YM Terbaru yang Tidak Kalah Seru

Yahoo messenger (YM) sudah menjadi sarana komunikasi di internet jauh sebelum facebook ada. YM dianggap cukup menyenangkan dan para peminatnya pun banyak. Walau mungkin kini para pemakainya mulai berkurang. Apalagi keberadaan media sosial yang juga menyediakan fasilitas ‘ngobrol’, seperti WhatsApp, twitter, dan lain-lain mulai dilirik oleh banyak orang. Meski pun begitu, layanan chatting di YM terbaru tetap tak kalah asyik dengan yang lain. Yang lama memang cukup sulit untuk ditinggalkan. Apalagi kalau sudah merasa cukup nyaman dengan ym.

Bukti Kenyamanan Media Sosial

Manusia itu membutuhkan komunikasi. Komunikasi ini merupakan suatu unsur penting dalam memenuhi citra kemanusiaan. Tanpa mampu berkomunikasi, seorang manusia akan kehilangan rasa kebermaknaan sebagai seorang mahluk sosial. Pasti ada yang salah dengan mental dan jiwa seseorang yang tak mampu berkomunikasi. Gangguan psikologi atau gangguan fisik telah terjadi kalau tidak bisa berkomunikasi dengan siapa pun. Hal inilah yang membuat berbagai media sosial di dunia maya marak diikuti oleh banyak orang.

Pada zaman internet telah masuk ke zona kehidupan banyak orang, kebutuhan untuk mengenal orang lain lebih dalam itu memang dibutuhkan. Memang tidak semua orang lalu menggunakan semua fasilitas bersosialisasi di dunia maya tersebut. Walaupun ada saja yang mempunyai akun di semua medai sosial. Mereka ini bahkan mempunyai waktu khusus untuk berdiskusi atau bertukar pikiran dengan teman-temannya di dunia maya. Ada juga yang malah tidak mempunyai akun media sosial apapun tetapi tetap mampu berkomunikasi dengan banyak orang di dunia nyata.

Banyak yang mengatakan bahwa mereka mendapatkan manfaat yang cukup banyak dari media sosial. Bisnis semakin lancar dan pekerjaan pun semakin banyak. Informasi tentang teman-teman bisa didapatkan dalam waktu yang singkat sehingga bisa memberikan bantuan yang dibutuhan dengan segera. Bukti kenyamanan dalam berkomunikasi di dunia maya ini adalah bahwa semakin banyak orang yang memanfaatkannya. Mereka merasa bahwa dunia maya itu menjadi salah satu penawar stres dan frustasi asal mampu memilih dan memilah teman yang baik yang memberikan energi positif.

Contohnya facebook. Siapa yang tidak kenal dengan media sosial yang paling yahud ini. Kejahatan memang cukup sering terjadi, tetapi ternyata orang tetap merasa bahwa kehadiran facebook masih memberikan manfaat yang cukup banyak. Tidak heran kalau media sosial ini tetap disenangi dan peminatnya tetap bertambah. Beda dengan Yahoo messenger. Kehadirannya semakin tergerus oleh medai sosial seperti facebook itu. Namun demikian, para pemakai ym yang telah merasakan manfaat yang diberikan oleh media sosial ini, tetap setia.

Mereka tetap berbagai bermacam-macam cerita dan informasi. Para pekerja yang telah terbiasa dengan ym, tetap setia dengan ym. Mereka tetap diskusi dengan ym walaupun BBM dan WhatsApp telah mencuri perhatian. Ym masih dianggap sebagai fasilitas yang menyenangkan. Kemudahan dan kenyamanan ini membuat ym masih bertahan sebagai salah satu fasilitas komunikasi yang diminati banyak orang. Masih ada juga yang membuat akun ym dan berusaha mempelajarinya.

Pihak yang memiliki ym ini juga ternyata tak mau tergerus oleh media sosial yang hadir setelahnya. Mereka berusaha tetap memberikan yang terbaik. Bagaimanapun, ketika sesuatu telah lahir dan sempat mendapatkan perhatian yang banyak, pasti ada rasa ingin tetap dilihat dan diberi perhatian. Itulah mengapa berbagai hal baru diberikan ym kepada para penggunanya. Mungkin sama dengan facebook diawal kemunculannya. Selanjutnya berbagai perubahan dilakukan demi mempertahankan keberadaan para penggunanya.

Kalau tidak ada perubahan, apapun akan ditinggalkan. Menusia itu adalah mahluk yang mudah bosan dan ingin selalu mendapatkan hal baru yang lebih menyegarkan. Buktinya memang tidak banyak yang bertanya apakah mempunyai akun ym atau tidak ketika mulai berkenalan dengan orang baru. Yang ditanyakan adalah pin BB, WhatsApp, dan facebook. Alamat email pun kini jarang diminta kalau tidak terlalu perlu. Wajarlah kalau Yahoo merasa cukup terancam. Tetapi pengguna ym masih ada.

YM Tetap Bertahan

Untuk membuktikan keasikannya, bagi yang sudah punya akun ym, kita mulai saja mengotak-atik menu ym terbaru. Berhubung fungsi utamanya sebagai sarana komunikasi, kita coba dulu fungsi yang terkait komunikasi. Apalagi kalau bukan fasilitas chattingnya.

Ruang Chat
Saat menggunakan ym yang terbaru jika kita ingin chatting dengan memakai satu layar penuh, tinggal dimaximize. Tapi kalau kita chatting dengan banyak orang, jendela chattingnya bisa kita perkecil dan tata rapi supaya chatting lebih nyaman.

Chatting Face to Face
Seperti menggunakan skype atau HP 3G, kita bisa chatting sambil melihat teman di seberang yang kita ajak chatting. Misal punya teman di Belanda, kita bisa memintanya mengaktifkan kamera chattingnya dan menunjukkan pada kita keindahan kota Amsterdam atau kampusnya di sana lewat webcam.

Apalagi buat yang punya keluarga yang jauh di sana, kalau menggunakan 3G terus tentu sangat boros pulsanya. Nah, kalau dengan ym kita bisa melihat wajah orang yang kita sayangi secara gratis kenapa tidak? Untuk dapat menggunkan fasilitas ini kita harus memiliki webcam. Bisa webcam di laptop atau webcam eksternal.

Tips Mudah Chat Face to Face:
Saat membuka jendela chatting ada banyak icon yang terletak di atas tempat mengetik pesan. Icon untuk mengaktifkan webcam terletak di nomor dua dari kanan yang berupa gambar webcam. Untuk mengaktifkannya tinggal klik 1x kemudian ada jendela warning, tidak harus dicentang, lalu klik Ok. Maka gambar dari webcam kita akan dikirim ke partner chatting kita.

Sedangkan cara membuka webcam jika teman chatting kita mengirim gambarnya, setelah orang tersebut melakukan tahap mengaktifkan webcam seperti di atas, kita akan dikirimi pesan bahwa teman kita mengirim webcam. Tinggal kita klik accept untuk menerima/melihat, atau decline jika kita tidak ingin melihat wajahnya.

Chat Voice
Yang namanya tulisan dengan suara alias mendengar langsung dengan membaca tulisan memang sangat berbeda. Terkadang saat chatting kita bermaksud menulis dengan nada datar tapi bisa jadi yang di sana mempersepsikannya dengan nada tinggi dan dikira mengajak ribut.

Yang seperti ini ujung-ujungnya bisa jadi salah paham dan membuat suasana tidak nyaman. Di sinilah keistimewaan dari ym yang terbaru. Kita bisa mengobrol langsung, cekikikan sepuasnya tanpa kuatir ada salah paham lagi yang disebabkan karena beda persepsi saat membaca tulisan. Untuk mengaktifkannya yang terpenting kita punya microfon dan speaker. Tapi pada umumnya laptop sudah dibekali dengan keduanya. Dan jika ingin lebih nyaman kita bisa menggunakan headset untuk memperjelas komunikasi.

Tips Mudah Chat Voice
Caranya sangat mudah, kita tinggal klik menu call 1x di jendela chatting, terletak di sebelah kanan atas yang iconnya bergambar telpon berwarna hijau. Seperti saat memanggil dengan HP, panggilan kita akan berbunyi tut tut saat menunggu teman kita menjawab. Sebaliknya, untuk menjawab telpon kita tinggal mengklik answer saat teman kita memanggil.

Kaya Ekpresi

Tak hanya anak kecil, ABG, remaja, maupun yang sudah dewasa tentu senang jika ekspresinya tersalur dengan baik. Apalagi ekspresi bisa menambah asyik suasana. Misalnya background chatting yang bisa digonta-ganti dan bisa dikirim ke teman yang sesuai dengan suasana hati agar chatting jadi tambah seru.

Tips Mudah Berekspresi
Kalau mau ganti background chatting tinggal klik IMvironment yang terletak di sebelah icon call.  Kemudian klik see all IMvironment lalu pilih background yang paling kamu suka. Ada background berlatar daun jatuh, kucing, bertema cinta, dan masih banyak lagi.
Untuk smile tinggal klik icon smile yang terletak di atas kotak tempat menulis pesan. Begitu pula untuk mengubah jenis, warna, dan ukuran huruf. Klik saja icon huruf T yang juga berada sejajar dengan icon smile. Pilih huruf sesuka kamu.

Add Contact
Ada satu lagi yang tidak kalah penting adalah add contact. Kita tidak bisa chatting dengan teman-teman kalau kita belum meng-add email mereka. Caranya sangat mudah, pada jendela utama ym klik contact lalu pilih add contact. Setelah itu ketik email pada kolom yang disediakan kemudian klik next. Ketik nama kamu kemudian klik next lalu klik finish. Pokoknya otak atik terus menu-menunya biar tambah yakin kalau ym terbaru memang asyik dan tidak kalah seru. Selamat bereksperimen !

Speak Your Mind

*