Wisata Gunung Patuha

Ilustrasi gunung patuhaJika Anda mengunjungi Bandung dan sekitarnya, tidak ada salahnya untuk mampir ke Gunung Patuha. Letaknya di selatan Bandung. Dapat ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan melalui kota Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Gunung Patuha yang Dikeramatkan

Gunung Patuha memiliki ketinggian 2434 m dpl. Gunung yang oleh masyarakat sekitar dinamakan Gunung Pak Tua atau Gunung Sepuh ini dikeramatkan. Dulu diyakini, daerah ini adalah daerah tempat berdiamnya para jin dan lelembut. Kesunyian yang pekat menguatkan kesan itu. Tidak ada kicauan burung seperti lazimnya daerah pegunungan nan rimbun dan sejuk. Bahkan burung yang berani melintasi daerah ini dipastikan akan mati.

Misteri tersebut baru terkuak sejak kawasan ini ditemukan seorang peneliti Belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tahun 1837. Sang peneliti menemukan bahwa ternyata fenomena itu disebabkan aktivitas gunung api yang bersumber pada sebuah kawah. Adanya aktivitas gunung api tersebut antara lain berupa adanya semburan lava belerang berkadar tinggi.

Memasuki kawasan Gunung Patuha, udara terasa sejuk dan segar. Kondisi jalan sudah sangat bagus. Dilengkapi pula dengan fasilitas umum seperti toilet, mushola dan warung-warung.

Pada musim libur, kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya dari Bandung dan sekitarnya. Tak jarang pengunjung juga datang dari kota-kota lain, bahkan beberapa wisatawan mancanegara juga terlihat mengunjungi tempat ini. Saat ini, kawasan ini bahkan sering dimanfaatkan untuk shooting film maupun pengambilan foto pre wedding.

Kawah Putih

Jangan terkecoh dengan nama Kawah Putih. Kawah di puncak Gunung Patuha ini tidak berwarna putih tapi berwarna biru kehijauan. Di waktu lain, berubah warna menjadi cokelat pucat.

Keberadaan Kawah Putih  yang masih bergejolak mengindikasikan masih adanya aktivitas termal aktif. Belerang di tempat ini juga pernah ditambang. Hal tersebut terlihat dari adanya mulut goa yang pernah dijadikan lokasi penambangan.

Konon dahulu penjajah Belanda mendirikan pabrik belerang Kawah Putih dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Ketika Jepang datang, pabrik berganti nama menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Sebaiknya Anda tidak mendekati goa ini. Aktivitas yang tiba-tiba meningkat atau berhentinya perputaran angin dapat meningkatkan kandungan belerang di udara. Situasi ini tentu saja dapat menimbulkan sesak nafas dan terbatuk-batuk.

Jika Anda telah puas menyaksikan keindahan Gunung Patuha dengan Kawah Putihnya, sempatkan berkunjung ke Situ Patengan. Situ Patengan adalah sebuah danau. Alternatif rekreasi lainya adalah menginap di Ranca Upas. Jika waktu terbatas, Anda juga dapat mengunjungi perkebunan strawberry di Ranca Bali dan memuaskan hasrat memetik buah merah ranum tersebut. Anda pun dapat bersantai dengan sekadar menikmati jagung bakar dan jagung rebus yang banyak dijajakan di pinggir jalan.

Speak Your Mind

*