Yuk, Kursus Komputer di Jogja !

Yogyakarta atau Jogja merupakan kota pendidikan yang sering menjadi rujukan bagi para pelajar dari seluruh Indonesia dalam melanjutkan pendidikannya. Fenomena euforia tahunan setiap datang tahun ajaran baru terlihat dengan banyaknya remaja dari berbagai daerah memilih sekolah atau perguruan tinggi di Yogyakarta. Realitas inilah yang mendorong munculnya berbagai lembaga bimbingan belajar, pelatihan ketrampilan, maupun kursus komputer di Jogja.

Pendidikan di Kota Pelajar

Kursus komputer di Jogya bisa menjadi satu tujuan memperkaya ilmu. Mengapa Jogya? Budaya belajar dan budaya menghargai ilmu begitu kental di Kota Gudeg dan mungkin juga sudah menjadi Kota Kafe Angkringan saking banyaknya model usaha seperti ini di Jogya. Ketekunan par apelajar Jogyakarta atau Yogyakarta dalam belajar, sudah tidak bisa disangsikan lagi. Mereka akan rela melakukan banyak hal demi meningkatkan kemampuannya dalam menggali ilmu.

Melihat kelompok anak-anak muda yang menenteng netbook atau tablet sambil mendiskusikan suatu aplikasi, bukanlah hal yang aneh. Mereka bisa melakukannya di mana saja. Mulai dari berdiskusi di bawah pohon, di taman, di masjid, hingga di mal. Itulah salah satu kehidupan para pelajar di Jogya yang membuat banyak orang merasa ingin melakukan hal yang sama. Tidak mengherankan kalau prestasi yang diraih oleh anak Yogyakarta itu cukup membanggakan.

Kota yang dipenuhi dengan beragam jenis kos-kosan ini seolah selalu siap menerima siapapun yang ingin belajar di sini. Harga satu kamar kos juga tidak terlalu mahal. Kamar kos di daerah Nitikan Baru dengan fasilitas satu kamar 3×3 dan kamar mandi di dalam, harganya 125 ribu per bulan. Cukup murah. Tetapi ada  juga kamar kos yang cukup mahal dengan fasiltas AC dan berbagai perlengkapan keamanan termasuk CCTV. Harganya bisa mencapai 500-700 ribu rupia per bulan.

Fasiltas Belajar di Yogyakarta

Seni mendapatkan kamar kos di Yogyakarta memang gampang-gampang susah. Itulah mengapa banyak yang hanya tinggal sebulan atau beberapa bulan di satu kos-kosan sebelum akhirnya menemukan satu tempat kos yang benar-benar pas dengan hati dan kondisi keuangan. Selain tempat kos yang mudah, tempat membeli makanan juga tidak sulit. Harga makanan sesuai dengan selera dan keuangan. Harga dibawah 10 ribu sekali makan, masih banyak bisa ditemui di sekitar tempat kos.

Kalau malas mencuci pakaian,  usaha laundry di Yogyakarta cukup banyak dengan harga 2000-2500 per kilo. Harga ini tentu saja sangat membantu anak-anak kos yang di tempat kosnya tidak ada tempat untuk menjemur pakaian. Kalau di kota lain, tidak mungkin ada satu kilo pakaian hanya 2000 rupiah. Di Palembang, satu kilo pakaian yang akan dilaundry dipatok pada angka 7500-8000 rupiah. Itupun kalau pakaian dimasukan ke tempat laundry pagi hari, sore hari tidak bisa langsung diambil.

Kalau mau cepat dan satu hari saja, satu kilo pakaian itu dipatok pada angka 8000-9000 per kolonya. Jangan heran kalau tempat kos di kota Pempek ini terkadang terlihta tidak cantik karena di jendela ada pakaian yang dijemur. Selain suasana belajar, tempat kos, dan laundry yang cukup memadai, Yogayakarta mempunyai tempat hiburan yang cukup lengkap. Mal cukup banyak dengan segala fasilitas hiburan dan tenpat nongkrong.

Tempat kursus apapun mungkin tersedia di kota ini. Jadi, aklau belum melanjutkan kuliah dan ingin mengisi waktu dengan mengambil beragam kursus, tinggal memilih. Ada kursus aneka bahasa asing, seperti Inggris, Arab, Jepang, Korea, Mandarin, perancis, dan lain-lain. Ada juga kursus ketrampilan lain, seperti montir sepada motor dan mobil, elektronik, memasak, dan lain-lain. Malah ada yang menyediakan kursus secara gratis untuk anak-anak yang baru lulus SMA.

Yang menyelenggarakan kursus gratis itu biasanya para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa fakultas tertentu. Asal bisa dengan tekun mencari informasi di berbagai kampus atau mendengarkan radio anak muda Yogyakarta seperti Trijaya, Geronimo, dan lain-lain, informasi itu akan mudah didapatkan. Terutama bagi yang senang ke Masjid kampus UGM dan masjid-masjid kampus lainnya. Berbagai program peningkatan kualitas sumber daya manusia selalu tersedia.

Yang paling penting itu adalah kemauan. Orang Yogyakarta juga senang membantu dan mudah menerima kehadiran orang-orang dari daerah lain. Yogaykarta itu seperti Indonesia mini. Begitu banyak orang dari berbagai daerah berkumpul dan berjuang mencari ilmu di kota yang tidak terlalu luas ini. Kalau suntuk dan bosan, Yogyakarta menawarkan pemandangan alam dan wisata unik yang menantang. Daerah di sekitar Yogyakarta seperti Kulon Progo dengan Gua Kiskendo dan Puncak Suralaya, Gunung Kidul dengan pantai-pantainya dan ragam gua, Sleman dengan Gunung Merapi, Kaliurang, dan Prambanan, Bantul dengan segala jenis kerajinan dan pengadaan festival jazz, Kota Yogya sendiri dengan aneka museum dan kraton.

Kekayaan Yogyakarta yang sangat beragam itulah yang membuat kota ini pantas menjadi kota persinggahan dalam menambah ilmu walaupun hanya kursus komputer. Yogya itu menyimpan begitu banyak potensi ahli bidang komputer. Roy Suryo merupakan di antara ahli komputer yang terlahir di Kota Sejuta motor ini. Belum lagi menjamurnya kursus komputer yang menawarkan berbagai kemudahan mengakses informasi. Bahkan ada perguruan tinggi bidang komputer di kota Berhati Nyaman ini.

Tinggal Pilih

Untuk lembaga kursus komputer saja, saat ini terdapat ratusan lembaga kursus yang ada. Dari lembaga yang hanya memiliki satu ruang kelas hingga tempat kursus yang memiliki banyak peserta. Dari lembaga yang dikelola secara profesional dan afiliasi dengan lembaga kursus berskala nasional hingga tempat kursus yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui dinas pendidikan luar sekolah. Para calon peserta kursus tinggal memilih lembaga kursus yang diminatinya. Tentu saja setelah bertanya kepada banyak orang.

Rekomendasi ini sangat penting agar tidak salah dalam memilih tempat kursus. Biaya yang dikeluarkan ada yang ratusan ribu saja tetapi juga ada hingga mendekati angka jutaan. Semua itu bergantung pada metode dan gaya lembaga kursus masing-masing. Kalau ingin cepat lancar, belajar bersama dengan teman-teman yang lain atau menjalin hubungan dengan grup penyuka aplikasi komputer. Mereka tentu saja tidak hanya memberikan informasi dengan cara menggunakan komputer. Tempat pembelian suku cadang komputer yang murah pun mereka tahu.

Keunggulan setiap tempat kursus komputer beragam. Meskipun jumlah lembaga kursus komputer di Yogyakarta sangat banyak, namun tak ada tempat kursus yang kekurangan siswa. Tempat-tempat kursus komputer itu selalu terlihat ramai dengan peserta kursus, dari pagi hingga malam. Peserta kursus pun tidak hanya dari kalangan siswa sekolah berusia remaja, namun tak sedikit pula yang sudah berusia dewasa hingga tua. Dari yang masih sekolah, sudah bekerja, hingga ibu rumah tangga.

Salah satu keunggulan mengikuti kursus komputer di Jogja adalah variasi atau macam program kursus yang disediakan sangat variatif. Sehingga kita pun dapat memilih jenis kursus sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Dari program Office yang mengajarkan tentang program pengolah kata seperti Microsoft Word maupun Excel hingga program data base. Ada pula kursus yang mengajarkan program pengolah gambar, dari Corel, Photoshop, hingga program gambar arsitektur.

Begitu juga bila kita ingin sekedar mengenal dunia internet hingga bisa memiliki kemampuan membuat blog atau website, kita pun dapat memilih kursus tersebut. Bahkan bila kita ingin mengetahui atau berminat mempelajari bahasa pemrograman, banyak kursus yang telah menyiapkan materi programnya. Jadi, tinggal pilih saja mana yang kita inginkan.

Besarnya minat masyarakat di Yogyakarta dalam mengikuti kursus komputer mungkin bisa dipahami sebagai sebuah kebutuhan. Apalagi kini tak ada jenis pekerjaan yang tidak berhubungan dengan komputer, seiring perkembangan teknologi komputer yang sudah demikian pesat. Apalagi sekolah umumnya tidak membekali ketrampilan komputer secara detail, meski ada materi pelajaran maupun kegiatan ekstra kurikuler tentang komputer diajarkan atau diberikan di sekolah.

Selain itu, tak sedikit pula pekerjaan maupun bisnis yang bisa diciptakan melalui komputer. Apalagi dengan perkembangan internet yang juga tak kalah cepatnya, memudahkan setiap orang untuk menggunakan, mengakses, maupun memanfaatkannya. Lihat saja ibu-ibu rumah tangga saat menjemput anaknya di sekolah, tak hanya membawa handphone seperti selama ini terlihat, namun juga membawa laptop yang selalu online atau terhubung dengan internet.
Karena itu yuk, ikut kursus komputer di Jogja !

Speak Your Mind

*