Vitamin

Sejak zaman peradaban dahulu manusia sudah mulai mengenal senyawa yang jenisnya vitamin. Selain itu sudah ribuan tahun yang klalu senyawa jenis Vitamin ini dianggap sangat cocok untuk menangani berbagai macam kesehatan pada tubuh kita. Molekul yang kecil terdapat pada senyawa organic yang dibutuhkan oleh semua organisme dalam kelangsungan metabolisme itu adalah Vitamin.

Kesehatan Anda dapat sangat terjaga apabila mengkonsumsi berbagai Vitamin sesuai dengan kebutuhan Anda. Penyakit akan secara mudah menghinggapi badan Anda bila senyawa yang dibutuhkan kadarnya tidak memenuhi badan Anda.

Tapi sebenarnya Vitamin yang diperlukan untuk tubuh itu tidak usah berlebihan secukupnya saja. Namun bila kandungan Vitamin yang masuk kedalam tubuh Anda itu kurang ini akan mengganggu metabolism pada tubuh Anda, dan parahnya lagi kandungan yang ada pada Vitamin tidak bisa menggantikannya dengan senyawa yang berbeda.

Jenis Vitamin

Vitamin itu ada dalam dua macam dibaginya menjadi dua kelompok yang besar. Kelompok Vitamin besar itu terdiri dariVitami yang dapat larut saat dalam lemak dan juga jenis Vitamin yang bisa larutnya di dalam air.

Jenis Vitamin bila dilihat dari yang bisa atau mudah larut di dalam air yaitu Vitamin C dan Vitamin B. Sedangkan untuk Vitaminyang larutnya saat di lemak contohnya : Vitamin D, Vitamin K, Vitamin A dan Vitamin E

Vitamin A

Pertama ada Vitamin A. Vitamin A ini lebih terkenalnya adalah retinol. Vitamin A ini fungsinya dapat membantu Anda dalam indra kita khususnya untuk penglihatan Anda dan waktu yang paling cocok itu malam hari saat aktivitas kita sudah mulai berkurang. Selain berfungsi untuk penglihatan juga berguna dalam menjaga imunitas tubuh dan juga dengan kualitas tubuh

Sifat yang mudah sekali rusak itu dialami oleh Vitamin A bila terkena udara, cahaya matahari, dan paparan panas. Vitamin A banyak terkandung di makanan contohnya adalah susu, ikan, sayur-sayuran (yang mempunyai warna hijau dan juga warna kuning), serta buah-buahan (buah-buahan yang paling baik berwarna merah dan kuning, contohnya pisang, cabai yang merah, papaya).

manfaat vitamin A sangatlah banyak diantaranya adalah:

  • Indera penglihatan yaitu mata sangat memerlukan Vitamin A ini. Fungsi Vitamin A ini  yaitu mempermudah proses mengubah sinyal molekul yang berasal sinar atau cahaya yang ditangkapoleh bagian mata yaitu retina dan langsung memproses itu menjadi proyeksi gambar pada bagian otak Anda.
  • Sel yang dapat memproduksi dengan normal bisa dibantu dengan Vitamin A. Karena kanker akan mudah datang ke tubuh Anda jika sel-sel yang ada tidak berjalan dengan normal
  • Apalagi untuk ibu yang sedang hamil Vitamin ini sangat bermanfaat bagi Anda. Perkembangan dan pertumbuhan janin dan embrio akan dapat berjalan lancer dengan bantuan Vitamin A,
  • Bakteri pathogen yang terjadi dari infeksi yang terjadi pada organism asing juga dapat dicegah oleh Vitamin A ini. Antibodi yang ada didalam tubuh serta sel darah putih akan bekerja secara optimal dengan mengkonsumsi Vitamin A, jadi serangan mikroorganisme sebagai parasit menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin

Vitamin B

Untuk masalah kekurangan dengan Vitamin B  menurut para peneliti itu tidak bisa diketahui, karena tak ada tanda-tanda yang khusus terhadap orang yang menderita kekurangan Vitamin B. Sehingga sulit untuk mendiagnosa.

Vitamin B padahal mempunyai peran yang sangat penting bagi tubuh Anda. Namun dari sebagian besar orang hampir semuanya tidak memperdulikan dengan baik Vitamin yang satu ini. Vitamin sejenis suplemen saja yang mengandung Vitamin B tidak Anda konsumsi  padahal ini sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh Anda

Jadi intinya adalah proses metabolism dalam tubuh khususnya pada saat beraktivitas yang mengeluarkan energy yang banyak adalah peranan yang penting dari vitamin B ini. Sumber energi yang diperlukan oleh tubuh dalam metabolism yang mempengaruhi ke jalur reaksi adalah fungsi dari Vitamin B yang berperan sebagai senyawa koenzim.

Pembentukan dalam sel darah merah juga terdapat dalam berbagai jenis Vitamin yang ada salah satunya Vitamin B. sumber utam yang ada dalam Vitamin B yaitu : Sayur-sayuran yang hijau, susu dan juga gandum.

Bentuk dari Vitamin B ada yang dalam bentuk pil dan juga bisa dipakai untuk diet. Jadi manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan tapi juga dalam program pelangsingan badan AndaVitamin yang satu ini identik dengan makanan yang bisa dimakan semua bagiannya seperti kentang, tuna, pisang, gandum, kacang-kacangan, kalkun, ragi, cabai dan masih banyak jenis makanan lainnya.

Vitamin C

Manfaat yang diperlukan oleh tubuh kita terkandung dalam Vitamin C atau dalam istilahnya itu asam askorbat. Senyawa yang dibutuhan dalam pembentukan kalogen adalah perannya Vitamin yang satu ini. Senyawa ini sangat penting dalam penyusunan sendi, jaringan kulit, serta masih banyak jaringan yang berfungsi sebagai penyokong lainnya.

Dalam proses pembentukan kolagen sangat diperlukan Vitamin C yang cukup yang menjadi pengikat sel, senyawa itu adalah asam amino. Senyawa untuk pengikat sel ini berfungsi untuk menghubungkan tulang lalu kulit serta ikatan yang terdapat pada sendi tulang.akelenturan juga kekenyalan yang ada pada kolagen itu bisa Anda daptkan di Vitamin C. Molekul dapat diperlancar prosesnya untuk menjadi bentuk paling baik yaitu hydroxylation dan ini dapat didukung oleh Vitamin C.

Vitamin D

Vitamin D adalah jenis Vitamin yang kandungannya dapat di temui di makanan yang sifatnya hewani contohnya adalah keju, telur, susu, ikan dan jiga berbagai jenis olahan lainnya. Tulang adalah bagian dari tubuh Anda yang sangat memerlukan Vitamin yang satu ini. Mineral dalam tulang dan proses metabolism pada tulang ini membutuhkan Vitamin yang satu ini.

Dalam membantu proses penyerapan kalsium juga mineral adalah fungsi dari Vitamin D ini, demi mempertahankan juga meingkatkan kekuatan serta kesehatan yang dibutuhkan dalam tulang Anda.

Apabila Anda kekurangan jenis Vitamin yang satu ini maka tulang Anda akan mudah mengalami keropos.Kekebalan tubuh yang diperlukan tubuh kita juga bisa terpenuhi oleh Vitamin D ini. Karena aktivitas yang mengeluarkan banyak energy dari dalam tubuh Anda pasti juga memerlukan asupan yang bergizi pula. Jadi sangat pentingkan Vitamin D bagi tubuh Anda.

Kalau asupan jenis Vitamin d ini kurang akan mengakibatkan pertumbuhan pada bagian kaki yang tidak seperti biasanya, yaitu kakai kan membentuk huruf x ataupun huruf o. Ternyata kekurangan Vitamin D akan membuat otot dan gigi akan mudah sekali sakit dan kejang-kejang akan terjadi pada otot Anda. Namun bila kelebihan Vitamin yang satu ini juga akan berbahaya contohnya Anda akan mengalami muntah-muntah, diare, berat badan Anda akan menurun secara drastis dan juga akan mengalami dehidrasi yang sangat berlebihan.

Vitamin E

Jaringan yang ada di bagian dalam tubuh Anda juga harus dijaga kesehatannya seperti bagian kulit, hati, mata dan sel darah merah. Ini semua adalah peran yang dijalankan oleh Vitamin E. Serangan dari polusi udara juga dapat dicegah oleh Vitamin E karena dapat menjaga bagian dari paru-paru Anda

Makanan yang mengandung banyak Vitamin E misalnya tumbuh-tumbuhan, ayam, ikan, ragi , juga kuning telur.  Meskipun jumlah yang dibutuhkan dari Vitamin e sedikit tapi bila yang ada pada tubuh Anda sedikit ini dapat berpengaruh pada kesehatan Anda. Kemandulan adalah salah satu bahayanya baik bagi pria maupun bagi wanita.

Vitamin K

Dalam pembentukan system peredaran darah adalah peran dalam virtamin K dan juga berfungsi mempercepat penyembuhan dalam luka yang terbuka. Selain itu juga sebagai katalis dalamreaksi karbolaksi asam amini dan asam glutamatadalah peran yang dijalani oleh vitamin K ini.

Karena itulah Anda diharuskan memperbanyak konsumsi makanan seperti susu, berbagai sayuran, kuning telur . Karena makanan yang di sini itu mempunyai kandungan Vitamin K yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Nah itulah berbagai vitamin dan manfaatnya.

Speak Your Mind

*