Yuk, Belajar Bahasa Perancis!

Ilustrasi bahasa perancisMendengar seseorang menggunakan bahasa Perancis saja rasa-rasanya sudah bisa membuat Anda jatuh cinta. Padahal Anda tak mengerti satu kata pun yang diucapkannya.

Selain sebagai bahasa yang indah dan romantis, bahasa Perancis ternyata juga penting untuk meningkatkan karier Anda, apalagi jika Anda pekerja profesional yang banyak berhubungan dengan klien luar negeri.

Bagaimana tidak? Ada 53 negara di dunia yang menggunakan bahasa Perancis, menjadikan bahasa ini peringkat kedua bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, selain bahasa Inggris. Selain itu, ada korelasi antara kedua bahasa ini, karena hampir 50% bahasa Inggris merupakan bahasa serapan dari bahasa Perancis.

Modal awal yang diperlukan untuk belajar bahasa Perancis adalah niat. Jika ini sudah Anda miliki, maka kesempatan untuk belajar bahasa Perancis pun jadi terbuka lebar.

Anda bisa mengambil kursus atau belajar melalui internet juga bisa. Ada banyak situs yang bisa Anda akses untuk mendapatkan ini semua. Berikut sedikit gambaran atau aturan baku mengenai bahasa Perancis untuk para pemula. Selamat belajar!

Kata Ganti (Le Pronom)

Pada dasarnya, bahasa Perancis menggolongkan orang maupun kata benda ke dalam dua kelompok, yaitu maskulin dan feminim. Jika kata ganti orang ketiga dalam bahasa Indonesia tak menjelaskan jenis kelamin orang tersebut, bahasa Perancis secara eksplisit menjabarkan, layaknya bahasa Inggris.

je = saya/aku

tu = kamu (lebih informal, untuk seseorang yang sudah akrab atau seumuran)

il = dia (pria)

elle = dia (wanita)

nous = kami atau kita

vous = Anda, kalian (singular untuk bahasa yang formal, bisa juga berarti jamak)

ils = mereka (jamak pria atau pria dan wanita)

elles = mereka (jamak wanita)

Kata Kerja (le verbe)

Bahasa Perancis mengkategorikan kata dasar atau kerja jadi tiga golongan:

  • Semua yang berakhiran -er.Misal: chanter (menyanyi), manger (makan), nager (berenang), travailler (bekerja), aimer (suka atau cinta), habiter (tinggal), dan banyak lagi.
  • Semua yang berakhiran -re. Misal: entendre (mendengarkan), comprendre (mengerti), apprendre (belajar), dan seterusnya.
  • Semua yang berakhiran -ir. Misal: finir (selesai), partir (pergi/meninggalkan), dormir (tidur), dan seterusnya.

Ketiga pembagian kelompok tadi jika bertemu dengan grup subyek (je, tu, vous), maka akhiran dari kata dasar akan berubah sesuai dengan aturan baku yang sudah ada. Selain itu, ada juga kata dasar yang masuk kategori spesial.

Jika kata dasar ini bertemu dengan grup subyek, maka akhirannya akan beda dari aturan baku tadi; ini disebut sebagai kata kerja tak beraturan. Beberapa di antaranya adalah être (adalah atau to be), avoir (milik atau punya), aller (pergi).

Layaknya bahasa Inggris, bahasa Perancis juga punya kategori dalam rentang waktu: past, present, dan future. Ketiga ini juga bentuk penulisannya berbeda, mengikuti subyek dan aturan baku yang ada.

Beberapa Kalimat Berguna

Mungkin awalnya terkesan rumit, namun jika Anda sudah memahami aturan baku yang berlaku dalam bahasa Perancis, maka Anda akan menemukan kenikmatan dalam mempelajarinya. Berikut beberapa kalimat dalam bahasa Perancis yang sering digunakan:

Apa kabar? Comment t’allez vous? atau comment ça va?

Baik, terima kasih Ça va bien, merci.

Hi atau Hallo Bonjour!

Selamat sore / petang Bonsoir!

Tolong S’il vous plaît

Sampai jumpa Au revoir

Nama Saya…(nama Anda) Je m’apelle (nama Anda)

Permisi Excucez-moi

Aku cinta kamu Je t’aime

Aku kangen kamu Tu me manque

Saya tak mengerti Je ne comprends pas

Bagaimana, sudah ada sedikit gambaran mengenai bahasa Perancis? Selamat belajar. Au revoir!

Speak Your Mind

*