World Cup 2010 yang Penuh Kejutan

Ilustrasi world cup 2010Pergelaran World Cup 2010 adalah ajang kesembilan belas yang diselenggarakan FIFA sejak penyelenggaraan yang pertama pada 1930 lalu di Uruguay.  Dengan sistem rotasi, pelaksanaan Piala Dunia 2010 adalah jatah Benua Afrika. Pada 2004, Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah setelah menyisihkan empat saingannya, yakni Mesir, Maroko, Tunisia, dan Libya. Piala Dunia 2010 berlangsung mulai 11 Juni hingga 11 Juli 2010. Sembilan kota terpilih menjadi penyelenggara, yakni Bloemfontein, Cape Town, Durban, Johannesburg, Polokwane, Port Elizabeth, Pretoria, Nelspruit, dan Rustenburg.

Pertandingan Seru World Cup 2010

Babak penyisihan grup diikuti 32 negara dari lima benua yang terbagi ke dalam delapan grup. Ke-32 tim itu adalah Afrika Selatan, Meksiko, Uruguay, Prancis (Grup A), Argentina, Nigeria, Korea Selatan, Yunani (Grup B), Inggris, Amerika Serikat, Aljazair, Slovenia (Grup C), Jerman, Australia, Serbia, Ghana (Grup D), Belanda, Denmark, Jepang, Kamerun (Grup E), Italia, Paraguay, Selandia Baru, Slovakia (Grup F), Brasil, Korea Utara, Pantai Gading, Portugal (Grup G), Spanyol, Swiss, Honduras, Cile (Grup H).

Enam belas tim berhasil lolos ke babak berikutnya, yang menggunakan sistem gugur, yakni Uruguay, Meksiko, Argentina, Korea Selatan, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Ghana, Belanda, Jepang, Paraguay, Slovakia, Brasil, Portugal, Spanyol, dan Cile. Kejutan besar terjadi ketika juara bertahan Italia dan tim kuat yang juga mantan juara, Prancis, gagal melaju ke babak 16 besar. Di babak 16 besar juga terjadi sejumlah kejutan, antara lain kekalahan terburuk Inggris, 1 – 4, di tangan Jerman. Brasil melaju setelah menaklukkan negara sebenua, Cile. Ghana menjadi negara ketiga di benua Afrika yang mampu mencapai perempat final (setelah Kamerun pada 1990 dan Senegal pada 2002).

Terjadi tiga pertemuan antara tim Eropa dan tim Amerika Selatan di perempat final. Semuanya dimenangi tim Eropa. Jerman secara mengejutkan mempermalukan Argentina 4 – 0. Belanda membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu untuk akhirnya menang 2 – 1 atas favorit juara, Brasil. Spanyol untuk pertama kalinya melaju ke semifinal (sejak 1950) setelah menang 1 – 0 atas Paraguay. Uruguay menjadi satu-satunya tim Amerika Selatan yang masih bertahan setelah secara dramatis menang adu penalti atas Ghana, yang pemainnya gagal mengeksekusi penalti pada menit terakhir waktu normal saat kedudukan masih 1 – 1.

Belanda meraih tempat final untuk ketiga kalinya (setelah 1974 dan 1978) melalui kemenangan 3-2 atas Uruguay. Spanyol melaju ke final untuk pertama kalinya setelah menundukkan Jerman 1-0. Dengan demikian, inilah final pertama dalam sejarah Piala Dunia yang tanpa diikuti empat negara yang paling sukses, yaitu Brasil, Italia, Jerman, dan Argentina. Dalam perebutan tempat ketiga, Jerman mengalahkan Uruguay 3-2. Dengan hasil ini, Jerman memegang rekor terbanyak menduduki posisi ketiga (empat kali) dan Uruguay memegang rekor sebagai posisi keempat (tiga kali).

Juara Baru World Cup 2010

Final berlangsung pada 11 Juli 2010 di Stadion Soccer City, Johannesburg. Spanyol mengalahkan Belanda 1-0 melalui gol Andrés Iniesta pada perpanjangan waktu (menit ke-116). Kemenangan membuat Spanyol meraih gelar juara Piala Dunia untuk pertama kalinya dan menjadi negara kedelapan yang memenangi ajang ini.

Spanyol menjadi negara kedua sebagai juara baru yang meraih gelarnya bukan sebagai tuan rumah (setelah Brasil tahun 1958). Spanyol juga menjadi negara pertama yang menjadi juara setelah kalah pada pertandingan pertama. Selain itu, Spanyol menjadi negara kedua yang menjadi juara dunia dalam posisi sebagai juara Eropa (setelah Jerman Barat pada 1974).

Hadiah Uang pada World Cup 2010

Pada Piala Dunia 2010, disediakan total hadiah senilai 420 juta Dolar Amerika (termasuk pembayaran 40 juta Dolar kepada klub-klub domestik). Jumlah tersebut naik 60% dari jumlah hadiah pada Piala Dunia 2006 silam. Sebelum turnamen dimulai, setiap tim peserta mendapatkan 1 juta Dolar sebagai dana persiapan. Total hadiah senilai 420 juta Dolar ini terbagi-bagi sebagai berikut:

  • 8 juta Dolar untuk masing-masing tim yang keluar setelah tingkat grup (sebanyak 16 tim)
  • 9 juta Dolar untuk masing-masing tim yang keluar setelah babak ke 16 (sebanyak 8 tim)
  • 14 juta Dolar untuk masing-masing tim yang keluar setelah perempat final (sebanyak 4 tim)
  • 18 juta Dolar untuk pemenang posisi keempat
  • 20 juta Dolar untuk pemenang posisi ketiga
  • 24 juta Dolar untuk pemenang posisi kedua
  • 30 juta Dolar untuk tim juara

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, FIFA memberikan pembayaran kepada klub sepak bola domestik yang pemainnya mewakili tim nasional di pertandingan Piala Dunia ini. Total yang dibayarkan kepada klub domestik ini adalah 40 juta Dolar. Keputusan ini adalah hasil dari kesepakatan yang dibuat antara FIFA dan klub-klub sepak bola Eropa pada tahun 2008. Tujuannya adalah untuk membubarkan kelompok G-14 dan memasukkan klaim mereka atas kompensasi biaya cedera yang terjadi saat pemain bermain di pertandingan internasional.

Pesta Gol di World Cup 2010

Pemain pertama yang mencetak gol pada World Cup 2010 adalah Siphiwe Tshabalala, pemain dari Afrika Selatan. Ia mencetak gol pertama ini pada pertandingan pembuka melawan Meksiko. Hasil akhir dari pertandingan ini adalah seri, 1 – 1. Sementara itu gol bunuh diri pertama pada turnamen ini dicetak oleh Daniel Agger, pemain Denmark, saat melawan Belanda. Denmark kalah 2 – 0 pada pertandingan tersebut.

Gonzale Higuain adalah pemain cemerlang untuk tim Argentina. Ia menjadi satu-satunya pemain dalam Piala Dunia yang mencetak hat-trick (3 gol dalam 1 pertandingan) saat timnya melawan Korea Selatan. Pada pertandingan ini Argentina mengalahkan Korea Selatan dengan skor 4 – 1. Aksi Higuain ini merupakan yang ke-49 kalinya dalam sejarah hat-trick Piala Dunia.

Tim yang paling sedikit mencetak gol pada turnamen internasional ini adalah Spanyol, dengan jumlah gol hanya 8 kali. Rekor gol paling sedikit sebelumnya dipegang oleh Brazil (1994), Inggris (1966), dan Italia (1934) yang masing-masing pada masanya hanya mencetak 11 gol.

Ada 4 topskorer pada Piala Dunia 2010. Masing-masing topskorer tersebut mencetak 5 gol. Mereka adalah pemain-pemain terbaik dari Spanyol, Belanda, Jerman, dan Uruguay. Penghargaan Golden Boot didapatkan oleh Thomas Muller dari Jerman. Penghargaan Silver Boot diraih oleh pemain Spanyol, David Villa; dan Bronze Boot didapatkan oleh pemain Belanda, Wesley Sneijder.

Secara keseluruhan, 145 gol telah dicetak selama Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan berlangsung. Jumlah tersebut adalah yang terendah sepanjang sejarah Piala Dunia. Ini disebabkan oleh format pertandingan yang memang diubah. Sebelumnya pada Piala Dunia 2006 di Jerman tercetak 147 gol, pada Piala Dunia 2002 di Korea/Jepang tercetak 161 gol, dan pada Piala Dunia 1998 di Prancis tercetak 171 gol.

Simbol-Simbol World Cup 2010

Simbol-simbol Piala Dunia mencakup maskot dan lagu. Maskot Piala Dunia 2010 adalah personifikasi seekor macan tutul berambut hijau yang bernama Zakumi. Maskot ini diperkenalkan sejak 22 September 2008. Nama Zakumi diambil dari ‘ZA’ dan ‘kumi’. ‘ZA’ merupakan singkatan internasional untuk Afrika Selatan (seperti INA untuk Indonesia). Sementara itu ‘kumi’ berarti ‘sepuluh’ dalam bahasa Afrika. Warna kuning dan hijau yang digunakan pada warna Zakumi diambil dari warna bendera Afrika Selatan.

Simbol lainnya adalah lagu. Lagu resmi World Cup 2010 berjudul “Waka Waka” dan dinyanyikan oleh Shakira, penyanyi bersuara khas asal Kolombia. Lagu ini dinyanyikan dalam bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. “Waka Waka” diciptakan terinspirasi dari lagu pejuang tradisional Afrika yang berjudul “Zangalewa”. Lagu ini mulai diperdengarkan pada 10 Juni 2010. Selain “Waka Waka”, ada juga lagu “Wavin’ Flag”. Sebenarnya ini bukan lagu resmi, melainkan lagu dari Coca Cola yang ingin meramaikan Piala Dunia. Lagu yang dinyanyikan oleh K’naan ini justru lebih disukai dan populer dibandingkan “Waka Waka”.

Speak Your Mind

*