mahar bagi wanita Ternate disebut sebagai kata bido se hana maija.   Kata bido se hana maija, bisa diartikan sebagai upacara dalam tata cara adat Ternate pada saat utusan dari pihak keluarga mempelai laki-laki yang disebut baba se ema; menghantarkan semua kebutuhan dalam upacara perkawinan itu kepada pihak keluarga mempelai perempuan yang disebut yaya segoa.

Ijab Kabul dalam tata cara upacara adat perkawinan Ternate adalah inti dari rentetan upacara perkawinan itu sendiri. Ijab Kabul dilakukan oleh pihak mempelai laki-laki atau baba se ema, dengan tambahan bawaan berupa bunga, lilin dan karo mangale.

Kemudian mahar atau mas kawin yang dibawa oleh pihak mempelai laki-laki atau baba se ema – yang isinya berupa seperangkat alat sholat, perhiasan wanita dan segala kebutuhan mempelai wanita. Mahar tersebut diterima oleh pihak mempelai wanita atau yaya segoa dengan lantunan do’a.

Biasanya kedatangan pihak mempelai laki-laki atau baba se ema akan disambut meriah oleh pihak mempelai wanita atau yaya segoa dengan iringan hadrat dan tabuhan tifa, juga musik tabuh-tabuhan rebana. Rebana sangat kental dengan budaya Islam yang melekat erat pada kehidupan dan adat istiadat di Ternate.

Inkripsi Unik pada Cincin Kawin

Cincin kawin dipertukarkan oleh pengantin selama perkawinan, sebagai kebiasaan. Ada banyak kegembiraan dan menyenangkan yang terlibat dalam memilih desain cincin ini. Beberapa orang memilih  cincin emas, sementara yang lain senang memiliki cincin berlian.

Beberapa pasangan memilih cincin mewah dan di buat desainer dengan bertatahkan dengan batu permata, sementara yang lain lebih memilih untuk tetap sederhana. Dan inkripsi Pernikahan pada cincin merupakan bagian dari desain cincin. Inkripsi ini memainkan peran penting dalam membuat cincin yang unik.

Inkripsi hampir setua tradisi bertukar cincin. Mereka membuat simbol cinta yang istimewa. Permukaan bagian dataran cincin menawarkan kanvas terbaik untuk sebuah inkripsi.

Jika Anda benar-benar bersemangat dan bersemangat untuk memiliki sebuah cincin dengan tulisan cincin kawin terbaik untuk pasangan tercinta Anda, berikut adalah beberapa ide inkripsi pada cincin kawin sebagai bagian dari mas kawin.

Inkripsi dapat berupa tanggal pernikahan, frase yang berarti, nama pasangan, kutipan unik sendiri, dll Ingat, apa pun yang Anda pilih akan menjadi bagian permanen dari cincin kawin. Jadi, cobalah untuk membuatnya unik, khusus dan romantis.

Inkripsi Religius

Jika Anda berpikir pasangan Anda ingin memiliki sebuah inkripsi cincin kawin religius di antaranya, berikut adalah beberapa pilihannya.

  • Berkah Allah
  • Bersatu Karena Allah
  • Allah merahmati Selamanya
  • Dengan Menyebut Nama Allah
  • Bersama dalam Kerajaan Surga
  • Demi Keberkahan
  • Allah memberkati Pernikahan ini
  • Allah memberkati My Love
  • Allah memberkati Cincin ini

Inkripsi Romantis

Jika pasangan Anda adalah orang yang romantis lengkap, pergi untuk inkripsi-inkripsi yang indah untuk membuat cincin Anda sepotong perhiasan yang sempurna.

  • Forever Yours
  • Forever ever after
  • Aku milik-Mu
  • Hanya Untukmu
  • I Belong To You
  • Selalu Selamanya
  • Kau Ada di Hati
  • Trully, Madly, Deeply
  • Sampai kematian memisahkan
  • Sampai Nafas Terakhir saya
  • My Soulmate
  • Keabadian Cinta
  • Lengkap sudah
  • Awal baru cinta kita

Selain inkripsi yang disebutkan di atas, Anda membuat kutipan unik sendiri. Juga, Anda dapat mengukir setengah dari kutipan pada cincin Anda dan setengah pada cincin pasangan Anda.

Anda dapat saling bertukar untuk memasang nama terukir pada cincin pasangan Anda dan namanya pada cincin Anda. Meskipun nama ukiran tampaknya sedikit membosankan dan kuno, akan memiliki daya tarik yang unik sebagai mas kawin pernikahan dan akan terus mengingatkan Anda berdua, dari cinta yang di mana bisa saling berbagi berdua.

Memilih sebuah inkripsi itu sendiri tidak cukup. penting rasanya Anda memilih font yang tepat dan dengan ukuran fontnya. Juga ingat bahwa ukiran baik mungkin tidak terlihat begitu menarik atau dibaca, dan akhirnya tidak punya arti apa apa.  Jadi, pasangan harus memilih inkripsi sesuai yang mudah di baca.

Speak Your Mind

*