Wisata Kuliner di Bandung

Ilustrasi wisata kuliner di bandungBandung adalah “surga” makanan. Rasanya tak ada yang membantah hal ini. Alasannya jelas, beraneka makanan lezat bertebaran di seluruh pelosok kota Parijs van Java ini. Sepertinya menu baru atau menu lama dengan rasa baru muncul setiap hari di kota ini.

Jalan-jalan sambil Wisata Kuliner di Bandung jelas merupakan hal yang menantang dan sayang untuk dilewatkan.

Pada setiap musim liburan atau akhir pekan, bisa dipastikan kota Bandung akan dipadati oleh orang yang ingin menikmati keindahan Bandung. Berbelanja berbagai produk fashion, rekreasi alam dan sejarah, lalu ditutup dengan wisata kuliner di Bandung. Namun, tak sedikit pula yang datang ke Bandung khusus untuk berwisata kuliner.

Ragam Makanan

Sebagai kota besar dengan penduduk kota yang multikultur, beragam jenis makanan ada di Bandung. Sangat mudah menemukan makanan-makanan berlisensi internasional di sini. Makanan Eropa, Jepang, China, Amerika, Korea berdampingan dengan makanan dari berbagai pelosok Nusantara.

Akan tetapi, jika memang ingin berwisata kuliner di Bandung, cobalah untuk mencicipi makanan-makanan khas kota ini.

Ada banyak makanan khas yang dapat dicicipi dalam perjalanan wisata kuliner di Bandung, misalnya: mie kocok kaki sapi, batagor, siomay, mie yamien, nasi pepes, nasi bakar, nasi tutug oncom, serabi (orang Bandung menyebutnya surabi), dan colenak (peuyeum/tape singkong yang dibakar, dihidangkan dengan unti kelapa dan saus manis).

Selain itu ada pula makanan-makanan yang bukan khas Bandung namun kelezatannya telah membuatnya lekat dengan predikat sebagai “kuliner lezat dari Bandung.”

Sebagai panduan wisata kuliner di Bandung, tempat-tempat berikut ini dapat dimasukkan ke dalam daftar tujuan:

•    Lotek Kalipah Apo
Jl. Kalipah Apo 42 Bandung Telepon: (022) 4205983

•    Batagor Riri
Jl. Burangrang 41 Bandung Telepon: (022) 7303349

•    Siomay Bu Sugeng
Jl. Bengawan 65 Bandung

•    Gepuk Ny. Yong
Jl. Setiabudhi 144 Bandung Telepon: (022) 2035036

•    Bubur Ayam Mang Oyo
Di depan Taman PGII (kawasan Jl. Dipati Ukur), Bandung

•    Mih Kocok Mang Dadeng
Jl. KH Ahmad Dahlan 67 (kawasan Jalan Banteng) Bandung Telepon: (022) 76460072

•    Mi Kocok SKM (Mi Kocok Sunda)
Jl. Sunda 38 Bandung Telepon: (022) 4201582

•    Mie Joyo
-Jl. Titiran Depan 4 (Kawasan Jl. Dipati Ukur), Bandung
-Jl. Cilaki (samping kantor pos), Bandung Hp 085221882399 / 081322051999

•    Depot Premium Bakso Kepala Sapi
Jl. Buah Batu 148 Bandung

•    Mie Baso Linggarjati
Jl. Balonggede (kawasan Alun-alun Bandung), Bandung

•    Bakso Kaget (sering juga disebut Bakso Kartun)
“Tebak Isi Baksonya”
Jl. Bungur (depan hotel Karang Setra), Bandung

•    Colenak Murdi Putra
Jl. Ahmad Yani 733 Cicadas, Bandung Telepon: (022) 7275037

•    Surabi Imut
Jl. Setiabudhi 194 Bandung Hp: 08122173722

•    Yoghurt Cisangkuy
Jl. Cisangkuy 66 Bandung

•    Perkedel Bondon (bukan jam 23.00 -04.00)
Jl. Suniaraja (Jl. Stasiun Lama) Bandung

•    Nasi Bakar 15
Jl. Cimandiri 15 (belakang Gedung Sate), Bandung

Wisata Kuliner di Daerah Lembang

Lembang merupakan tempat yang nyaman untuk dijadikan tempat berlibur, berekreasi, sekaligus berwisata kuliner. Selain menyimpan pemandangan alam yang nyaman, Anda juga bisa berkeliling banyak tempat makan dan restoran yang menyajikan aneka hidangan menarik di Lembang.

Daerah wisata yang masuk ke dalam wilayah Bandung Barat ini menyimpan banyak tempat yang layak untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa dijadikan referensi berwisata kuliner saat Anda mengunjungi Kota Bandung, khususnya daerah Lembang.

1.    Kampung Daun

Tempat makan yang memiliki khas tempat yang penuh dengan daun, pohon, dan kayu-kayu ini bisa sangat membuat liburan Anda semakin mengasyikkan. Di tempat ini, Anda bisa menikmati berbagai hidangan dalam negeri, khususnya masakan Sunda dan daerah Jawa Barat lainnya, juga masakan luar negeri yang sering didapat dari restoran siap saji. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, meskipun kebanyakan orang yang datang dari kelas menengah ke atas.

Selain mendapatkan berbagai macam menu dengan harga yang terjangkau, Anda juga bisa menikmati udara dan pemandangan yang sejuk di tempat ini. Tempat makannya berupa saung-saung yang disertai tirai untuk membuat suasana makan Anda menjadi lebih romantis, atau bahkan lebih ramai jika Anda bersama keluarga Anda.

Saung-saung tersebut berada di atas bukit atau beberapa batu diletakkan agar suasana makan Anda tidak terganggu oleh suasana dari saung lain yang berada di Kampung daun tersebut. di dalam saung terdapat beberapa buah meja dan jok yang bisa membuat Anda lebih nyaman saat makan dengan lesehan.

Kamar mandi juga merupakan faslitas yang disediakan dengan nyaman dan bersih sehingga Anda merasa betah meskipun harus berlama-lama berada di kamar mandi Kampung Daun. Di dekat resepsionis, Anda bisa menemukan sebuah rumah kayu dengan berbagai macam barang kuno yang menghiasi rumah tersebut. di dalamnya, Anda bisa memilih berbagai cinderamata yang bisa Anda beli dengan harga yang juga relatif terjangkau.

Untuk bisa datang ke tempat ini, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum. Untuk angkutan umum, Anda bisa pergi ke Ledeng, lalu naik angkot berwarna putih jurusan Ledeng- Parongpong dan turun di Perumahan Trinity. Dari situ, Anda bisa berjalan beberapa meter dan bertemulah dengan sebuah kampung yang terlihat seperti sebuah rumah sejuk.

2.    Rumah Kayu

Tempat wisata kuliner di Lembang yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Rumah Kayu, yakni sebuah tempat makan yang menyajikan aneka hidangan Sunda dan jajanan rakyat dengan harga yang cukup terjangkau oleh kalangan bawah maupun atas.

Anda bisa menikmati pemandangan berupa pepohonan dan kebun di bawahnya, serta pemandangan yang juga sangat menarik jika Anda datang pada malam hari. Anda bisa menikmati indahnya pegunungan dan berbagai lampu hotel yang berada di sekitar wilayah Rumah Kayu tersebut.

Sama seperti menuju Kampung Daun, Anda bisa menggunakan angkutan umum yang sama dan bisa berhenti langsung di depan Rumah kayu tersebut.

3.    The Peak

Tempat makan yang satu ini mungkin lebih mahal dan lebih jauh untuk ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum sehingga Anda harus menggunakan angkutan pribadi untuk bisa sampai ke tempat ini. Namun, jangan khawatir! Makanan dan minuman yang disajikan di tempat ini sudah dijamin bisa memuaskan perut dan lidah Anda sehingga kelelahan Anda akan segera terbayar ketika menikmati hidangan yang disediakan di The Peak.

4.    Surabi Imut

Rumah makan Surabi Imut ini sangat ramai dikunjungi. Bukan hanya karena rasa surabi imutnya yang lezat, tapi juga harga yang ditawarkan di tempat makan ini jauh lebih merakyat dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh berbagai tempat lain yang ada di daerah Bandung, terutama Lembang.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati aneka hidangan Western dengan harga yang sangat murah dan terjangkau. Tidak heran, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh banyak mahasiswa yang berada di daerah tersebut.

Setelah melihat beberapa tempat wisata kuliner di Bandung yang telah disebutkan di atas, Anda mau pilih yang mana?

Speak Your Mind

*