Yunani

Yunani. Negara yang berada di tenggara Eropa ini merupakan tempat lahirnya budaya dunia Barat. Negara Yunani merupakan salah satu negara tertua di dunia yang terkenal dengan penyebutan nama-nama dewa-dewa mitologi Yunani. Banyak dewa yang cukup terkenal dan tentu Anda juga pernah mendengarnya.

Sebut saja seperti Dewa Langit Zeus, Dewa Matahari Ra, atau Dewa Laut Neptunus, bahkan Hercules. Nama negara ini, di tempat asalnya bernama Republik Hellenik. Orang Yunanimenyebutnya Hellas, dan dalam bahasa modern disebut Ellas.

Tak hanya terkenal dengan dongeng dan mitologinya, Negara Yunani juga terkenal dengan cita rasa kulinernya yang khas. Rasa meditarenia yang unik selalu ada dalam setiap masakan yang disajikan di Yunani. Hampir di setiap masakan tak pernah ketinggalan penggunaan bahan makanan gandum, minyak zaitun, sayuran, dan juga daging kambing serta daging unggas.

Beraneka makanan Yunani yang kaya bumbu akan membuat lidah Anda tak berhenti berdecap. Makanan pembuka, makanan inti, atau pun makanan penutup dijamin membuat para pecinta kuliner akan ketagihan menikmati santapan lezat khas Yunani.

Aneka Makanan Khas Yunani yang Menggiurkan

Berburu makanan khas Yunani memang takperlu datang langsung ke negara tersebut. Di Jakarta, sudah ada beberapa restoran yang menyajikan makanan khas Yunani dengan harga yang memang cukup terjangkau dengan kantung Anda. Namun, menikmati langsung makanan khas Yunani langsung di negara asalnya tentu akan lebih terasa nikmatnya.

Beberapa kuliner khas Yunani bisa Anda coba di antaranya adalah tzatziki salad, souvlaki, baklava, rizogalo, moussaka, gyros, greek salad dan aneka sajian lainnya.

Tzatziki salad, merupakan makanan pembuka yang biasanya disajikan di Yunani. Rasanya gabungan gurih dan asam karena kombinasi pemberian bumbu garlic ditambah yoghurt.

Souvlaki tampilannya seperti sate di Indonesia. Bahan utamanya bisa berupa cumi, ikan, daging kambing, ataupun daging unggas. Bahan tersebut dipotong-potong dan diberi bumbu khusus kemudian di-marinate. Potongan daging kemudian ditusuk ke tusukan sate dan diselingi oleh berbagai jenis sayuran seperti paprika, wortel, brokoli, atau sayuran lainnya. Bau bakarannya yang khas menambah selera makan.

Penyajian souvlaki biasanya dibarengi dengan nasi, roti, ataupun kentang bakar dan kentang rebus. Lamb souvlaki merupakan makanan utama di Yunani. Berupa kebab kambing yang biasanya disajikan dengan pita bread, greek moussaka, dan seabass spetsiota. Sementara baklava merupakan makanan penutup yang bisa mengakhiri acara makan Anda dengan sempurna.

Ingin mendapatakan makanan berupa nasi di Yunani? Tentu saja bisa! Di Yunani ada makanan yang terbuat dari beras yaitu rizogalo. Makanan ini sejenis puding yang terbuat dari beras. Namun, penyajian beras ini tidaklah gurih atau tawar seperti layaknya rasa nasi. Rasa puding beras Rizogalo ini sangat manis karena campuran susu dan juga kayu manis.

Juga ada moussaka yang bahan utamanya adalah kentang dicampur dengan daging ayam atau daging unggas yang dicacah halus. Bisa juga campurannya sayuran, bergantung selera Anda. Biasanya moussaka menggunakan terung dan ditambah dengan parutan keju peta. Tampilan makanan khas dari Yunani ini seperti lasagna.

Anda pernah makan kebab? Daging kambing yang dibakar dan memakai bumbu rempah khas mediterania. Makanan ini di Yunani bernama gyros, hampir seperti kebab tapi bumbunya sedikit berbeda. Biasanya disajikan dengan tambahan roti bakar.

Menyukai salad yang segar? Cobalah sajian greek salad yang fresh ini. Potongan tomat besar berpadu dengan irisan wortel dan irisan timun serta campuran khas Yunani yaitu minyak zaitun. Parutan keju dan taburan peterseli menambah rasa salad ini sangat enak sekali!

Pecinta daging semur alias daging kecap tak usah khawatir. Di Yunani ada makanan persis semur daging di Indonesia. Daging sapi, kambing, atau ayam diberi bumbu kecap dan kuah yang khas. Nama masakan semur daging ala Yunani ini adalah stifado. Biasanya orang Yunani menggunakan daging sapi atau daging kelinci dalam makanan ini. Penyajiannya bisa dimakan dengan kombinasi sepiring nasi, roti bakar, atau kentang bakar yang ditumbuk halus. Rasanya? Hmmm…. yummie!

Bagi para pecinta keju akan dimanjakan dengan sajian makanan camilan dan kue-kue berbalut keju di Yunani. Aneka keju memang sangat terkenal di Yunani. Orang Yunani terbiasa memakan keju dalam setiap kesempatan. Hampir di setiap masakan selalu menyertakan keju di dalamnya. Keju Yunani ada yang bernama Feta, Haloumi, Metsovone, dan Graviera.

Pesiar ke Santorini, Yunani

Puas berpetualang kuliner dengan sajian khas Yunani, taklengkap rasanya jika Anda tak mengunjungi salah satu tujuan pariwisata Yunani yang terkenal yaitu Pulau Santorini.

Pulau Santorini memang sangat unik, berbentuk bulan sabit. Konon bentuk pulau ini akibat dari letusan gunung berapi sehingga Pulau Santorini terletak di bekas tempat ledakan gunung dahsyat. Pulau Santorini yang indah merupakan tujuan wisata di Yunani. Dengan dipenuhi oleh pemukiman dan bangunan yang unik menjadi daya tarik bagi para turis berkunjung ke sana.

Nuansa pedesaan takterasa karena kesan yang ditawarkan pun sangat elegan. Pulau Santorini semakin terlihat indah saat Anda menikmati sunset di senja hari. Pulau yang dikelilingi pantai ini cocok untuk kegiatan scuba diving dan berenang serta snorkling. Banyak ikan-ikan dan kekayaan laut yang bisa dinikmati di birunya laut yang jernih.

Sambil menikmati sunset di Pulau Santorini, Anda bisa mencoba beraneka makanan sea food yang ada di pulau tersebut seperti oktopus alias gurita yang disajikan dengan potongan tomat, cherry, dan aneka sayuran lainnya. Dan satu lagi yang takbisa dilewatkan adalah mencicipi minuman anggur Pulau Santorin, Yunani yang terkenal di seluruh dunia.

Selain berkunjung ke Pulau Santorini, kawasan wisata Yunani lainnya yang bisa Anda datangi adalah Kota Rethymnon. Jika Anda pernah berwisata ke Pantai Kuta di Bali, kawasan Kota Rethymnon yang memang berada di pesisir pantai sama persis dengan kondisi di Bali.

Di tiap pinggir pantai banyak berdiri restoran dan toko cinderamata. Makanan yang ditawarkan pun pastinya khas Yunani yang kaya bumbu Timur Tengah. Di area Pantai Rethymnon juga berdiri komplek pertokoan modern. Para wisatawan bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan untuk menikmati keindahan pantainya.

Pantai lainnya di Yunani yang terkenal keindahannya adalah Pantai Elafonissi Laguna yang berada di Pulau Kreta. Pantainya masih bersih dan jauh dari keramaian. Pulau Kreta juga bisa dinikmati sambil berjalan kaki memandangi hamparan pohon-pohon olive, tebing-tebing, dan nuansa pedesaan yang ada di sana. Hawanya yang sejuk ditambah dengan semilir angin yang berasal dari gerakan daun pohon-pohon olive pasti menambah keasyikan Anda berjalan kaki di Pulau Kreta.

Aneka kuliner khas Yunani dan beberapa obyek wisata sudah dibahas singkat pasti membuat Anda penasaran dengan keindahan wisata di negara yang terkenal dengan film Herculesnya ini. Anda siap berkunjung ke Yunani? Pastikan Anda menyiapkan budget berlebih saat berwisata. Jangan sampai Anda kehabisan dana dan tak bisa membeli oleh-oleh untuk sanak saudara, kerabat, teman, atau pasangan Anda! Selamat berlibur dan temukan ekspresi berbeda di Yunani!

Speak Your Mind

*