Variasi Menu Makanan Untuk Sahur

Ilustrasi Menu SahurBulan Ramadhan sudah semakin dekat, sejauh mana persiapan Anda menyambut bulan yang penuh rahmat itu. pastinya segala persiapan sudah dipersiapkan baik secara lahir maupun batin. Sebab puasa, selain menahan lapar dan haus juga menahan hawa nafsu untuk marah, untuk berbuat jahat dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang penting dan perlu diperhatikan adalah pada saat sahur. Saat ini merupakan saat terberat, karena seseorang disuruh makan pada saat pagi buta, pastinya rasa malas untuk makan selalu menyerang, padahal pada saat berpuasa, pada waktu siang hari datang penyesalan kenapa pada saat sahur tidak makan ini, tidak makan itu …

Pada saat berpuasa, tubuh terkadang kekurangan cairan, lemas dan mengantuk. Supaya badan Anda tidak mengalami semua itu Anda perlu memperhatikan menu sahur. Pastikan Anda sekeluarga Selalu konsumsi sayuran dan buah segar. Sayuran bisa disajikan dalam bentuk mentah ataupun matang.

Namun untuk sahur, disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dalam bentuk masak walaupun tidak tertutup kemungkinan untuk mengkonsumsi sayur dalam keadaan mentah, sayuran seperti itu dijadikan lalapan. Atau bisa juga Anda menyediakan sayuran dalam bentuk tumisan, bisa juga di buat sayur kuah agar lebih segar. Untuk buah, jika Anda malas untuk membuat jus di pagi buta, Anda cukup konsumsi buah potong saja. selain praktis, buah juga dalam keadaan masih segar.

Mineral, vitamin, air dan serat yang dihasilkan dari buah dan sayur akan membuat tubuh Anda tidak akan mengalami kekurangan cairan dan yang paling penting adalah selalu tetap bugar. Lebih baik hindari dulu makanan yang mengandung lemak tinggi. Bila Anda suka mengkonsumsi makanan yang berlemak, gorengan atau berkuah santan menyebabkan tubuh merasa memerlukan cairan.

Variasi menu makanan untuk sahur harus di perhatikan agar tidak bosan, sahur tidak harus menggunakan lauk yang kering. Anda juga harus memperhatikan nutrisi  agar puasa sehari penuh bisa dijalani dengan baik. Berikut akan diberikan variasi menu makanan untuk sahur yang bisa disiapkan pada saat memasak makanan untuk berbuka :

  • Lauk Kering

Untuk persediaan Anda bisa menyediakan lauk kering dalam jumlah yang agak banyak. Jadi bisa dikonsumsi selama beberapa hari, Anda tidak perlu setiap hari membuat lauk kering. Contoh lauk kering yang bisa disediakan adalah : kering kentang atau kering tempe, dendeng.

  • Nasi dengan Lauk Berkuah

Jika Anda ingin lauk berkuah pada saat sahur, pilih yang ringan saja, seperti : sop, bakso, pangsit rebus, dan lain sebagainya. Sebaiknya hindari dulu masakan ikan berkuah. Seperti gurame asam manis, ikan bumbu kuning, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan lauk yang berasal dari seafood baunya biasanya anyir dan tidak enak pada saat puasa. Selain lauk berkuah, Anda juga bisa menyajikan sayur yang dimasak kuah atau bisa juga di tumis. Untuk sayur, sebaiknya membuatnya secara mendadak, agar rasa tetap segar dan enak.

  • Minuman

Untuk melengkapi hidangan sahur, jangan lupa untuk menyediakan minuman, seperti susu hangat, teh, wedang jahe. Minuman seperti ini, selain bisa menghangatkan ;lambung, minuman ini juga bisa dijadikan sumber energy. Jika Anda tidak repot bisa juga menyediakan jus buah segar

  • Energi Bonus

Jangan lupa untuk mengkonsumsi multivitamin atau bisa juga dengan memakan buah kurma untuk tambahan bekal energy Anda saat berpuasa sepanjang hari.

Jika keluarga Anda termasuk orang yang suka makan makanan yang masih hangat, Anda harus menyediakan beberapa bumbu yang siap jadi di dalam kulkas. Sebaiknya pilih bahan makanan yang tidak terlalu susah proses pembuatannya, karena waktu untuk sahur tidak lama. Anda bisa memulai menyiapkan bahan-bahan pada waktu malam setelah melakukan sholat tarawih.

Speak Your Mind

*