Yuk, Cari Tahu Cara Make Up yang Benar!

Ilustrasi cara make up yang benarBagaimanakah cara make up yang benar? Pertanyaan seperti itu mungkin terdengar sederhana, tapi tahukah Anda bahwa belajar untuk dapat menerapkan cara make up yang benar itu tidak semudah kedengarannya. Kenyataannya, banyak wanita Indonesia kurang begitu paham mengenai bagaimana cara make up yang benar.

Masalah sebenarnya bukan bagaimana cara make up yang benar, tetapi lebih kepada bagaimana pemakaian make up yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Jadi, kalau merasa nyaman dengan make up Anda, maka itu adalah cara make up yang benar menurut Anda.

Akan akan lebih pas jika cara make up yang benar itu dihubungkan dengan tips atau trik yang dapat membuat hasil riasan Anda tampak maksimal. Tips berikut ini dapat membantu Anda tampil lebih menarik sekaligus meningkatkan keahlian teknik berdandan Anda.

Tips Menerapkan Cara Make Up yang Benar

a. Bedak Dasar (Foundation)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan “belajar” bagaimana cara make up yang benar adalah “berkenalan” dengan alas bedak, bedak dasar atau foundation.

  1. Pilihlah bedak dasar yang sama persis dengan warna kulit. Jangan terlalu terang atau terlalu tua. Cobalah mencobanya di rahang Anda untuk melihat kesesuaiannya dengan warna kulit Anda.
  2. Terlalu banyak penggunaan bedak dasar cair akan membuat wajah Anda terlihat kaku. Cara make up yang benar adalah dengan menuangkan sedikit foundation pada bagian belakang tangan Anda kemudian sapukan dengan kuas ke wajah Anda.
  3. Cara make up yang benar adalah gunakan kuas fibre duo (seperti keluaran dari MAC atau Etude House) untuk menghasilkan sapuan foundation yang halus dan alami. Kuas ini juga bisa Anda gunakan untuk bedak tabur dan pemulas pipi.
  4. Untuk menghasilkan foundation yang lebih tahan lama, gunakan base atau primer yang terbuat dari silikon sebelum mengenakan foundation.
  5. Jika Anda ingin menciptakan hasil make up yang tipis, Anda dapat mencampur bedak dasar Anda dengan pelembap (moisturizer).

b. Concealer

Sebenarnya alas bedak sudah cukup menutup bercak noda pada wajah, tapi jika alas bedak dirasa masih belum terlalu sempurna menutupi noda pada wajah, maka gunakan concealer

  1. Concealer berfungsi untuk menutup noda atau kekurangan wajah Anda lainnya. Untuk menghapuskan lingkaran gelap di bawah mata Anda, pilihlah concealer yang cair. Untuk menutupi noda flek hitam, cara make up yang benar adalah dengan menggunakan concealer yang lebih pekat. YSL dan MAC memiliki pilihan concealer yangbagus.
  2. Pilihlah concealer dengan warna dasar kuning dengan satu tingkatan lebih muda dibandingkan kulit Anda. Hal ini akan membantu lingkaran hitam menjadi lebih muda dan akhirnya menjadi sama dengan warna kulit Anda.
  3. Tutupi concealer dengan bedak tabur agar hasilnya lebih natural.

c. Eyeshadow

Eyeshadow juga dapat menjadi takaran apakah Anda sudah melakukan cara make up yang benar atau belum. Perhatikan tips serta trik pemakaian eyeshadow dibawah ini.

  1. Untuk menghasilkan eyeshadow yang tahan lama, gunakan eyeshadow base. Di Indonesia Anda dapat memilih keluaran dari La Tulipe, Art Deco, atau Etude House. Jika tidak ada, Anda bisa memakai foundation atau concealer sebagai dasar eyeshadow Anda.
  2. Pilihlah eyeshadow dengan kualitas yang bagus agar tidak cepat pudar. Lebih baik sedikit mahal akan tetapi memberikan kualitas yang memadai hasilnya. Cara make up yang benar ketika menggunakan eyeshadow adalah memulai gerakan memulas eyeshadow dari pangkal mata menuju ekor mata.

d. Eyeliner

Sama dengan eyeshadoweyeliner juga dapat menjadi takaran apakah Anda sudah menerapkan cara make up yang benar atau belum. Penggunaan eyeliner yang belepotan tentu akan mengurangi nilai tata rias Anda.

  1. Eyeliner dalam bentuk cair memberi hasil yang bagus, tetapi juga sulit untuk digunakan. Jika Anda sedang berlatih, mulailah dari bentuk pensil.
  2. Cara make up yang benar untuk eyeliner adalah dengan menarik ujung mata Anda dengan satu tangan yang bebas. Gerakkan tangan yang memegang eyeliner untuk membuat satu garis dari bagian tengah menuju bagian dalam mata. Setelah itu, buat garis sisanya. Jika Anda sudah mahir, Anda dapat membuat satu garis penuh sekali jalan.
  3. Anda dapat menggunakan eyeshadow warna hitam sebagai eyeliner. Teteskan obat tetes mata pada kuas eyeliner sebelum membubuhkan eyeshadow agar eyeliner lebih tahan lama.

e. Maskara

Penggunaan make up yang satu ini juga terbilang penting. Meskipun kini sudah ada bulu mata palsu, tapi cantik dengan bulu mata sendiri rasanya lebih alami. Cara make up yang benar untuk menggunakan maskara juga tidak begitu sulit.

  1. Gunakan eyelash curler (pelentik bulu mata) sebelum memakai maskara untuk hasil yang optimal. Eyelash curler yang terkenal adalah keluaran dari Shu Uemura. Shiseido dan The Face Shop juga memiliki eyelash curler yang bagus.
  2. Cara make up yang benar untuk maskara adalah dengan memulai pada akar bulu mata. Tahan di sana sejenak dan kemudian naik ke atas.

f. Lipstik

Cara make up yang benar menggunakan lipstik sepertinya tidak terlalu sulit bagi sebagian besar wanita. Tapi, tahukah Anda jika menggunakan lipstik ternyata juga ada tipsnya?

  1. Gunakan kuas khusus bibir untuk hasil yang lebih bagus dan rapi.
  2. Setelah mengenakan lipstik, gunakan tissue di bibir Anda. Ulangi penggunaan lipstik. Cara penggunaan make up yang benar ini akan membuat lipstik Anda tahan lebih lama.
  3. Anda juga dapat menggunakan bedak setelah olesan pertama agar lipstik Anda tahan lama.
  4. Perhatikan keseimbangan lipstik dengan riasan mata. Jika mata Anda sudah mencolok, gunakan warna lipstik yang lembut. Jika mata Anda bernuansa warna hangat, jangan gunakan warna lipstik ungu yang merupakan warna dingin.

g. Pemulas Pipi (Blush)

Make up yang satu ini mungkin tidak terlalu dianggap serius. Tapi menggunakan perona pipi yang baik dan benar akan membuat kecantikan Anda bertambah. Wajah Anda akan terlihat segar dan “merah muda”.

  1. Jika Anda hanya ingin memiliki satu blush saja, miliki blush dengan warna peach dengan glitter emas. Blush yang terkenal adalah dari Nars yang bernama Orgasm, akan tetapi cukup banyak warna serupa di pasaran.
  2. Untuk terkesan seperti ‘baru pulang dari pantai’, gunakan bronzer.
  3. Jika Anda ingin tulang pipi terlihat tinggi dan menonjol, cara make up yang benar adalah dengan memakai liquid blush warna merah muda pada tulang pipi. Sapukan segaris bronzer pada bagian bawah agar tulang pipi Anda menonjol. Tambahkan highlighter cair warna emas muda atau merah muda pucat di bagian atas pipi.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa Anda jadikan panduan terkait bagaimana cara make up yang benar. Selamat mencoba!

Speak Your Mind

*