Yuk, Mengenal Alas Meja

Ilustrasi alas mejaPada zaman sekarang ini, penggunaan alas meja tidak lagi sepopuler dahulu. Dulu, alas meja dianggap sebagai barang wajib atau sudah sepaket dengan lima buah sarung bantal. Bahkan anak-anak sekolah pasti memiliki taplak meja andalan untuk meja gurunya.

Namun kini, seiring dengan berkembangnya tren minimalis, penggunaan alas meja sudah tidak lagi menjadi kebutuhan primer. Mungkin hanya akan dipasang pada acara-acara tertentu, mungkin juga hanya dibeli jika ingat—karena sekarang umumnya dijual terpisah dari sarung bantal sofa.

Walau begitu, alas meja yang tepat dapat menjadi aksen tersendiri dari sebuah rumah. Tidak hanya itu, alas meja dapat menjadi background yang manis untuk sajian teh bagi tamu-tamu Anda. Oleh karena itu, mari menelisik meja-meja apa yang perlu dipasangkan dengan alas meja saat sekarang ini.

Meja Makan

Alas meja makan seolah membawa Anda ke nuansa masa lalu, ketika sedang menyantap hidangan yang dibuat ibu di atas meja makan yang diberi plastik bening atau alas meja yang terbuat dari plastik. Kini, setelah bahan melamin muncul, pemandangan meja makan diberi alas meja dan (apalagi) plastik bening sudah kian berkurang.

Untuk alas meja ini tersedia dalam dua ukuran, persegi panjang dan bundar.  Biasanya dijual untuk meja makan ukuran enam kursi dan dibuat menjuntai. Sekarang bahannya lebih banyak dijual yang telah berlapis poliester jadi mudah dibersihkan sehingga terbebas dari noda walau berwarna putih. Warna putih pada meja makan juga dapat memberikan efek menggoda bagi makanan yang dihidangkan.

Namun juga tidak banyak rumah di perkotaan yang memiliki meja makan dengan format enam kursi. Apalagi di ibukota. Masih bisa makan bersama saja sudah untung.

Meja Ruang Tamu

Meja ruang tamu umumnya berbentuk oval untuk kesan elegan dan berbentuk persegi panjang untuk kesan minimalis. Alas mejanya juga tersedia sesuai dengan bentuk meja. Sekarang ini alas meja di ruang tamu tidak didesain menjuntai-juntai sehingga ukurannya jauh lebih kecil ketimbang ukuran meja.

Kalaupun dibuat menjuntai umumnya hanya sisi panjangnya. Bahan untuk alas meja di ruang tamu juga biasanya kain-kain dengan serat rumit, seperti beludru, satin, dsb. Atau dengan kata lain, di sinilah alas meja mendapat tempat kehormatan.

Meja Beranda

Memasang alas meja pada meja beranda itu wajib tidak wajib. Pasalnya, biasanya furniture yang dipasang di beranda adalah furniture yang ramah dengan udara luar seperti; plastik, kuningan, bambu, dll. Apalagi jika beranda Anda menjadi smoking area bagi smokers, memberi alas meja itu berisiko.

Hal ini pula yang menjadi alasan jarangnya alas meja di bagian rumah ini. Tetapi sebenarnya itu bukan masalah, beranda itu ibarat daftar isi. Ya, daftar isi tema rumah tersebut. Anda dapat menduga suasana di dalam rumah dari alas meja yang dipasang di meja beranda.

Biasanya, bahan alas meja di beranda lebih mudah dicuci karena akan sering terpapar debu sehingga minimal harus dicuci seminggu sekali.

Jika masih ragu-ragu apakah akan melengkapi desain interior rumah Anda dengan alas meja, coba buka lemari pakaian Anda dan carilah scarf. Pasangkan di atas meja tamu Anda selama beberapa waktu untuk trial dan lihat hasilnya pada ruangan Anda secara keseluruhan. Pasti hasilnya manis.

Speak Your Mind

*