Zikir

Zikir dalam konsep Islam kerap dimaknai dengan mengingat Allah. Mengingat sang Pencipta langit dan Bumi. Mengingat Tuhan yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan senantiasa mengingatnya, kehidupan manusia pasti akan selalu gembira. Gembira karena memiliki ketenangan hati.

Hati yang sebelumnya gelisah akan mendapatkan  ketentraman. Ini sudah dijamin oleh Allah. Allah Swt berfirman, “Ketahuilah dengan mengingat Allah akan memberikan ketenangan hati.” Bahkan diperkuat  lagi dengan sabda Rasulullah, “Ada tiga hal yang dapat menghilangkan kegelisahan hati, salah satunya adalah berzikir kepada Allah.”

Manfaat Zikir Kepada Allah

Paling tidak, ada tiga manfaat yang dirasakan oleh orang yang senantiasa zikir kepada Allah. Ketiga hal tersebut adalah:

1. Akan Selalu Mendapatkan Kebahagiaan

Ternyata, zikir kepada Allah bisa membuat anda bahagia, rileks dan gembira. Alasannya, karena Anda sedang menjalin komunikasi dengan Zat yang tidak terhingga dan tidak terbatas. Meminjam bahasa al-Qur’an, bahwa orang yang zikir, sebenarnya, sedang menjalin komunikasi dengan Zat yang lebih dekat dari urat lehernya.

Bukankah ini termasuk kebahagiaan? Kebahagiaan bisa menjalin komunikasi dengan Zat yang Maha Dekat dengan hamba-Nya. Zat yang mengatur alam ini. Zat yang menentukan segala apa yang terjadi di bumi ini. Zat yang sangat mencintai hamba-Nya yang selalu zikir dan taat kepada-Nya.

Kebahagian lain yang dirasakan dari zikir kepada Allah adalah mempersiapkan bekal saat akan dihisab di akhirat. Orang yang rajin zikir kepada Allah akan mengalami kebahagiaan di padang mahsyar. Karena saat itu tidak ada yang menolong-Nya, selain Allah. Tentunya, karena rajin zikir kepada-Nya, Allah senantiasa ingat kepadanya. Allah tak akan menyia-nyiakan atau berbuat zhalim kepada orang-orang yang senantiasa zikir kepada-Nya.

2. Media untuk Menjemput Rahmat Allah

Zikir ternyata berperan untuk menjemput rahmat Allah. Sering kita dengar atau kita saksikan di televisi cerita orang yang dalam kebingungan dan kesedihan yang mendalam. Dengan zikir kepada Allah, kebingungan dan kesusahannya dihapus oleh Allah. Artinya, Allah memberikan rahmat-Nya kepada orang tersebut.

Baik, ini contohnya. Tak sedikit kita dengar cerita, seseorang yang sedang kritis di rumah sakit. Dokter sudah pasrah dan menyerah untuk menolongnya. Dengan adanya salah seorang keluarganya zikir kepada Allah, baik dengan berdoa atau membaca al-Qur’an, Allah memberikan rahmat-Nya kepada yang sedang sakit hingga kondisinya membaik dan menjadi sembuh.

Bukankah dokter sendiri sudah menyerah dan menyatakan tidak ada harapan lagi, namun Allah memberikan rahmat-Nya hingga ia menjadi sembuh?

Boleh dikata, bahwa zikir bisa mendatangkan rahmat. Masih banyak kisah-kisah hikmah zikir kepada Allah, baik dengan menyebut nama-Nya atau membaca al-Qur’an dan sebagainya, yang menunjukkan bukti bahwa zikir menjadi media untuk menjemput rahmat Allah.

3. Senjata untuk Melumpuhkan Setan

Zikir juga bisa berperan sebagai senjata untuk melumpuhkan setan. Pasalnya, setan sudah memohon kepada Allah untuk diizinkan menggoda manusia. Akan tetapi, Allah juga telah memberikan tips melalui nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umatnya, bahwa cara ampuh untuk mengalahkan setan adalah dengan zikir kepada Allah. Karena itu, setan sangat kewalahan bila seseorang sibuk zikir kepada Allah. Ia sulit untuk mengalahkan zikir yang dijadikan senjata untuk mengalahkannya.

Setan hanya bisa mengganggu manusia saat lalai mengingat Allah. Andaikata fokus, sudah dipastikan setan tidak akan mampu mengganggunya. Inilah kelemahan setan. Kelemahan yang menjadi senjata umat Muhammad agar tidak terjerumus dalam bujukan setan.

Demikian manfaat yang didapat jika aktif melakukan zikir kepada Allah. Hati tenang, perasaan bahagia dan selamat dari tipu daya syetan yang terkutuk.

Bacaan Zikir Setelah Shalat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, zikir merupakan sebuah merupakan lafal untuk terus mengingat Allah Swt.

Dalam pengertiannya, zikir atau Zikir artinya mengingat Allah dengan diantaranya menyebiut dan memuji kebesaran Allah Swt. zikir bagi umat muslim sifatnya wajib. Hal ini zikir mampu menenangkan jiwa dan menurut beberapa hadist menyatakan bahwa zikir mampu menolong orang-orang yang suka berzikir ketika di Padang Mahsyar.

Bacaan zikir seringkali dibaca setelah shalat selesai. Setelah selesai shalat, kamu muslimin biasanya akan membaca zikir dan kemudian membaca doa. Hal ini menjadi suatu hal yang lumrah dalam tata cara peribadatan kaum muslimin.

Berikut adalah bacaan Zikir setelah shalat.

  1. Astaghfirullaahal’azhiim, alladzi laa ilaha illa huwalhayyul qayyumu, wa atuubu ilaih 3X.
  2. Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariika lahuu, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syay-in qadiir.3X
  3. Allaahumma antas salaamu wa minkas salaamu wa ilaika ya’udus salaamu, fa hayyinaa rabbanaa bissalaami, wa adkhilnal jannata daarus salaami, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita ya dzal jalaali wal ikraam.
  4. Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin. Ar Rahmaani rrahiim. Maaliki yaumid diin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinas shiraatal mustaqiim. Siraathal ladzii na’an ‘amta ‘alaihim, ghairil maghduu bi’alaihim, walad dhaalliin.Aamiin. (Al Fatihah).
  5. Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyumu. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi. Man dzal ladzii yasfa’u ‘indahuu illaa bi idznihi. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhithuuna bi syai-in min ‘ilmihii illaa bi maasyaa-a. Wasi’a kursiyyuhussamaawaati wal ardha. Wa laa ya-udhuu hifzhuhumaa wahuwal ‘aliyyul azhiim. (Ayat Kursi, Al Baqarah:255)
  6. Subhaanallaah 33XAstaghfirullaahal’azhiim, alladzi laa ilaha illa huwalhayyul qayyumu, wa atuubu ilaih 3X.

Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariika lahuu, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syay-in qadiir.3X Allaahumma antas salaamu wa minkas salaamu wa ilaika ya’udus salaamu, fa hayyinaa rabbanaa bissalaami, wa adkhilnal jannata daarus salaami, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita ya dzal jalaali wal ikraam. Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin. Ar Rahmaani rrahiim. Maaliki yaumid diin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinas shiraatal mustaqiim. Siraathal ladzii na’an ‘amta ‘alaihim, ghairil maghduu bi’alaihim, walad dhaalliin.Aamiin. (Al Fatihah). Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyumu. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi. Man dzal ladzii yasfa’u ‘indahuu illaa bi idznihi. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhithuuna bi syai-in min ‘ilmihii illaa bi maasyaa-a. Wasi’a kursiyyuhussamaawaati wal ardha. Wa laa ya-udhuu hifzhuhumaa wahuwal ‘aliyyul azhiim. (Ayat Kursi, Al Baqarah:255) Subhaanallaah 33X Al-hamdulillaah 33X Allaahu Akbar 33X Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariika lahuu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syay-in qadiir.Teks miring Laa hawla wa laa quwwqta illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim. Astaghfirullaahal’azhiim 3X Laa ilaaha illallaah 33X

  1. Al-hamdulillaah 33X
  2. Allaahu Akbar 33X
  3. Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariika lahuu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syay-in qadiir.
  4. Laa hawla wa laa quwwqta illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.
  5. Astaghfirullaahal’azhiim 3X
  6. Laa ilaaha illallaah 33X

Bacaan zikir di atas merupakan bacaan zikir yang lazim dibacakan. Isi dari zikir tersebut adalah rasa syukur kepada Allah Swt atas segala nikmat yang telah beliau berikan.

Kemudian, bacaan zikir selanjutnya adalah memuji kebesaran Allah Swt yang dengan kekuasaanNya, ketangguhanNya, kehebatanNya telah mampu menciptakan bumi, manusia, dan alam raya ini. Bacaan zikir selanjutnya adalah memintaNya untuk selalu memberikan keselamatan bagi hambaNya dan memujaNya.

Semua bacaan zikir-zikir tersebut merupakan bacaan zikir dari Al-Quran dan bacaan yang telah dicontohkan oleh Nabi besar kita Muhammad Saw. Dan dengan itulah, seluruh kaum muslimin yang ada di dunia ini harus taat dan patuh kepada ajaran-ajaran Nabi kita, salah satunya adalah dengan terus berzikir kepada Allah Swt.

Demikianlah pembahasan mengenai zikir yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*