Wisata Pantai Jepara

Indonesia yang terbentang dari sabang  sampai merauke, merupakan Negara Maritim yang memilki wilayah pantai yang indah. Salah satunya adalah pantai Jepara. Jawa Tengah. Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di pulau Jawa yang letaknya diapit  antara Jawa Barat, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta di bagian Selatan. Selain pantai yang ada di Jepara, ada beberapa pantai lain di tanah Jawa yang tidak kalah indahnya. Misalnya, Pacitan. Pantai di tanah Jawa Timur ini juga tak kalah indahnya.

Tentang Jepara

Pantai Jepara seolah kalah pamor dibandingkan dengan kelebihan lain yang dimiliki oleh kota tempat Kartini dilahirkan ini. Jepara terletak di bagian Utara provinsi Jawa Tengah, yang terkenal dengan kerajinan ukiran kayu yang dibuat berbagai macam furnitur. Tempat wisata yang menarik dikunjungi di Jepara seperti Masjid Jepara yang gaya arsitekturnya sedikit banyak dipengaruhi oleh pengaruh kebudayaan Hindu karena dibangun pada 1549. Ada juga Museum Kartini yang memuat hal-hal yang berkaitan dengan tokoh emansipasi wanita tersebut.

Jepara memang tidak hanya tentang ukiran dan orang-orang kreatif yang mampu menciptakan berbagai barang ukiran dari kayu jati. Jepara merupakan satu kota yang mempunyai potensi pariwisata yang cukup menantang untuk didatangi. Berkunjung ke Jepara tidak akan lengkap tanpa berkeliling kota dan menikmati beberapa rumah dengan model arsitektur yang menawan. Keramahan penduduknya juga cukup menyenangkan. Tunggu apalagi, pemberhentian wisata berikutnya harus memasukan kota Jepara sebagai prioritas.

Tapi yang lebih menarik adalah wilayah wisata pantai dengan hamparan pasir putih yang cantik. Pantai selalu memberikan nuansa yang indah. Deburan ombak dan angin yang bertiup membuat suasana pantai terasa sangat menyenangkan. Tidak mengherankan kalau banyak orang yang begitu ingin menikmati pemandangan pantai. Walaupun mereka bahkan tidak bisa berenang di pantai tersebut, mereka tetap ingin mendatangi pantai tersebut. Bermain di pantai dengan pasir yang halus nan lembut akan memberikan perasaan yang berbeda.

Pantai Bandengan atau yang lebih dikenal sebagai pantai Tirta Samudra adalah salah satu pantai terindah di sepanjang Pantai Utara. Pantai Bandengan dapat mudah dicapai dengan menggunakan angkutan umum dari pusat kota Jepara ke arah timur laut yang hanya berjarak 8 km. Bila tidak ingin menggunakan angkutan umum, bisa saja berkonvoi bersama teman-teman menuju pantai yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi ini. Inilah tempat yang cukup nyaman dikunjungi bersama dengan keluarga.

Acara keluarga bisa  juga diadakan di pantai ini. Anak-anak bisa bermain di pasir yang lembut selagi orangtua mengadakan acara arisan. Namun, memang ada sesuatu yang cukup mengganggu ketika berkunjung ke pantai satu ini. Mungkin ketika tiba di pinggir pantai dekat jalan raya, pemandangan pantai Bandengan ini belum dapat dinikmati, karena banyaknya sampah yang bertebaran.

Tapi cobalah untuk berjalan lebih dekat lagi ke pinggiran pantai, maka akan tampak hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih dan tenang sehingga aman untuk berenang. Walaupun aman untuk berenang dan tidak seperti pantai-pantai yang ada di Yogyakarta atau di Pelabuhan Ratu, keselamatan tetap harus diperhatikan. Ombak tetap harus diwaspadai, Tanpa mempertimbangkan keselamatan, orang sering lupa kalau pantai itu tetap menyimpan bahaya yang tak terduga.

Pantai Lain di Jepara

Wisata pantai di Jepara lainnya, yaitu pulau Karimun. Seperti halnya kepulauan seribu di wilayah Jakarta, Karimun memiliki 27 pulau-pulau kecil yang tersebar 83 km dari Jepara ke arah Barat Laut. Dari puluhan pulau yang tersebar di sekitar laut Jawa tersebut, hanya tujuh pulau yang masih belum berpenghuni, yaitu pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil. hamparan laut biru akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Inilah Indonesia. Begitu banyak yang bisa didapatkan di negeri yang indah ini.

Kedua pulau ini berpasir putih dan sangat cocok untuk menyelam (snorkelling). Tempat ini sangat mudah dituju dari pulau Karimunjawa. Selain itu, ada pulau Menyawakan, Nyamuk, Parang, Bengkoang dan Genting. Bebatuan karang yang mengelilingi pulau-pulau itu cocok untuk menyelam (diving, snorkelling). Kalau belum pernah ke pulau-pulau tersebut, memang ada rasa ragu apakah bisa menjangkau pulau-pulau kecil tersebut. Jangan takut, angkutan ada walaupun terkadang terkendala cuaca.

Hal ini malah menjadi satu tantangan tersendiri. Tidak mudah untuk bisa menikmati suatu keindahan. Keindahan dan kebahagiaan terkadang memang harus dinikmati setelah bekerja keras menggapainya. Mungkin yang menjadi kendala terbesar adalah biaya menuju ke pulau-pulau itu. Bila dana bukan masalah, bahkan ada travel tour yang menyediakan fasilitas eksklusif dengan menggunakan helikopter. Memang cukup mahal. Namun, begitulah keadaannya. Negeri ini kaya pulau namun cukup sulit untuk menjangkau beberapa pulau.

Keindahan yang mungkin terasa mahal untuk dinikmati. Meskipun begitu, semua orang yang telah mengunjungi pantai-pantai nan indah itu akan mengakui betapa cantiknya negeri ini. Mereka akan mengunggah gambar-gamabar pantai itu ke internet. Orang asing pun akan kagum. Bahkan tidak jarang orang Indonesia sendiri akan merasa heran apakah benar ada pemandangan yang begitu indah di tanah aior ini. Terkadang apa yang dikatakan orang tentang kecantikan tanah air ini agak meragukan.

Namun, kalau telah mendatanginya secara langsung, barulah pikiran dan hati akan percaya bahwa ada pantai dan pemadangan laut yang indah. Tak harus pergi ke luar negeri untuk berlibur. Sayangnya, biaya keliling tempat wisata di Indonesia ini terkadang lebih mahal daripada biaya berlibur ke Singapura atau tempat lain yang ada di Eropa. Inilah yang menjadi satu tantangan yang harus dipecahkan. Orang Palembang yang akan pergi ke Pulau belitong saja harus transit di Jakarta sebelum mereka ke Pulau Laskar Pelangi tersebut.

Nantinya pemerintah harus membaut pariwisata tanah air ini menjadi sangat murah walaupun rasanya agak sulit. Tiada kesulitan tanpa solusi. Maka dari itu, ketika banyak orang yang ingin menikmati keindahan tanah air, mereka harus berjuang keras. Mengunjungi Raja Ampat yag dikatakan sebagai salah satu temapt wisata terindah di tanah air juga tidak murah. Padahal Raja Ampat ini bagai di surga.

Kembali ke cerita tentang Jepara. Pulau utama dari ke dua puluh tujuh pulau yang ada di kabupaten ini adalah pulau Karimun yang merupakan surga bagi para pelancong. Sebagian fasilitas umum seperti bandara kecil dan sarana telekomunikasi umum terdapat di pulau Kemujan. Selain keindahan pantainya, di pulau Karimun terdapat gunung Gendero dengan ketinggian 600 m. Sebagai taman laut, banyak wilayah pulau yang bisa dijelajahi.

Pulau Burung dan pulau Geleang adalah surga bagi sarang burung elang laut yang sudah langka dan dilindungi. Perjalanan panjang untuk sampai ke pulau itu terbayar sudah ketika sampai di tujuan melihat kilauan air laut dan hamparan pasir putih. Tidak akan rugi mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mendapatkan kenyamanan dan keindahan yang begitu memesona. Sadar akan aset yang sangat bagus ini, pemerintah Indonesia menawarkan berbagai paket wisata ke pulau-pulau yang ada di Jepara ini.

Pulau Lain Nan Memesona

Pantai Jepara memang menantang untuk dikunjungi. Pantai-pantai lain di tanah air pun menanti kunjungan orang-orang setanah air. Lihatlah apa yang bisa ditawarkan oleh Pulau Belitong dan Pulau Bangka. Di provinsi cukup muda ini, orang bisa merasakan nikmatnya pantai dengan pemadangan yang indah. Pemandangan yang indah itu telah terekam dalam film Laskar Pelangi. Bahkan ada paket berkunjung ke tempat lokasi syuting film yang cukup fenomenal tersebut.

Tidak ada ruginya mengunjungi Pulau Belitong. Makanan dan minuman terutama yang berbahan dasar makanan laut juga sangat lezat. Belum lagi kopi Belitong yang terkenal dengan aroma yang sedap. Semua itu ada di Indonesia. Fasilitas hotel yang memadai dan angkutan menuju ke sana tidak ada kondala lagi. Pembangunan telah dilakukan dengan cukup pesat. Setelah adanya pemekaran dan tidak lagi menjadi bagian dari provinsi Sumatera Selatan, provinsi yang masih muda ini segera berbenah.

Pembangunan jalan dan semua fasilitas umum yang sekiranya untuk menunjang kesejahteraan rakyat, diupayakan. Jalan-jalan yang dahulunya kurang terurus, kini sudah begitu bagus. Peningkatan kesejahteraan penduduk juga mulai terlihat dengan semakin banyaknya rumah-rumah yang bagus. Tidak lagi seperti yang tergambar dalam film Laskar Pelangi.

Speak Your Mind

*